SMPK Widyatama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sekolah Menengah Pertama Katolik Widyatama
Informasi
Didirikan17 Oktober 1949
JenisSwasta
AkreditasiA
Nomor Statistik Sekolah202051801013
Nomor Pokok Sekolah Nasional20536845
Kepala SekolahF.X. Suprih Utami, S. Pd.
Jumlah kelas7 A,B,C , 8 A,B,C , dan 9 A,B,C
Rentang kelas7-9
KurikulumK13 dan Kurikulum Merdeka (percobaan)
Alamat
LokasiJl. Panglima Sudirman no. 59 Ngaglik, Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia
Tel./Faks.(0341) 591361
Situs webhttps://smpkwidyatama.sch.id
Surelsmpk_wita@yahoo.co.id
Moto
MotoANINDYA GUNA BRATA

SMP Katolik Widyatama adalah sekolah menengah pertama yang dinaungi yayasan Karmel. Memiliki motto "ANINDYA GUNA BRATA" yang berarti "Mendidik Menjadi Insan Yang Berguna" dengan harapan siswa yang lulus bisa menjadi insan yang berguna di jenjang selanjutnya ataupun di masa yang akan datang. SMPK Widyatama juga dikenal oleh warga di Kota Batu sebagai sekolah yang disiplin.

Sejarah

Berdiri pada tanggal 17 Oktober 1949, dengan nama SMPK (Sekolah Menengah Pertama Katolik) merupakan sekolah menengah pertama yang ada di Batu. Sebagai sekolah pertama setelah perang kemerdekaan, SMPK bersama beberapa guru yang dipimpin oleh Bpk. Partanto (kepala sekolah I), tekun membina 10 siswa angkatan pertama di Jalan Panglima Sudirman 62 Batu.

Tahun kedua (1950) jumlah siswa bertambah 22 siswa, dan sudah ada penjurusan layaknya SMA (sekarang) A untuk kelas Bahasa dan B untuk Ilmu Pasti.

Selanjutnya, tahun demi tahun jumlah siswa terus bertambah.

Tahun 1955, sekolah yang berada di bawah Yayasan Karmel, SMPK yang dipimpin oleh Poespo Wardoyo (kepala sekolah II) berubah nama menjadi SMPK Bersubsidi, dan sudah menempati lokasi yang baru di Jalan Panglima Sudirman 59 Batu.


SMPK Bersubsidi terus berkembang dan tetap menjadi pilihan utama meskipun sudah muncul beberapa SMP di kota Batu.

Pada tahun 1976, untuk menampung jumlah siswa yang semakin banyak dan demi menjaga kepercayaan masyarakat Batu dan sekitarnya.

SMPK membuka sekolah, SMPK Bersubsidi Sore dengan kepala sekolah Bapak Yustinus Sutrisno (1976 – 1982) dan Bapak Corneluis Poerwantoro (1982 – 1992).

Pelajaran dimulai 15 menit setelah pelajaran SMPK Bersubsidi pagi berakhir. Awalnya SMPK sore hanya memiliki 2 kelas dan terus berkembang dari tahun ke tahun.

Berikutnya SMPK dipimpin oleh Bp. Stevanus Rubiman (1955 – 1986).

Sekitar tahun 1986, Bp. Sinto Sudarto, Guru Bahasa Jawa, atas persetujuan Bapak Stevanus Rubiman (Kepala Sekolah) memberikan nama Widyatama.

Nama Widyatama berasal dari bahasa Sansekerta,

Widya berarti Ilmu dan Tama berarti utama.

Widyatama berarti Anak yang didik menjadi manusia Indonesia yang berilmu sekaligus memiliki watak yang utama agar menjadi generasi Indonesia berikutnya.

Motto Anindya Guna Brata melengkapi kehadiran nama Widyatama membuat SMPK semakin teguh berkiprah dalam dunia pendidikan untuk mencerdaskan generasi bangsa.

Anindya berarti cantik/jelita,

Guna berarti keunggulan/kegunaan.

Anindya Guna berarti keutamaan yang sempurna.

Brata berarti bertapa.

Jadi Anindya Guna Brata disimpulkan menjadi Mendidik Menjadi Insan Yang Berguna.

Adapun visi SMPK Widyatama “Luhur dalam Pribadi, Unggul dalam Prestasi, dan Teruji dalam Kompetisi” menyempurnakan karya dalam meneruskan cita-cita pahlawan bangsa dalam mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya.

Tahun 1986 SMPK dipimpin oleh Bapak Agustinus Slamet sampai thn 1987

dan pada tahun 1987 dipimpin oleh Bapak Sebastianus Pomo hingga tahun 2003 dan dilanjutkan oleh Bapak BF. Budi Prasetio hingga tahun 2016.

Dan pada tahun 2016 sampai tahun 2021 SMPK Widyatama dipimpin oleh Ibu Agatha Wayan Oka Udiyani,

Dan saat ini SMPK Widyatama dipimpin oleh Ibu F.X. Suprih Utami, S.Pd.

SMPK Widyatama yang berdiri diatas tanah dengan luas 5690 m2, luas Gedung 703 m2 yang terdiri dari 14 ruang kelas, 1 Lab. IPA, 1 Lab Bahasa, 2 Lab. Komputer (masing masing ruang 25 unit komputer), ruang perpustakaan, ruang kesenian, ruang OSIS, ruang Tata Usaha, ruang Kepala Sekolah, ruang kurikulum, ruang UKS, ruang evakuasi, Gedung serba guna (aula) yang bersertifikat Hak Milik (milik sendiri), makin berkembang dan berbenah baik di bidang pendidikan dan pengajaran, maupun dalam fisiknya.

Demikian Profil SMPK Widyatama, timbalah ilmu sebanyak banyaknya, dan berprestasilah dari tempat ini, kami para bapak ibu guru akan dengan senang hati mendamping dan melayani kalian semua.