SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan atau SMK NU Balikpapan merupakan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan berbasis Pondok Pesantren (Islamic Boarding School) yang berada ditengah-tengah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia, tepatnya di komplek Pondok Pesantren Modern Al-Muttaqien Balikpapan Jl. Letjend S. Parman No. 47 RT. 22 Kelurahan Sumber Rejo Gn. Guntur, Kecamatan Balikpapan Tengah. SMK NU Balikpapan berdiri pada tahun 2008.

SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan
Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama Balikpapan
Informasi
Nama latinNahdlatul Ulama Vocational High School Balikpapan
DidirikanTahun 2008
AkreditasiB
Nomor Statistik Sekolah322.1661.04.006
Nomor Pokok Sekolah Nasional30406263
Kepala SekolahH. Badrus Syamsi, S.Pd.I
Jurusan atau peminatanMultimedia, Teknik Pengelasan, Perbankan Syariah
KurikulumKTSP, Kurikulum 2013
StatusSwasta
Alamat
LokasiJl. Letjend S. Parman RT. 22 No. 47 Kelurahan Sumber Rejo Kecamatan Balikpapan Tengah, Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia
Tel./Faks.0542-733422 HP: 081253899337
Koordinat-1.253809, 116.841934
Situs webhttp://www.smknubalikpapan.sch.id
Surelsmknubalikpapan@yahoo.com
InstitusiPondok Pesantren Modern Al-Muttaqien Balikpapan
AfiliasiLembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama
Moto
MotoMendidik Generasi Muda Menjadi Profesional dan Berakhlakul Karimah

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan adalah sekolah swasta yang berada dilingkungan Nahdlatul Ulama (NU) di Kota Balikpapan yang mulai beroperasi pada tahun 2008. SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan didirikan atas kerjasama antara Pimpinan Cabang Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama (LP Ma'arif NU) Kota Balikpapan dan Yayasan Pondok Pesantren Modern (YPPM) Al-Muttaqien Balikpapan.

Latar belakang pendirian SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan adalah pemikiran bahwa pendirian sebuah sekolah umum kejuruan merupakan suatu keniscayaan atas kebutuhan umat Islam kelak yang diharapkan mampu mencetak siswa-siswi yang menempati posisi strategis di dunia bisnis dan industri, mampu mengembangkan semangat keislaman ala Ahlussunnah wal Jama'ah yang menjadi ciri khas NU di tempat mereka bekerja, serta menjadi pribadi yang mandiri dan kuat dalam memegang nilai-nilai keislaman.

Pondok Pesantren Modern Al-Muttaqien Balikpapan awalnya hanya memiliki jenjang pendidikan Raudlatul Athfal (RA) Al-Muttaqien, Madrasah Ibtidaiyah Al-Muttaqien dan Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqien, namun belum memiliki jenjang pendidikan Lanjutan Tingkat Atas sementara minat siswa-siswi sangat tinggi untuk melanjutkan dan tetap di pesantren. Atas pertimbangan tersebut maka terjalin kerjasama dengan LP Ma'arif NU Balikpapan dan YPPM Al-Muttaqien Balikpapan sehingga berdiri SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan yang berlokasi di lingkungan Pondok Pesantren Modern Al Muttaqien Balikpapan.

Saat ini, SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan berada dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Modern Al-Muttaqien Balikpapan. Izin penyelenggaraan sekolah diberikan oleh Dinas Pendidikan Kota Balikpapan melalui Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan Nomor: 128 Tahun 2010 Tentang Izin Penyelenggaraan Sekolah Swasta.

Saat pertama kali beroperasi, tahun 2008, SMK Nahdlatul Ulama baru memiliki satu jurusan yakni Multimedia. Tahun 2012, dibuka jurusan baru Teknik Pengelasan (Las/Welding). Tahun 2015, dibuka lagi jurusan Perbankan Syariah dengan dukungan dari bank-bank syariah yang ada di Kota Balikpapan.

Semboyan dan Tujuan[sunting | sunting sumber]

Semboyan:

  • "Mendidik Generasi Muda menjadi Profesional dan Berakhlakul Karimah"

Tujuan:

  1. Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan.
    • Tujuan pendidikan menengah kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
  2. Tujuan SMK NU Balikpapan
    • Menyiapkan lulusan yang berkompetensi untuk memasuki lapangan kerja .
    • Menyiapkan lulusan agar mampu berkarier, berkompetisi dan bersifat profesional.
    • Menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia kerja berskala global
    • Menyiapkan lulusan agar menjadi warga negara yang produktif, adaptif, dan kreatif
    • Mempersiapkan peserta didik menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri serta mengisi lowongan pekerjaan yang ada di DU/DI sebagai tenaga tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian
    • Membekali peserta didik agar mampu mengembangkan sikap professional dan berkompetensi dalam bidang keahliannya
    • Menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua
    • Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu mengembangkan diri baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidi kan yang lebih tinggi.

Sarana dan Prasarana[sunting | sunting sumber]

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Selain Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), siswa-siswi SMK Nahdlatul Ulama juga bisa mengikuti ekstrakurikuler, antara lain:

Kekhasan[sunting | sunting sumber]

Sebagai sekolah berbasis pondok pesantren (Islamic Boarding School), SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan mewajibkan seluruh peserta didik tinggal di asrama pesantren sehingga pendidikan tidak hanya diberikan saat berada di sekolah tetapi diberikan pula saat berada di asrama dengan pendidikan keislaman secara khusus, seperti kajian kitab kuning, tahfidzul Qur'an (hafalan al-Qur'an) dan lainnya.

Kurikulum SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan memadukan antara kurikulum Dinas Pendidikan dan pondok pesantren berkarakter Nahdlatul Ulama sehingga pelajaran diniyyah (keagamaan) masuk dalam jadwal pelajaran sekolah seperti tauhid (aqidah), fikih, ushul fikih, tarikh Islam (sejarah), nahwu, sharaf, tafsir, hadits, syarah hadits dan pendidikan khusus yakni Pendidikan Aswaja dan Ke-NU-an.

Kepala Sekolah[sunting | sunting sumber]

SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan telah mengalami beberapa kali pergantian kepala sekolah.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]