SMA Negeri 1 Sindang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SMA Negeri 1 Sindang
Informasi
Didirikan1961
JenisNegeri
AkreditasiA
MaskotBurung Hantu
Kepala SekolahSetyo Adisapto,S.Pd.,M.M.
Jurusan atau peminatanIPA, IPS dan Bahasa
Rentang kelasX, XI, XII IPA,X, XI, XII IPS, X, XI, XII Bahasa
KurikulumKurikulum 2013
Alamat
LokasiJl. Letjend. M.T. Haryono, Indramayu, Jawa Barat, Indonesia
Tel./Faks.(0234)272089
Situs web[1]
Lain-lain
Lulusan[2]
Moto
MotoThe House of Champions

SMA Negeri 1 Sindang adalah Sekolah Menengah Atas Negeri yang berada di Kota Indramayu, Kabupaten Indramayu. Sekolah ini beralamat di Jl. Letjend. M.T. Haryono, Sindang - Indramayu

SMAN 1 Sindang Indramayu berdiri sejak tahun 1961, terletak di Jalan Letjen M.T. Haryono Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu.

Pada awalnya SMAN 1 Sindang Indramayu berdiri dengan nama SMAN Indramayu, dan beberapa kali mengalami perubahan nomenklatur (nama) sekolah yaitu SMAN 1 Indramayu, SMUN 1 Sindang, dan sekarang SMAN 1 Sindang Indramayu.

Pada tahun 2004 dan 2007, SMAN 1 Sindang memperoleh Akreditasi A (amat baik) dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah

Pada tahun 2007, berdasarkan Keputusan Direktur Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional nomor 697/C4/MN/2007 tanggal 18 Juli 2007, ditetapkan sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI)

Pada tahun 2009 berhasil meraih Serifikat ISO 9001: 2008 dari Badan Sertifikasi Internasional.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

SMAN 1 Sindang memiliki fasilitas lengkap untuk melaksanakan proses belajar, seperti:

  • Masjid kapasitas besar (Ash-shidique)
  • Ruang kelas dilengkapi dengan AC dan perangkat Elektronik
  • Laboratorium Komputer
  • Laboratorium Multimedia
  • Laboratorium Fisika, Biologi, Kimia dan Matematika.
  • Laboratorium Sejarah dan Geografi
  • Laboratorium Prakarya
  • UKS Sehat
  • Perputakaan yang nyaman
  • Kantin Sehat
  • Kantin Kejujuran
  • Koperasi lengkap
  • Galery Seni
  • Toilet sehat dengan wastafel
  • Lapangan Volley
  • Lapangan Basket
  • Lapangan Tennis
  • Ruang TRRC
  • Ruang LCC
  • Ruang Musik
  • Ruang Batik
  • Gedung Serbaguna
  • Ruang Olahraga
  • Ruang Teater
  • Ruang OSIS
  • Aula
  • Tempat Parkir yang luas

Program ini tidak hanya didukung oleh staf - staf dengan dedikasi tinggi, tetapi juga oleh guru - guru yang bertanggung jawab. 99% guru yang lulus S1 dan S2 jurusan subjek spesifik. Setiap guru mampu untuk menyajikan kegiatan meningkatkan pembelajaran dengan alat bantu modern.

Extrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Kerohanian[sunting | sunting sumber]

Kerohanian Islam (rohis) dengan nama MATA HASAN (Majelis Ta'lim Harokatus Syu'ban) merupakan ekstra kurikuler bidang rohani. Dalam rohis ini para siswa saling belajar untuk menata diri untuk berhubungan baik dengan pencipta-Nya, juga kepada sesama manusia. Program kerja unggulan yang dapat membantu para siswa diantaranya adalah program belajar bersama BABEH (Belajar Bareng Harokatus Syu'ban).

Olah Raga[sunting | sunting sumber]

  1. Merpati Putih Merpati Putih merupakan kegiatan ekskul cabang olahraga, yaitu Pencak Silat. Dalam ekskul ini, para siswa akan berlatih tentang Pencak Silat sehingga diharapkan siswa itu dapat bela diri untuk melindungi dirinya.
  2. Bola Basket Kegiatan ekstrakurikuler basket ini merupakan kegiatan ekskul yang banyak diminati. Bagi siswa SMAN 1 Sindang yang memiliki hobi atau bakat dalam bermain basket, dapat mengikuti ekskul ini. Ekskul ini juga telah membuat sekolah terkenal karena prestasinya.
  3. Bola Voli Kegiatan ekstrakurikuler bola voli merupakan kegiatan ekskul yang cukup diminati juga. Siswa yang berminat dapat mengikuti kegiatan ekskul ini untuk menambah kemampuan. Ekskul ini juga telah mencetak banyak prestasi, antara lain Juara III Kejuaraan Bola Voli Bupati Cup 2007 Putri.
  4. Pecinta Alam Pecinta Alam merupakan kegiatan ekstrakurikuler untuk menyalurkan minat para siswa terhadap alam. Dalam ekskul ini, para siswa diajari untuk menghargai alam dan menjaganya. Para siswa pun dituntut untuk menyatu dengan alam. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan yang diadakan, yaitu camping di alam bebas.
  5. Futsal Futsal merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 1 Sindang. Ekskul ini dibimbing langsung oleh salah satu guru olahraga SMAN 1 Sindang, Drs.Oman. Futsal pernah mencetak prestasi untuk SMAN 1 Sindang yaitu sebagai Juara III Randu gede organizer cup.

Kesenian[sunting | sunting sumber]

  1. Paduan Suara Paduan Suara merupakan kegiatan ekstrakurikuler kesenian yang berhubungan dengan dunia tarik suara. Tidak hanya perempuan, laki-laki juga boleh mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ini. Ekstrakurikuler ini telah mencetak beberapa prestasi salah satunya yaitu dalam perlombaan Pop Singer sewilayah-III Cirebon.
  2. Modern Dance Modern Dance atau yang biasa disebut MD ini merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang meliputi gerak tubuh ( tarian ). Tarian yang dimaksud merupakan tarian modern yaitu tarian yang biasanya bernada cepat dan memerlukan gerakan yang relatif meniru adat barat. Ekskul ini juga telah mencetak prestasi yaitu dalam perlombaan Modern Dance tingkat provinsi.
  3. Band Band merupakan kegiatan ekstrakurikuler untuk menyalurkan minat dan bakat siswa dalam bermusik. Band merupakan kelompok yang biasanya terdiri dari vokalis, gitaris, basis, pemain keyboard dan drummer. Salah satu acara yang pernah diikuti oleh ekskul band SMAN 1 Sindang ini salah satunya adalah Festival Band tingkat Provinsi.
  4. Break Dance Break Dance merupakan ekskul yang meliputi gerakan badan atau tarian. Break Dance atau yang biasa disebut BD ini biasanya diikuti oleh laki-laki. Break Dance merupakan ekskul yang lumayan berbahaya karena bila salah, bisa menyebabkan patah tulang. Tapi, kegiatan Break Dance di SMA N 1 Sindang relatif aman karena diawasi oleh yang ahli. BD di Sasi juga pernah mengikuti lomba Break Dance tingkat provinsi. Crew Break Dance SMA N 1 Sindang menamakan timnya "Straight-B" atau "str8*B".
  5. Angklung Kegiatan ekstrakurikuler angklung merupakan ekskul yang belum lama dibentuk sehingga masih belum mencetak prestasi. Tapi, minat siswa terhadap kegiatan ekskul ini sangat tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang mendaftar ke ekskul ini. Ekskul ini dibimbing langsung oleh salah satu guru kesenian di SMAN 1 Sindang, Agus Riyanto, S.pd.
  6. Tari Jadwal ekstrakurikuler ini yaitu pada hari sabtu dari jam 2 siang sampai jam 4 sore. Kegiatan Ekskul ini bertujuan untuk melestarikan tari tradisional yang sudah semakin tersisih oleh perkembangan zaman. Ekskul ini dibimbing oleh Dra. Enah Suhaenah.
  7. Photography Merupakan suatu ekstrakulikuler untuk belajar, menyalurkan bakat, atau hobby siswa dalam seni photography. ekstrakulikuler ini sangat membantu sekolah dalam mendokumentasikan moment moment yang sangat penting di sekolah. mereka menamakan perkumpulan itu dengan nama "X-POSS"

Bahasa dan Sastra[sunting | sunting sumber]

  1. Bahasa Inggris Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional sangatlah penting untuk di pahami. Bukan hanya dalam mata pelajaran, tersedia juga extrakurikular bahasa inggris. Ekskul ini di dirikan oleh beberapa siswa angkatan tahun 2011 dan 2012. Chairman tahun pertama ekskul ini adalah Muhammad Iqbal yang selanjutnya digantikan oleh Septian Sugara, dan di bimbing oleh Sodikin, S.Pd. Jadwal untuk ekskul ini yaitu hari senin jam 4 sampai jam 5 sore
  2. Bahasa Mandarin Bahasa mandarin adalah bahasa internasional kedua setelah bahasa inggris. Ekskul ini di bimbing oleh tenaga profesional, Olivia, lulusan Universitas Indonesia yang melanjutkan studinya ke china. Selain bahasa, siswa juga akan di perkenalkan dengan kebudayaan dan tradisi negeri tiongkok. Jadwal untuk ekskul ini adalah setiap hari senin dan rabu pukul 3 sampai 4 sore

Sains[sunting | sunting sumber]

Kelompok Ilmiah Remaja atau biasa disingkat dengan sebutan KIR adalah suatu ekstrakulikuler di SMAN 1 Sindang yang mewadahi minat dan bakat siswa khususnya dalam bidang ilmiah seperti Biologi, Kimia, Fisika, dan Matematika. Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan KIR diantaranya: 1) KIR Goes to School, yaitu kegiatan anggota KIR bersama sama mendatangi suatu sekolah dasar dan membagikan ilmu dengan murid sekolah dasar melalui cara yang unik dan menarik. 2) Sharing With Alumni, yaitu sebuah acara yang mengadakan "sharing" pengetahuan dan pengalaman dari alumni SASI kepada siswa SASI khususnya anggota KIR. 3) Pengamatan Bintang, kegiatan ini biasanya anggota diajarkan untuk mengetahui peta rasi bintang. Serta masih banyak lagi kegiatan-kegiatan menarik lainnya.

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

PMR atau Palang Merah Remaja

Prestasi Siswa[sunting | sunting sumber]

  1. 1st Winner of THINK FAST competition Region III Cirebon
  2. 3rd Winner of KIR BIOLOGI JAWA-BALI
  3. 1st Runner UpLCTF UPI Bandung 2008
  4. Runner up Retealling story region III Cirebon 2008
  5. 3rd Runner Up Blog Design West Java 2008
  6. 1st Runner up Home Page Website Design Region III Cirebon 2008
  7. 1st Winner SEOM Initiation Contest Region Indramayu
  8. 1st Winner SEOM Initiation Contest Region Indramayu
  9. Contestant of House of Representative (DPR) Initiation Contest
  10. 1st Winner and The most valuable winner of Cross Country Competition JAVA Division.
  11. 1st Winner male & Female Basketball Championship Region III Cirebon.
  12. 2nd Winner PASKIBRA 2008 Region Indramayu.
  13. 3rd Vocal Group Competition Region III Cirebon
  14. FINALIS OLIMPIADE SAINS NASIONAL BIOLOGI 2009 NASIONAL
  15. JUARA I OLIMPIADE SAINS NASIONAL 2009 KABUPATEN INDRAMAYU ( MATEMATIKA, FISIKA, KIMIA, BIOLOGI, ASTRONOMI, KEBUMIAN, KOMPUTER, EKONOMI )
  16. JUARA I OLIMPIADE SAINS NASIONAL 2010 KABUPATEN INDRAMAYU ( MATEMATIKA, FISIKA, KIMIA, BIOLOGI, ASTRONOMI, KEBUMIAN, KOMPUTER, EKONOMI )
  17. JUARA III SISWA BERPRESTASI TAHUN 2009 PROV. JAWA BARAT
  18. JUARA I SISWA BERPRESTASI TAHUN 2009, 2010 KABUPATEN INDRAMAYU
  19. JUARA I CEPAT TEPAT MATEMATIKA TAHUN 2009,2010 KABUPATEN INDRAMAYU
  20. JUARA I LOMBA TATA UPACARA BENDERA KABUPATEN INDRAMAYU
  21. JUARA I LOMBA UKS KABUPATEN INDRAMAYU
  22. JUARA I KEPALA SEKOLAH BERPRESTASI TAHUN 2010 KABUPATEN INDRAMAYU
  23. JUARA I CEPAT TEPAT ATURAN LALU LINTAS 2010 (POLDA JABAR)
  24. JUARA III LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SEJARAH TRADISIONAL (BATIK COMPLONGAN) 2011 PROV. JAWA BARAT
  25. JUARA II SISWA TERPUJI DALAM KEGIATAN GALAKSI 2011 PROV. JAWA BARAT
  26. KEJURNAS KARATE 2010 NASIONAL MEDALI PERUNGGU
  27. JUARA I,II,III/UMUM ENGLISH CONTEST UNIVERSITAS WIRALODRA’11 WIL.III CIREBON
  28. JUARA 1,II ENGLISH CONTEST 2011 STAIN CIREBON
  29. JUARA 1 Nihon Bunkasai (COSPLAY) 2011 Will III CIREBON
  30. JUARA 1,2 MODERN DANCE COMPETITION 2011 Will III CIREBON