SMA Negeri 19 Palembang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

SMA Negeri (SMAN) 19 Palembang merupakan sebuah Sekolah Menengah Atas Negeri yang terletak di kota Palembang, Sumatra Selatan, Indonesia. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah unggulan dan favorit di kota Palembang khususnya untuk wilayah Seberang Ulu. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia, masa pendidikan ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Sejak berdirinya tahun 2000 sekolah ini mampu bersaing dari segi prestasi dan kualitas dengan sekolah menengah atas lainnya. Hal ini juga ditunjang dengan fasilitas dan sumberdaya yang baik

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMAN 19 Palembang diresmikan pada hari Senin 7 Februari 2000 dan di resmikan oleh Gubenur Sumatra Selatan yaitu Rosihan Arsyad. Saat ini SMA Negeri 19 Palembang adalah satu-satu nya SMA yang terakreditasi A untuk di kawasan Seberang Ulu 1 Palembang.

Sebelum berada di kawasan Jakabaring, sekolah ini awalnya menumpang di SMP Negeri 31 Palembang untuk kegiatan belajar mengajar. SMA Negeri 19 Palembang pertama kali dipimpin oleh Bapak Drs.Somat, seorang sarjana lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya tahun 1990.

Pendukung pelaksanaan program kegiatan belajar mengajar diperkuuat dengan sistem akumulasi poin pelanggaran yang dilakukan oleh siswa. Dengan program-program eksklusif tersebut, belum 1 tahun usianya, berbagai julukan dialamatkan ke sekolah ini. "Sekolah Favorit" (versi media massa), MT (majelis taklim), "Percontohan" (versi Bapak Drs. Subardi, Kabid Dikmenum saat itu). Bahkan tak tanggung program MT yang dikembangkan di Simbel's ini langsung diresmikan oleh Wali kota Palembang saat itu, H. Husni pada tahun 2000. Saat itu Simbel's merupakan satu-satu-nya sekolah yang memiliki kegiatan penerbitan LD (Lembar Dakwah) yang rutin terbit setiap minggu sekali.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Saat ini SMA Negeri 19 Palembang memiliki beberapa fasilitas antara lain sebagai berikut:

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Untuk menunjang pengembangan keahlian dan skill siswa/siswinya, SMA Negeri 19 Palembang menawarkan banyak pilihan kegiatan ekstrakurikuler. Beberapa kegiatan ekstrakurikuler tersebut antara lain: