SMA Negeri 13 Jakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
SMA Negeri 13 Jakarta
Informasi
Didirikan 18 Agustus 1964
Kepala Sekolah Drs. Janpiktor Pasaribu
Jumlah kelas 8 kelas di tingkat X, 8 kelas di tingkat XI, 10 kelas di tingkat XII
Program/jurusan/
peminatan
MIA dan IIS
Rentang kelas X MIA, X IIS, XI MIA, XI IIS, XII MIA, XII IIS
Kurikulum Kurikulum 2013
Jumlah siswa 32-36 siswa per kelas
Status Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional
Nilai masuk terendah 7,800(2013)
Nilai masuk tertinggi 9,480 (2013)
Nilai masuk rata-rata 8,250 (2013)
Alamat
Lokasi Jalan Seroja No.1, Rawa Badak, Koja, Jakarta Utara, DKI Jakarta, Indonesia
Telp./Faks. (021) 4303676
Situs web sman13jkt.sch.id
Lain-lain
Lulusan Forum Alumni SMA Negeri 13 Jakarta

Sekolah Menengah Atas Negeri 13 Jakarta atau dikenal juga dengan nama GALAS adalah Sekolah Menengah Atas Negeri favorit yang berada di bilangan Koja, Jakarta Utara. SMAN 13 Jakarta juga merupakan salah satu dari tiga sekolah di seluruh Indonesia yang memiliki fasilitas bernama Fabrication Lab atau yang lebih dikenal dengan nama Fab Lab sejak tahun 2013.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 13 Jakarta yang berdiri pada tanggal 18 Agustus 1964, pada awalnya hanya sebagai filial atau kelas jauh dari SMA Negeri 1 Jakarta, hingga ditetapkan menjadi sekolah mandiri pada tahun 1968. Saking sederhananya sekolah ini diberi nama sekolah "TEXAS" karena beberapa bagian kelas terbuat dari papan, dan lingkungan sekitar sekolah bisa dikatakan kumuh dan becek ketika hujan. Namun seiring waktu, pada tahun 1994 sekolah ini ditetapkan menjadi sekolah unggulan di wilayah Jakarta Utara. Pada tahun 2004 ditetapkan sebagai sekolah unggulan di wilayah DKI Jakarta.

Prestasi yang telah diraih tidak hanya dalam bidang akademik tetapi juga dalam bidang ekstrakurikuler. Pada tahun 2004, SMA Negeri 13 Jakarta dijadikan tempat acara puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Megawati Soekarnoputri.

Kurikulum[sunting | sunting sumber]

Kurikulum yang digunakan di SMA Negeri 13 Jakarta adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang mulai diterapkan sejak tahun 2006 dan Kurikulum 2013 sejak tahun 2013 kepada setiap siswa yang bersekolah di SMA Negeri 13 Jakarta dan telah melakukan program penjurusan semenjak awal masuk kelas 10. Mulai tahun ajaran 2006-2007 telah di buka kelas internasional dengan adaptasi kurikulum KTSP dan Cambridge International di SMA 13 yang bekerja sama dengan sebuah universitas dari luar negeri, namun dihentikan pada tahun 2013.

Di tahun 2013 SMA Negeri 13 Jakarta bersama IPB Bogor, Columbia University USA dan United States Agency for International (USAID) merintis Program School Action for Innovation in Science (SaIns) dengan mengimplementasikan pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dan Fabrication Lab (Fab Lab).

Visi dan Misi[sunting | sunting sumber]

Visi:

Terwujudnya generasi berakhlak mulia, cerdas, dan demokratis. Berwawasan lingkungan, mengakar pada budaya bangsa serta mampu bersaing di era global.

Misi:

  1. Mengadakan kegiatan keagamaan secara rutin dan teratur untuk menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianutnya.
  2. Membentuk watak siswa yang berperilaku berbudi pekerti luhur sesuai dengan budaya bangsa Indonesia.
  3. Menyelenggarakan proses pendidikan yang bermutu berorientasi pada pencapaian kompetensi berstandar Nasional dan Internasional.
  4. Membentuk siswa kreatif, inovatif dan cerdas yang mampu berkompetisi pada era globalisasi.
  5. Membentuk siswa yang memiliki sikap disiplin, jujur, baik, adil, demokratis, dan bertanggung jawab.
  6. Mendidik dan melatih siswa yang mampu bersaing di perguruan tinggi terbaik di dalam maupun di luar negeri dan menjadi manusia pembelajar sepanjang hayat.
  7. Mendidik siswa untuk mencintai dan menciptakan lingkungan yang bersih, hijau dan nyaman.

Mars SMA 13[sunting | sunting sumber]

Pencipta: Margaretha Woro

Siswa siswi yang berakhlak mulia,

juga jujur dan demokratis.

Berprilaku, berbudi, pekerti luhur,

sesuai budaya bangsanya.

Reff:

SMA Neg'ri tiga belas siap slalu berjuang,

mewujudkan generasi muda bermutu.

Siswa siswi yang taat beribadah,

juga disiplin dan adil.

Kreatif, inovatif, berfikir cerdas,

dapat bersaing di era global.

[Kembali ke reff]

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Kesiswaan[sunting | sunting sumber]

Organisasi Kesiswaan[sunting | sunting sumber]

OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) SMAN 13 Jakarta merupakan satu-satunya organisasi kesiswaan yang resmi di sekolah dan tidak ada hubungan organisatoris dengan organisasi kesiswaan di sekolah lain. OSIS SMAN 13 Jakarta beranggotakan seluruh siswa/i yang terdaftar sebagai pelajar SMA N 13 Jakarta.

Organisasi kesiswaan yang berbentuk dalam OSIS di SMAN 13 Jakarta terdiri atas:

(1) MPK

(2) BP OSIS

(3) EKSTRAKURIKULER (EKSKUL)

Materi Pembinaan Kesiswaan

Materi pembinaan kesiswaan meliputi :

a. Keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa;

b. Budi pekerti luhur atau akhlak mulia;

c. Kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara;

d. Prestasi akademik, seni, dan atau olahraga sesuai bakat dan minat;

e. Demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural;

f. Kreativitas, keterampilan, dan kewirausahaan;

g. Kualitas jasmani, kesehatan, dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi;

h. Sastra dan budaya;

i. Teknologi informasi dan komunikasi;

j. Komunikasi dalam bahasa Inggris.

MPK

MPK (Majelis Permusyawaratan Kelas) adalah lembaga tertinggi dalam keorganisasian di SMAN 13 yang menjalankan fungsi legislatif, yudikatif dan aspiratif serta memegang fungsi audit keuangan Organisasi Siswa Intra Sekolah. Saat ini MPK SMAN 13 diketuai oleh M. Nasher Hamdani bersama Achmad Kemal Taufik selaku Sekretaris Jenderal MPK (2015-2016).

BP OSIS

BP (Badan Pengurus) OSIS SMAN 13 Jakarta adalah lembaga eksekutif dalam organisasi kesiswaan di SMAN 13 Jakarta yang ada di SMA Negeri 13 Jakarta. Peran BP OSIS yang utama adalah menyusun dan melaksanakan Program Kerja sesuai Tridasar OSIS, dan Garis Besar Arah Kegiatan. BP OSIS juga berperan sebagai pengayom semua organisasi ekstrakurikuler dan mendukung kegiatan dan program kesiswaan yang dilakukan dalam semua ekstrakurikuler. Suksesi kepemimpinan OSIS didahului dengan proses seleksi melalui mekanisme LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Sekolah) dan pemilihan Ketua OSIS dilakukan dengan cara pemilihan langsung oleh siswa-siswi SMA Negeri 13 Jakarta, yaitu Pemilihan Raya (Pemira). Masa jabatan dari Ketua OSIS adalah satu tahun masa kepengurusan OSIS.

Saat ini OSIS SMAN 13 diketuai oleh Husein Alfarizi bersama Abdurrahman Salim selaku Koordinator Bidang 1 dan M. Dzulhan selaku Koordinator Bidang 2 (2015-2016),

TRIDASAR OSIS

Tridasar OSIS adalah sebutan bagi tiga dokumen dasar peraturan (AD/ART) yang mengatur keseluruhan organisasi kesiswaan. Tridasar OSIS terdiri atas AD OSIS, ART MPK dan ART BP OSIS. Pembuatan Tridasar OSIS pertama kali diusulkan untuk dibuat oleh Teddy Septiansa S.Si (Kabid 3 OSIS periode 2005). Tridasar OSIS baru disusun kali pertama oleh Tim Adhoc yang dibentuk oleh BP OSIS dan MPK periode 2011/2012 yang beranggotakan Giano Pratama (Ketua Penyusun), Ilham Nur Ahadi (Sekjen MPK) dan Muhammad Surya Mustari (Ketua OSIS). Sebelumnya peraturan dasar keorganisasian kesiswaan hanya berupa AD MPK yang disusun oleh MPK periode 2008/2009 yang dipimpin Muhammad Lutfi Firdaus. Selain itu, BP OSIS di tahun periode yang sama yang diketuai Adnan Mubarak memiliki Kode Etik OSIS. AD MPK dan Kode Etik OSIS inilah yang menjadi dasar penyusnan Tridasar OSIS Tahun 2012. Tahun 2015 direcanakan akan dilakukan Sidang Istimewa untuk pengesahan amandemen Tridasar 2014 menjadi Tridasar 2015.

PEMIRA

Pemilihan Raya atau yang lebih dikenal dengan singkatan Pemira ialah proker tahunan dari MPK yang bertujuan untuk memilih ketua OSIS dan MPK yang baru setelah regenerasi (regen). Pemira 2015 diketuai oleh Linda Pradita. Pemira 2015 memiliki nama sendiri yaitu "DREIZHEN REVOLUTION" yang memiliki tagline "The Revolution begins from your choice.". Pemira tahun ini berhasil merekap perhitungan suara dengan hasil:

  • Husein Alfarizi terpilih sebagai Ketua Umum OSIS periode 2015-2016 dengan perolehan suara tertinggi yaitu sebesar 42%.
  • Abdurrahman Salim terpilih sebagai Koordinator Bidang 1 OSIS periode 2015-2016 dengan perolehan suara tertinggi kedua yaitu sebesar 35%.
  • M. Dzulhan sebagai Koordinator Bidang 2 periode 2015-2016 dengan perolehan suara tertinggi ketiga yaitu sebesar 23%.
  • M. Nasher Hamdani terpilih sebagai Ketua Umum MPK periode 2015-2016 dengan peroleh suara tertinggi yaitu sebesar 55%.
  • Achmad Kemal Taufik terpilih sebagai Sekretaris Jenderal MPK periode 2015-2016 dengan perolehan suara sebesar 45%.

Acara Sekolah[sunting | sunting sumber]

  • Seroja Cup (Diwakili oleh Iboey)
  • Gaflate (Diwakili oleh Fizri Aulia)
  • Galas Research Competition (Diwakili oleh Refli Maulana)
  • Seroja Muslim Festival (Diwakili oleh Ardiaf Rizky Aula)

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Ekskul Istimewa, yakni ekskul kerohanian. Setiap siswa yang beragama tersebut secara otomatis akan menjadi anggota ekskul yang menaungi agama tersebut :

  • Sie Rohani Islam (SRI) (diketuai Alifudin Rizki Kusuma Jaya) dan Keputrian SRI 13 (diketuai oleh Wafa Herfiana)
  • Persekutuan Rohani Kristen (PRK) (diketuai Alicia Lordes Joaqin)
  • Muda-mudi Katolik (Mudika) (diketuai Gracias Theobaldi Pujima S.)

Ekskul:

  • Pramuka (Pragalas - Pramuka Gaya 13) (diketuai Ardiaf Rizky Aula)
  • Japan Club (Nihon No Kakera / 日本 の欠片) (diketuai Nindya Ayu Putri E.)
  • English Thirteen Society (ETS) (diketuai Harry Tama F.)
  • Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) (diketuai Hariadi Sahih Wicaksono)
  • Pecinta Alam (Galaspala) (diketuai Kemal Adrianto)
  • Basket (Seroja Basketball) (diketuai Fain Naka)
  • Kempo (diketuai Yance Immanuel)
  • Palang Merah Remaja (Wisesa, Wira Seroja Satu) (diketuai Herlina Hira Nurhasanah)
  • Seni Tari (Saman, Modern Dance) (diketuai Jessica Nindya)
  • Teater (ArtT'Las) (diketuai Iga Yusdisti)
  • Paskibra (Pasukan Kibar Bendera) (diketuai M. Ardiansyah)
  • Paduan Suara & Vokal Grup (PSVG) (diketuai Davin Devara)
  • Futsal (GALASBOLA) (diketuai Luthfi Ariyanto)
  • Taekwondo (diketuai Intan Renita Dewi)
  • Tapak Suci (diketuai Grandy Dorodjatun Wahyu Maestro)
  • Pusat Dokumentasi dan Informasi (Mading, Majalah Sekolah 1300M!) (diketuai Adela Rizkya)
  • Bulu Tangkis (Triton) (diketuai M. Fadil Ihsan)
  • Floorball (diketuai Aji Amrulloh)
  • Information and Technology Club (diketuai Bima Surya Wicaksana)

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]