SMA Mardi Yuana Serang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SMA Mardi Yuana Serang
Informasi
DidirikanTahun 1951
Akreditasiter-akreditasi B
Kepala SekolahFransiskus Widarto, S. Pd.
Jumlah kelas2 kelas setiap tingkat
Jurusan atau peminatanIPA dan IPS
Rentang kelasXI.MIA, X.IIS, XI.IPA, XI.IPS, XII.IPA, XII.IPS
KurikulumKurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Jumlah siswa120 Siswa
StatusSwasta
Alamat
LokasiJl. K. H. Syam'un No. 3 Kota Serang - Banten, Serang, Banten, Indonesia
Tel./Faks.0254-205760
Situs websmamyserang.sch.id
Surelinfo@smamyserang.sch.id
Moto
Moto-

SMA Mardi Yuana Serang adalah salah satu lembaga pendidikan swasta yang berada di daerah Kota Serang - banten yang berada di bawah Yayasan Mardi Yuana.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMA Mardi Yuana Serang pertama kali berdiri pada tahun 1951/1952. Alamatnya berada di Jl. Haji Abdullah No. 2 Serang. Kepala Sekolah pertama adalah Pater Blummen, OFM, kemudian digantikan oleh Romo A.S Wirio Suwarno, OFM (Romo Tono). Pada saat itu SMA Mardi Yuana hanya membuka satu jurusan saja, sehingga dikenal sebagai "SMA C". Pada tahun 1955 jumlah kelas tetap tidak bertambah. Jumlah siswanya tiap kelas antara 20 sampai 30 siswa.

Tahun 1970-an pemerintah menetapkan bahwa setiap SMA harus membuka tiga jurusan. SMA A untuk jurusan bahasa, SMA B untuk jurusan Pasti Alam dan SMA C untuk jurusan Sosial. Karena jumlah siswa tidak bertambah banyak, ditambah penetapan pemerintah untuk membuka tiga jurusan, SMA Mardi Yuana makin mengalami kesulitan untuk membiayai operasional sekolah maupun penggajian guru-gurunya. Akhirnya diputuskan untuk membubarkan diri. Siswa-siswanya disalurkan ke SMA Negeri Serang atau sekolah lain berdasrkan pilihan orang tuanya.

Pada tahun 1978/1979, atas usul banyak orang tua terutama yang beragama Kristen dan Katolik, Bapak J. Djemingoen dengan dukungan Romo FX. Teguh Suwarno, Pr (Ketua Perwakilan Yayasan Mardi Yuana Kota Serang - Cilegon) menghadap Sr. Yoanita, SFS (Ketua Yayasan Mardi Yuana Pusat) untuk meminta izin menghidupkan kembali SMA Mardi Yuana Serang. Atas dukungan Mgr. Ignatius Harsono, Pr (Uskup Bogor) dan kesanggupan Bapak Djemingoen untuk hanya meminjam nama "Mardi Yuana", tetapi mandiri dibidang keuangan dan tenaga pengajar, mulailah dibuka penerimaan siswa baru, dengan SK Pendirian Sekolah No: 107/102. Kep/E.79 dari Kanwil Depdiknas tanggal 29 Nopember 1979. Lokasi sekolah berpindah ke Jl. K. H. Syam’un no. 3 Serang. Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan pada siang hari.

Dalam lima tahun, perkembangan sekolah cukup meyakinkan. Hal ini terbukti dari kesanggupan untuk mengelola uang sekolah guna membiayai operasional sekolah dan menggaji para guru. Pada bulan April 1983 Romo Teguh Suwarno mengundurkan diri sebagai Ketua Perwakilan, kemudian yayasan mengangkat Romo T. Suhardi, Pr sebagai Ketua Perwakilan yang baru. Dengan Surat bernomor 71/MY-IV/83 tanggal 23 April 1983 tentang penyetaraan uang sekolah, Yayasan Mardi Yuana Pusat meminta supaya pengelolaan sekolah diserahkan kepada Yayasan. Kemudian Bapak J. Djemingoen menyerahkan pengelolaan sekolah terutama keuangan ke Yayasan Pusat, sementara dia tetap sebagai Kepala Sekolah disamping tugasnya sebagai guru tetap (PNS) di SMA Negeri Serang.

SMA Mardi Yuana Serang sampai sekarang masih secara bersama-sama menggunakan gedung yang sama dengan SMP Mardi Yuana Serang. Sekolah ini Memiliki berbagai fasilitas yang cukup menunjang untuk proses belajar mengajar, seperti buku-buku perpustakaan dan alat-alat pendidikan, laboratorium, komputer dan lain-lain.

Website SMA Mardi Yuana Serang[sunting | sunting sumber]

Pada saat ini kebutuhan akan informasi yang cepat sangatlah penting, terutama dengan perkembangan teknologi informasi di segala bidang maka penggunaan teknologi dalam mengolah suatu informasi sangatlah mutlak. Salah satu bidang yang sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi adalah bidang pendidikan. Saat ini lembaga yang berperan penting dalam pengembangan pendidikan di bumi nusantara ini adalah sekolah baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. Sekolah sebagai ujung tombak untuk meningkatkan tingkat pendidikan anak bangsa tentunya selalu melaksanakan kegiatan belajar mengajar, Salah satunya adalah kegiatan proses penilaian siswa, absensi siswa dan guru, informasi seputar sekolah, dan lain – lain. Kegiatan belajar mengajar ini tentunya selalu ada masalah dari sisi siswa atau guru, sebagai contoh dalam absensi siswa, dimana biasanya absensi siswa dapat dilihat oleh orang tua murid saat pembagian raport saja. Dengan penggunaan sistem informasi akademik sekolah berbasis website ini adalah untuk memberikan informasi seputar siswa dan sekolahan. Sehingga para orang tua murid dapat mengetahui kegiatan anak dan sekolahnya melalui sebuah website.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]