Ryszard Siwiec

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ryszard Siwiec
Aksi bakar diri Ryszard Siwiec
Aksi bakar diri Ryszard Siwiec
Lahir 07 Maret 1909
Dębica, Austria-Hungaria
Meninggal 12 September 1968 (umur 59)
Warsawa, Republik Rakyat Polandia
Kebangsaan Polandia
Pekerjaan akuntan, guru
Dikenal karena aksi bakar diri

Ryszard Siwiec (pengucapan bahasa Polski: [ˈrɨʂart ˈɕivjɛt͡s]; 7 Maret 1909 — 12 September 1968) adalah seorang akuntan Polandia dan mantan anggota resistensi Tentara Dalam Negeri yang menjadi orang pertama yang melakukan bunuh diri dengan aksi bakar diri dalam unjuk rasa melawan invasi ke Cekoslowakia yang dipimpin Soviet. Meskipun aksi tersebut ditangkap oleh sebuah kamera gambar bergerak, pers Polandia membungkam berbagai kabar tentang peristiwa tersebut, yang merupakan keberhasilan pengendalian yang dilakukan oleh otoritas komunis. Siwiec menyiapkan rencananya sendirian. Kisahnya masih banyak terlupakan sampai kejatuhan komunisme, ketika peristiwa tersebut pertama kali ditampilkan dalam sebuah film dokumenter oleh sutradara Polandia Maciej Drygas. Sejak itu, Siwiec secara anumerta diberi sejumlah penghargaan dari Ceko, Slowakia dan Polandia.

Kematian Siwiec disusul dengan aksi bakar diri terkenal dari Jan Palach di Prague empat bulan kemudian. Siwiec menjadi orang pertama dari Eropa Tengah dan Timur yang melakukan aksi bakar diri dalam unjuk rasa terhadap invasi tersebut,[1] dan satu-satunya orang dalam sejarah Polandia.[2]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Siwiec lahir di Dębica pada 7 Maret 1909, dibawah kekuasaan Partisi Austria di Polandia, yang kemudian menjadi bagian dari Austria-Hungaria.[3] Ia lulus dari Universitas Lviv dengan sebuah gelar dalam bidang filsafat.[4] Siwiec bekerja sebagai akuntan sejak 1930an di Przemyśl, dimana ia berpindah tak lama setelah kelulusan.[3] Ryszard Siwiec menikah pada 1945 dan memiliki lima anak.[3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ M. Mark Stolarik (2010). The Prague Spring and the Warsaw Pact Invasion of Czechoslovakia. Bolchazy-Carducci Publishers. p. xxv. ISBN 0865167516. Diakses tanggal 29 September 2013. 
  2. ^ "Smuga sadzy". rp.pl. 2013-03-16. Diakses tanggal 2013-09-09. 
  3. ^ a b c Petr Blažek. "A biography of Ryszard Siwiec". 
  4. ^ Maciej J. Drygas (1993). "Było wtedy ostre słońce... Jak powstawał film o Siwcu" [The Sun Was Blinding That Day... How The Movie About Siwiec Was Made] (PDF). Kwartalnik filmowy 1: 63–67. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Kavaliauskas2012" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Piasecka2007" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Stolarik2010" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Warszawa_b.C4.99dzie_mia.C5.82a_ul._Ryszarda_Siwca_i_Rondo_Unii_Europejskiej" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "asme" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "culture" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "karta" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "kk" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "slovak-republic2006" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "sol" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]