Rusa jarum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rusa jarum
Mazama

Gray brocket (M. gouazoubira)
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasMammalia
OrdoArtiodactyla
FamiliCervidae
GenusMazama
Rafinesque, 1817
Species
M. americana
M. bororo
M. bricenii
M. chunyi
M. gouazoubira
M. nana
M. nemorivaga
M. pandora
M. rufina
M. temama
M. tienhoveni

Rusa broket atau rusa jarum adalah spesies rusa dalam genus Mazama . Mereka berukuran sedang hingga kecil, dan ditemukan di Semenanjung Yucatán, Amerika Tengah dan Selatan, dan pulau Trinidad . Sebagian besar spesies terutama ditemukan di hutan. Mereka mirip dengan duiker Afrika dan muncak Asia, tetapi hanya berkerabat jauh. Sekitar 10 spesies rusa-jarum telah dideskripsikan.

Nama genus Mazama berasal dari Nahuatl mazame, bentuk jamak dari mazatl "rusa".[1] Nama umum Inggris dan Indonesia "brocket" (dari bahasa Prancis brocart < broche, jarum) berasal dari kata rusa jantan di tahun kedua, bukannya bercabang tetapi malah menyerupai pasak atau jarum kecil.[2]

Spesies[sunting | sunting sumber]

Deskripsi fisik dan habitat[sunting | sunting sumber]

Tergantung pada spesiesnya, rusa jarum berukuran kecil hingga sedang dengan tubuh kekar dan telinga besar. Panjang kepala dan badannya 60–144 cm (24–57 in), tinggi bahu adalah 35–80 cm (14–31 in), dan berat tipikal 8–48 kg (18–106 pon), meskipun spesimen M. americana yang sangat besar memiliki berat mencapai 65 kg (143 pon) . [3] [4] Saat ini, tanduknya berbentuk paku kecil dan sederhana. [3] Rambut bervariasi dari kemerahan, coklat, hingga abu-abu. Secara kasar, spesies ini dapat dibagi menjadi empat kelompok berdasarkan ukuran, warna, dan habitat (tetapi tidak harus sesuai dengan filogeninya ):

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Selain berukuran kecil dan aktif di malam hari, spesies Mazama juga pemalu sehingga jarang diamati. Mereka ditemukan hidup sendiri atau berpasangan dalam wilayah kecil mereka sendiri, batasnya biasanya ditandai dengan urin, feses, atau sekret dari kelenjar mata. Ketika terancam oleh predator (terutama cougar dan jaguar ), mereka menggunakan pengetahuan mereka tentang wilayah mereka untuk menemukan tempat persembunyian di vegetasi terdekat. Sebagai herbivora, makanannya terdiri dari daun, buah, dan pucuk.

Reproduksi[sunting | sunting sumber]

Pasangan kawin yang hidup bersama tetap bersifat monogami . Rusa jantan lajang biasanya kawin dengan betina di dekatnya. Saat pejantan bersaing untuk mendapatkan pasangan, mereka bertarung dengan cara menggigit dan menusuk menggunakan tanduk pendeknya. Spesies rusa jarum yang hidup di daerah tropis tidak memiliki musim kawin yang tetap, tetapi spesies yang hidup di daerah beriklim sedang memiliki periode kebiasaan yang berbeda di musim gugur.

Masa kehamilan kira-kira 200 – 220 hari dan betina hanya melahirkan satu anak rusa dalam satu waktu. Anak-anaknya tinggal bersama induknya, bersembunyi sampai cukup besar untuk menemaninya. Mereka biasanya disapih sekitar usia enam bulan dan mencapai kematangan seksual setelah satu tahun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bright, William (2007). Native American Placenames of the United States. University of Oklahoma Press. hlm. 274. ISBN 978-0-8061-3598-4. 
  2. ^ Cf. "brocket, n." OED Online. Oxford University Press, June 2017. Web. 5 August 2017.
  3. ^ a b Nowak, R. M. (eds) (1999). Walker's Mammals of the World. 6th edition. Johns Hopkins University Press.
  4. ^ Trolle, M., and L. H. Emmons (2004). A record of a dwarf brocket from lowland Madre de Dios, Peru. Error in webarchive template: Check |url= value. Empty. Deer Specialist Group Newsletter 19: 2-5