Buang air kecil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Manneken Pis (bersama dengan patung perempuan yang menirunya Jeanneke Pis, yang terbuatdari batu kapur) adalah sebuah patung perunggu di Brussels, Belgia.

Buang air kecil adalah peristiwa dikeluarkannya urin pada alat pembuangan air kecil dari uretra sampai meatus air kecil keluar tubuh. Peristiwa tersebut juga dikenal dengan nama pipis dan kencing.

Dalam kesehatan manusia (dan beberapa hewan lainnya) proses buang air kecil dibawa di bawah kontrol sukarela. Bagi orang yang masin bayi, beberapa orang yang berusia tua, dan orang-orang dengan masalah neurologi, buang air kecil dapat terjadi sebagai refleks tak sukarela. Normalnya, orang dewasa buang air kecil sebanyak tujuh kali sehari.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ American Urological Association (2014). "Diagnosis and Treatment of Overactive Bladder (Non-Neurogenic) in Adults: AUA/SUFU Guideline" (PDF). Diakses tanggal 1 Juni 2015. 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Young, S. P.; Jackson, H. H. T. (1978). The Clever Coyote. University of Nebraska Press. ISBN 0-8032-5893-3. 
  • Mech, L. David; Boitani, Luigi (2003). Wolves: Behaviour, Ecology and Conservation. University of Chicago Press. ISBN 0-226-51696-2. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Aktivitas kehidupan sehari-hari