Ruminah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ruminah
Lahir12 Desember 1961 (umur 62)
Daerah Istimewa Yogyakarta
KebangsaanIndonesia
Nama lainBu Rum
PekerjaanPemilik rumah makan
Dikenal atasPelopor dari ayam geprek
Orang tua
  • Mardi Utomo (bapak)
  • Ratiyem (ibu)

Ruminah (lahir 12 Desember 1961) dikenal juga sebagai Bu Rum adalah seorang ibu pemilik rumah makan di Kota Yogyakarta. Ia merupakan anak dari pasangan suami-istri Mardi Utomo dan Ratiyem.[1]

Ayam geprek[sunting | sunting sumber]

Bermula dari seorang mahasiswa asal Kudus, saat mahasiswa tersebut memesan ayam goreng tepung, ia meminta Bu Rum untuk menambahkan sambal ulek dan melumatkannya menggunakan ulekan. Sebelum nama ayam geprek dipakai, banyak orang-orang yang menyebut masakan ini sebagai "ayam ulek" ataupun "ayam gejrot".[2] Kepopuleran dari ayam geprek sempat melejit pada tahun 2017. Banyak restoran lain di Indonesia yang juga menyajikan hidangan ayam yang satu ini. Beberapa gerai ayam geprek, juga menambahkan varian baru, seperti keju mozzarella.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mengungkap Asal-usul Ayam Geprek, Pembuat Pertamanya dari Jogjakarta Tahun 2003". www.ayobandung.com. AYOBANDUNG.COM. Diakses tanggal 30 Desember 2022. 
  2. ^ "Ini Warung Ayam Geprek yang Diklaim Pertama di Indonesia". Kompas.com. Kompas.com. Diakses tanggal 30 Desember 2022.