Rumah potong hewan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pekerja dan sapi di sebuah rumah potong hewan.
Pekerja dan ternak di rumah potong hewan pada 1942.

Rumah potong hewan juga disebut sebagai abatoar (dari bahasa Prancis: abattoir), rumah jagal, atau rumah potong unggas (untuk unggas) adalah sebuah tempat hewan ternak dipotong dan diproses menjadi daging. Hewan yang paling umum dijagal untuk makanan adalah sapi, kambing, babi, dan unggas.

Banyak orang merasa bahwa subyek pembantaian hewan sebuah hal yang sangat mentidakenakan dan memilih untuk tidak mengetahui detail yang terjadi dalam rumah jagal. Dan sebaliknya, kebanyakan rumah jagal juga memilih lebih rahasia untuk menghindarkan kontroversi. Oleh karena itu di Barat, hubungan antara hasil daging paketan di supermarket dan hewan hidup dari mana dia berasal sangat kabur (obscured).

Namun, sebagian besar orang di Barat tiap hari makan daging, jadi rumah jagal sangat dibutuhkan untuk memberikan produk daging yang efisien dalam skala industri. Di banyak negara lainnya memiliki hukum dan aturan yang mengatur penjagalan hewan, baik untuk konsumsi manusia atau tujuan lainnya. Oleh karena itu pengoperasian rumah jagal biasanya diawasi oleh agensi pemerintah, terutama untuk memastikan standar kebersihan dapat terjaga.

Kelompok hak hewan (animal rights) dan beberapa vegetarian lebih suka untuk mengetahui apa yang terjadi di dalam rumah jagal untuk membuka dan membetulkan perlakuan tidak manusiawi terhadap hewan, tetapi juga untuk mendorong orang untuk menghadapi kenyataan dari produksi daging, yang menimbulkan lebih banyak orang memilih makanan bebas-daging atau sedikit-daging.

Seekor sapi dikekang untuk dibius sesaat sebelum disembelih.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]