Rumah Sakit MH Thamrin Cileungsi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rumah Sakit MH Thamrin Cileungsi atau RS MH Thamrin Cileungsi adalah sebuah rumah sakit swasta yang terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cileungsi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Yayasan RS MH Thamrin didirikan pada 13 September 1979 oleh Dr. H. Abdul Radjak, DSOG berkedudukan di Jl. Salemba Tengah 26-28 Jakarta Pusat. Dr. H. Abdul Radjak, DSOG adalah pendiri sekaligus sebagai Ketua dari Yayasan RS. MH. Thamrin. Saat itu RS MH Thamrin merupakan Rumah Sakit terbesar se eks Wilayah Kawedanan Jonggol.

Yayasan RS MH Thamrin merupakan partisipasi masyarakat dalam meneruskan cita-cita pahlawan nasional Mohammad Husni Thamrin dalam pembangunan bidang kesehatan di Indonesia khususnya masyarakat Betawi yang bergerak di bidang palayanan kesehatan dan pendidikan tenaga kesehatan.

Sejak berdiri sampai dengan sekarang yayasan telah memiliki/mengelola 3 rumah sakit dan 7 klinik bersalin/klinik 24 jam yang lokasinya tersebar diseluruh Jabotabek. Dibidang tenaga kesehatan pada saat ini yayasan memiliki program pendidikan D-III sebanyak 6 untuk tenaga kesehatan, 1 Sekolah Tinggi tenaga kesehatan dan 2 Sekolah Tinggi non Kesehatan.

Dimana untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut yayasan mempekerjakan secara penuh + karyawan dari berbagai bidang keahlian dan profesi 119.82.227.3 09:01, 24 Juni 2008 (UTC)Yono Maulana

RS. MH THAMRIN CILEUNGSI[sunting | sunting sumber]

Rumah Sakit MH Thamrin Cileungsi adalah bagian dari badan usaha milik Yayasan Rumah Sakit Muhammad Husni Thamrin Jakarta yang telah berdiri sendiri dengan nama Yayasan Rumah Sakit Muhammad Husni Thamrin (MH Thamrin) Cabang Cileungsi.

Yayasan Rumah Sakit MH Thamrin Cileungsi didirikan pada tanggal 27 September 2000 dengan Akta Notaris No. 4 oleh Notaris Nana Zaenah SH yang berkedudukan di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Maksud dan tujuan Yayasan RS MH Thamrin Cileungsi adalah mendirikan atau membangun dan menjalankan rumah sakit dan usaha-usaha lain dalam bidang kesehatan, serta meningkatkan pendidikan tenaga-tenaga kesehatan.

Sesuai dengan keputusan Badan Pengurus Yayasan RS MH Thamrin Jakarta, ditunjuk sebagai Direktur RS MH Thamrin Cileungsi adalah Drg. Abdul Firman.

Klinik dan Ruang Perawatan[sunting | sunting sumber]

Poliklinik rawat jalan yang dimiliki oleh RS MH Thamrin Cileungsi sangat lengkap diantaranya adalah

 - Poli Anak
 - Poli Penyakit Dalam
 - Poli Kebidanan dan Kandungan
 - Poli Bedah Umum
 - Poli Orthopedi
 - Poli Bedah Anak
 - Poli Bedah Tumor
 - Poli Bedah Saraf
 - Poli Bedah Mulut
 - Poli Urologi
 - Poli Saraf
 - Poli Jantung
 - Poli Paru
 - Poli THT
 - Poli Mata
 - Poli Kulit dan Kelamin
 - Klinik Alergi

Untuk Rawat Jalan RS MH Thamrin Cileungsi memiliki

 - Unit Gawat Darurat (UGD)
 - Poli Umum
 - Medical Check Up (MCU)
 - Gigi dan Mulut
     - Ortodonti
     - Prostodonti
     - Konservasi

Untuk melayani pasien-pasien yang membutuhkan perawatan khusus, RS MH Thamrin Cileungsi memiliki

 - Kamar Operasi (OK)
 - Intensive Care Unit (ICU)
 - Intensive Coronary and Cardiac Unit (ICCU)
 - Pediatric Intensive Care Unit (PICU)
 - Perinatologi

Sedangkan kamar perawatan yang dimiliki oleh RS MH Thamrin Cileungsi adalah sebagai berikut

 - VIP / Emerald: 4 kamar dengan 1 tempat tidur
 - Kelas I / Saphire: 8 kamar masing-masing terdiri dari 2 tempat tidur 
 - Kelas II / Ruby: 6 kamar masing-masing terdiri dari 3 tempat tidur
 - Kelas III / Topaz: 5 kamar masing-masing terdiri dari 4 tempat tidur dan 1 kamar khusus untuk  anak-anak dengan 7 tempat tidur
 - ICCU: 6 tempat tidur
 - ICU / IW: 9 tempat tidur
 - Perinatologi: 6 tempat tidur

Penunjang Medis[sunting | sunting sumber]

Fasilitas dan pelayanan lainnya yang dimiliki oleh RS MH Thamrin Cileungsi adalah Penunjang Medis seperti:

 - Laboraturium 24 jam
 - Radiologi 24 jam
 - CT Scan
 - C-Arm
 - Apotek 24 jam
 - Fisioterapi
 - Endoskopi
 - Ambulans 24 jam
 - Kamar Jenazah

Dengan konsep yang dibuat senyaman mungkin RS MH Thamrin Cileungsi memberikan suasana seperti rumah sendiri. Bagi keluarga pasien yang menunggu atau membesuk dapat beristirahat di Resto EmHaTe yan g menyajikan berbagai macam hidangan sambil surving Internet gratis. Bagi anda kaum Ibu yang membawa anak-anak dapat menikmati Area Permainan Anak (Playland) secara gratis pula, semua ini kami berikan karena kami peduli dan percaya bahwa pasien dan keluarganya adalah Prioritas.

Home Care adalah salah satu paket perawatan kesehatan bagi pasien yang ingin dirawat dirumah sendiri, bagi pasien dan keluarganya yang menginginkan perawatan dirumah, dapat menghubungi RS MH Thamrin Cileungsi dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku

Klinik Eduaksi Diabetes RS MH Thamrin Cileungsi adalah sebuah klinik Edukasi serta Konsultasi bagi para penderita Diabetes. Klinik Edukasi diabetes ini dibuka sebagai tempat berbagi informasi, pendidikan, serta konsultasi bagi para penderita diabetes. Dimana dalam kegiatannya Klinik Edukasi Diabetes RS MH Thamrin Cileungsi memberikan solusi bagi bagi anda para penderita Diabetes Militus (DM)tidak perlu lagi merasa kebingungan untuk mengatur Pola Hidup sehat Anda karena RS MH Thamrin Cileungsi kini telah membuka Klinik Edukasi Diabetes. yaitu sebuah klinik / forum diskusi, konsultasi juga Edukasi mengenai Diabetes Militus. dengan Tema " Hidup Sehat dengan Diabetes" RS MH Thamrin Cileungsi memberikan solusi kepada anda para penderita Diabetes Militus sehingga tidak perlu lagi merasa hidupnya terkekang dan bisa menikmati Kehidupan sama seperti manusia normal pada umumnya. Pada Klinik Edukasi ini akan diberikan pengarahan-pengarahan yang diberikan oleh dokter-dokter spesialis bagaimana menjalani hidup dengan Diabetes. sehingga Diabetes bukan lagi halangan untuk menikmati Indahnya Kehidupan.

Bagi para penderita Diabetes Militus (DM) tentunya harus mengatur Pola makan dengan tepat dan benar. benar dalam takaran, jumlah, waktu dan komposisinya. jika anda merasa bingung dan mengalami kesulitan dalam mengatur Pola makan, RS MH Thamrin Cileungsi membuka Klinik Konsultasi Gizi yang diperuntukan bagi penderita Diabetes Militus (DM), serta Kesehatan dan Pola makan untuk Anak.

ALERGI BISA DIATASI, MENGAPA TIDAK ? Menggunakan metode BIOFISIKA, tes dan terapi alergi menjanjikan kenyamanan karena tanpa suntik, tanpa sakit, tanpa obat dan untuk semua usia. Klinik Alergi RS MH Thamrin Cileungsi menggunakan Teknologi Jerman yaitu dengan menggunakan BIO Resonansi. Alat yang digunakan dalam terapi bioresonansi disebut BICOM (Bio Communication) 2000. Alat ini ditemukan oleh Hans Brugemann dari Jerman sekitar tahun 1976, dan dipopulerkan oleh Dr Peter Schumacher untuk menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan, khususnya yang berkaitan dengan alergi. Klinik Alergi RS MH Thamrin Cileungsi dibawah BIO-E Indonesia ( Bio-Energy Indonesia ) dan Dokter yang menangani di Klinik Alergi RS MH Thamrin Cileungsi telah mendapatkan Sertifikasi BIO-E dan mendapatkan pelatihan di Jerman.

CT Scan (Computerised Tomography Scanning), kini telah tersedia di RS MH Thamrin Cileungsi, tidak perlu lagi keluar negeri... Dengan teknologi canggih dan mutakhir di bidang CT Scan yang dapat melihat dengan jelas dan detail secara noninvasive (tanpa katerisasi jantung) keadaan pembuluh darah jantung koroner serta plak (tumpukan kolesterol) penyebab penyempitan pembuluh darah. CT Scan dapat digunakan untuk pemeriksaan organ-organ dalam tubuh manusia seperti jantung, leher, perut (untuk hati, limpa, pankreas, kandung empedu, usus, saluran kemih), tulang dan pembuluh darah lainnya. Pemeriksaan CT Scan sangat diperlukan untuk mengetahui keadaan organ dalam tubuh, dan untuk menentukan langkah-langkah yang harus diambil misalnya operasi.

Selain berbagai Pelayanan kesehatan yang telah disebutkan diatas RS MH Thamrin Cileungsi juga memberikan pelayanan penunjang medis Ambulans 24 jam dengan pelayanan antar daerah dan lintas pulau. Untuk antar daerah yaitu wilayah Jawa sampai Surabaya. Sedangkan untuk Lintas pulau sampai dengan pulau Sumatra.

Website[sunting | sunting sumber]