Rukmawati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rukmawati
Upacara pernikahan Rukmawati dan Pradyumna
AfiliasiVaishnavism
KediamanDwarka, Vidarbha
PustakaBhagavata Purana
Informasi pribadi
PasanganPradyumna
AnakAniruddha
Orang tuaRukmi (ayah)
DinastiYaduvamsha (melalui pernikahan)

Rukmawati (Sanskerta: रुक्मवती, translit. Rukmāvatī) adalah putri Raja Rukmi dari Vidarbha dan istri kedua Pradyumna dalam mitologi Hindu.[1] Pradyumna adalah putra dewa Krishna dan istri utamanya Rukmini, saudara perempuan Rukmi. Rukmawati memiliki seorang putra bernama Aniruddha, yang merupakan anggota chatur-vyuha.[2]

Legenda[sunting | sunting sumber]

Bhagawata Purana menggambarkan pernikahan sang putri dengan Pradyumna. Pradyumna memenangkan tangan Rukmavati dalam upacara Sayembara, dengan mengalahkan pangeran pelamar lainnya. Meskipun ayahnya Rukmi menyimpan dendam terhadap Krishna yang telah mempermalukannya, Rukmi menyetujuinya, sesuai dengan keinginan Rukmini. Seiring berjalannya waktu, Rochana, cucu perempuan Rukmi yang lain, menikah dengan putra Rukmawati, Aniruddha.[3] Vajra, putra Aniruddha dan Rochana, adalah salah satu dari sedikit yang selamat dari perang saudara Yadu.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Vanamali (2012-05-22). The Complete Life of Krishna: Based on the Earliest Oral Traditions and the Sacred Scriptures (dalam bahasa Inggris). Simon and Schuster. ISBN 978-1-59477-690-8. 
  2. ^ Books, Kausiki (2021-10-24). Kurma Purana Part 1 : English Translation only without Slokas (dalam bahasa Inggris). Kausiki Books. hlm. 66. 
  3. ^ "Srimad Bhagavatam: Canto 10 - Chapter 61". bhagavata.org. Diakses tanggal 2022-07-11. 
  4. ^ Prabhupada, His Divine Grace A. C. Bhaktivedanta Swami; Prabhupada, Disciples of His Divine Grace A. C. Bhaktivedanta Swami (1977-12-31). Srimad-Bhagavatam, Tenth Canto: The Summum Bonum (dalam bahasa Inggris). The Bhaktivedanta Book Trust. ISBN 978-91-7149-643-0.