Lompat ke isi

Rubus occidentalis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rubus occidentalis Edit nilai pada Wikidata

Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
SuperkerajaanEukaryota
KerajaanPlantae
DivisiTracheophyta
OrdoRosales
FamiliRosaceae
GenusRubus
SpesiesRubus occidentalis Edit nilai pada Wikidata
Linnaeus, 1753

Rubus occidentalis adalah spesies Rubus yang berasal dari Amerika Utara bagian timur. Nama umumnya rasberi hitam digunakan bersama dengan spesies lain yang berkerabat dekat.

Deskripsi

[sunting | sunting sumber]

Rubus occidentalis adalah tanaman semak yang tumbuh setinggi 2 hingga 3 meter (6,6 hingga 9,8 kaki).[1] Daunnya menyirip, dengan lima helai daun pada batang yang tumbuh kuat pada tahun pertama, dan tiga helai daun pada cabang berbunga. Bunganya berbeda karena memiliki sepal yang panjang dan ramping dengan panjang 6 hingga 8 milimeter (0,24 hingga 0,31 inci), lebih dari dua kali panjang kelopak. Buah berbentuk bulat adalah kumpulan buah berbiji berdiameter 12 hingga 15 milimeter (0,47 hingga 0,59 inci); dapat dimakan, dan memiliki kandungan antosianin dan asam ellagic yang tinggi.[2][3] Batang panjang yang disebut juga tongkat tumbuh hingga panjang 1,8 meter (5,9 kaki), biasanya membentuk bentuk lengkung, tetapi terkadang tegak. Tongkat memiliki duri yang melengkung dan tajam, sedangkan tongkat yang belum dewasa tidak bercabang dan mekar berwarna keputihan.[4] Rasberi hitam berkerabat dengan rasberi merah Rubus idaeus dan Rubus strigosus, berbagi bagian bawah daun yang berwarna putih,[5] dan buah yang mudah terlepas dari karpelnya.[4]

Tanaman ini tumbuh di daerah yang terganggu, terutama di daerah yang ditebang. Hal ini juga ditemukan di padang rumput, dan dekat sungai dan danau, jalan setapak atau jalan raya.[4] Daerah tumbuh asli Rubus occidentalis terbentang ke timur hingga New Brunswick, ke barat hingga Nebraska, ke utara hingga Quebec, dan ke selatan hingga Mississippi.[6]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ Marrone, Teresa (2011). Indiana, Kentucky and Ohio Wild Berries & Fruits Field Guide. Teresa Marrone. hlm. 262nd Page. 
  2. ^ Oklahoma Biological Survey: Rubus occidentalis
  3. ^ Bioimages: Rubus occidentalis
  4. ^ a b c Marrone, Teresa (2011). Indiana, Kentucky, and Ohio Wild Berries & Fruits Field Guide. Midwestern United States of America. hlm. 262nd Page. 
  5. ^ Barotz, Sharon; Bilodeau, Carrie. "Black Raspberry". Medicinal Plants of the Northeast. Brandeis University. Diakses tanggal 2 July 2021. 
  6. ^ "The Biota of North America Program". The Biota of North America Program. 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-06-29.