Roxx

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Roxx
Roxx formasi Ada dan tiada.jpg
Formasi klasik Roxx di era glam rock: Iwan, Arry, Jaya, Trison, dan Tony
Latar belakang
Asal Jakarta, Indonesia
Genre Heavy Metal, Thrash Metal, Hard Rock
Tahun aktif 1987 - Sekarang
Label Harpa Records, BLACKBOARD Indonesia
Anggota Trison (vokal)
Tony (bass/backing vokal)
Raiden (drum)
Iwan (gitar)
Didi Crow (gitar)

Roxx adalah grup musik beraliran Heavy Metal yang didirikan pada 1 April 1987 di Jakarta. Didirikan dengan formasi awal yakni Trison, Jaya, Arry, Tony, dan Iwan, yang disebut juga sebagai formasi klasik Roxx. Sekarang, Roxx berisikan Trison, Tony, Didi Crow, dan Raiden. Arry dan Jaya adalah personel awal Roxx yang sudah tidak tergabung lagi, Arry meninggal dunia pada tahun 1999, sedangkan Jaya keluar pada awal tahun 2016.

Roxx dikenal dengan album pertama mereka yaitu Roxx yang dirilis tahun 1992. Album yang juga disebut sebagai black album itu berisikan sejumlah hits klasik Roxx seperti: "5 Cm", "Price", "Gontai", dan "Rock bergema". Lagu "Rock bergema" juga termasuk dalam 150 Lagu Indonesia Terbaik versi majalah Rolling Stone Indonesia.

Dalam sejarah musik Indonesia, Roxx merupakan pelopor dari pergerakan musik metal atau underground di Indonesia.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Roxx awalnya merupakan penggabungan 2 band lokal yakni Navy Punk dan Skull dengan formasi Trison (vokal), Jaya (gitar), Iwan (gitar), Tony (bass), dan Arry (drum), yang terlebih dahulu memainkan nomor-nomor hard rock dan glam metal pada tahun 1987. Dengan dandanan nyentrik dan glamor, Roxx sering membawakan cover version dari band-band seperti: Mötley Crüe, Def Leppard, dan Whitesnake.

Namun, identitas mereka berubah total setelah sang leader Arry Yanuar mengubah konsep band menjadi band thrash metal yang gemar memainkan cover Metallica, Anthrax, dan Testament. Dan dari sinilah bisa dibilang, Roxx merupakan pelopor pergerakan musik underground di Indonesia.

Debut mereka dimulai ketika menjadi runner up pada Festival Rock tahun 1989 versi Log Zhelebour, yang kemudian membawa grup musik ini dalam industri musik di Tanah Air dengan dimasukkannya lagu single hits pertama mereka, “Rock Bergema” dalam Album Kompilasi Festival Rock Log Zhelebour tahun 1989.

Album pertama Roxx dirilis pada awal tahun 1992 dengan judul album yang sama yaitu Roxx, yang melahirkan lagu-lagu hits seperti “Gontai", "Penguasa", "5 Cm", "Gelap", "Price", dan "Rock Bergema”. Diedarkan oleh PT. Suara Sentral Sejati dan didistribusikan oleh Blackboard Indonesia. Kesuksesan album tersebut di blantika musik Tanah Air akhirnya mencatat Roxx sebagai grup musik pertama di Indonesia yang merilis albumnya di pasar Internasional. Hal ini ditandai dengan diadopsinya album perdana Roxx tersebut pada tahun 1992 oleh Polygram International.

Album kedua Roxx berjudul Nol dirilis pada tahun 1995, diedarkan oleh WINS Record dan didistribusikan oleh Atlantic Record Indonesia, yang melahirkan hits single “Air Mata Hewan", "Putri Matahari" dan "Muak”. Ada perubahan formasi pada album ini, yaitu digantinya posisi Tony pada bass, yg digantikan oleh Didik, dikarenakan Tony harus melanjutkan pendidikannya ke Jerman.

Pada 10 Agustus 1999, pendiri Roxx yakni Arry Yanuar meninggal dunia, dan hal ini membuat situasi di Roxx menjadi tidak menentu, yang pada akhirnya membuat Trison keluar dan bergabung dengan Edane, serta Jaya dengan Ahmad Band.

Album ketiga Roxx yang berjudul Bergema Lagi dirilis pada tahun 2004, diedarkan oleh SGK Record dan didistribusikan oleh PT. Ritme Nuansa Baru. Mencetak single hits “Dari Dulu", "Babi Ngepet" & "Yang Tersisih”. Di album ini Trison kembali menjadi vokalis dan Tony sebagai bassist, sedangkan posisi Iwan pada gitar digantikan oleh additional player Didi Crow. Sekarang, Didi Crow sudah ikut bergabung dengan Roxx.

Album keempat Roxx yang berjudul Retake, yang bekerja sama ditribusi dengan Majalah Rolling Stone Indonesia, telah hadir sebagai penanda eksistensi ROXX di belantara musik Tanah Air. Mini album yang berisikan beberapa hit single mereka dari keseluruhan kronologis perjalanan karier ROXX sejak tahun 1987 sampai dengan saat ini, menghadirkan lagu-lagu kompilasi terbaik yang pernah dimiliki Roxx.

Pada tahun 2013, Roxx merilis album EP terbaru yaitu Jauh dari Tuhan, dengan formasi yakni Trison, Jaya, Tony, Iwan, Didi Crow, dan Raiden.

Pada tanggal 2 Januari 2016, salah satu pendiri dari Roxx yakni Jaya memutuskan untuk keluar dari band, tepat saat acara Jakcloth 2016.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]