Roti gulung kayu manis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Roti gulung kayu manis atau roti kayu manis adalah roti gulung manis yang biasa disajikan di Eropa Utara (terutama di negara-negara Nordik, tetapi juga di Austria dan Jerman ) dan Amerika Utara . Di Swedia disebut kanelbulle, di Denmark dikenal sebagai kanelsnegl, di Norwegia dikenal sebagai kanelbolle, skillingsbolle, kanelsnurr, atau kanel i svingene, di Finlandia dikenal sebagai korvapuusti, di Islandia dikenal sebagai kanilsnúður, dan di Estonia dikenal sebagai kaneelirull . [1] [2] [3] Di Austria dan Jerman disebut Zimtschnecke .

Pastri[sunting | sunting sumber]

Roti gulung kayu manis terdiri dari lembaran adonan beragi yang digulung di mana campuran kayu manis dan gula (dan kismis atau bahan lain dalam beberapa kasus) ditaburkan di atas lapisan tipis mentega . Adonan tersebut kemudian digulung, dipotong menjadi beberapa bagian dan dipanggang. Versi gorengnya adalah roti ulir kayu manis atau donat roti kayu manis. Bahan utamanya adalah tepung terigu, kayu manis, gula, dan mentega, yang memberikan rasa kuat dan manis.

Sepotong adonan roti gulung kayu manis mentah dipotong menjadi gulungan tersendiri sebelum dipanggang
Roti gulung kayu manis yang belum dimasak

Asal[sunting | sunting sumber]

Pedagang rempah-rempah Romawi memperkenalkan rempah-rempah kayu manis Sri Lanka ke Eropa.

Rempah ini kemudian mulai digunakan dalam kue-kue Swedia, dengan kanelbulle modern ( terj. har.''cinnamon bun'' ) dibuat setelah perang dunia pertama. Sejak tahun 1999, [4] [5] tanggal 4 Oktober telah dipromosikan sebagai Hari Roti Kayu Manis ( Kanelbullens dag ), sebuah hari bertema nasional, yang diakui oleh sebagian besar penduduk Swedia. [6] [7] Adonan kanelbulle Swedia biasanya juga mengandung kapulaga (bubuk atau kuncup), sehingga memberikan rasa yang khas.

Ukuran roti gulung kayu manis bervariasi dari satu tempat ke tempat lain, namun banyak penjual yang menyediakan ukuran yang lebih kecil sekitar 5 sentimeter (2,0 in) dengan diameter dan ukuran lebih besar sekitar 10 cm (3,9 in) ke samping.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Free Dictionary. "cinnamon snail". Diakses tanggal April 17, 2013. 
  2. ^ Carlson, Jen. "Why The Cinnamon Snail Vegan Food Truck Is The Best Food Truck In Town". The Gothamist. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 7, 2013. Diakses tanggal April 16, 2013. 
  3. ^ "Kanelsnegl, The Danish answer to Cinnamon buns". caprisserie.com. May 22, 2016. Diakses tanggal March 1, 2020. 
  4. ^ "Om oss". Hembakningsrådet (dalam bahasa Swedia). September 12, 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 28, 2019. Diakses tanggal October 4, 2017. 
  5. ^ "Så blev kanelbullen det mest svenska av alla bakverk - DN.SE". DN.SE (dalam bahasa Swedia). 2017-10-04. Diakses tanggal 2017-10-04. 
  6. ^ "Kanelbullens Dag 4 Oktober". Kanelbullensdag.se. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 30, 2011. Diakses tanggal June 4, 2010. 
  7. ^ "Kanelbullar". Sweden.se. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 8, 2013. Diakses tanggal March 25, 2013.