Rolf Hosfeld

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mike Josef dan Rolf Hosfeld di Pameran Buku Frankfurt 2015 (mempersembahkan: Tod in der Wüste. Völkermord an den Armeniern karya Rolf Hosfeld)

Rolf Hosfeld (lahir 22 Juni 1948) adalah Direktur Akademik Rumah Lepsius Potsdam di Jerman, yang berfokus pada Pusat Penelitian Studi Genosida. Ia juga dikenal sebagai penulis dan sejarawan independen.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di Johannes Althusius Gymnasium di Bad Berleburg, Hosfeld memulai karier di bidang jurnalisme dengan pelatihan di surat kabar Westfälische Rundschau. Ia melanjutkan studinya dalam bidang bahasa dan sastra Jerman, ilmu politik, sejarah modern, dan filsafat di Frankfurt dan Berlin Barat. Hosfeld lulus dengan gelar M.A. di Berlin Barat pada tahun 1976 dan meraih gelar doktoral di tempat yang sama. Disertasinya mengenai Heinrich Heine diakui telah membuka perspektif baru dan pascamodernisme dalam studi Heine, yang ia terus publikasikan.

Pengalaman profesional Hosfeld mencakup posisinya sebagai dosen di Universitas Bebas Berlin, penyunting majalah Konsekuen dan Omnibus, penyunting di penerbit Berlin, anggota dewan redaksi majalah bulanan Merian, wakil pemimpin redaksi majalah bulanan Der Feinschmecker, pemimpin redaksi halaman fitur mingguan Die Woche di Hamburg, pemimpin redaksi seri buku Kulturverführer, serta produser film dan televisi di Berlin. Ia telah memproduksi sekitar lima puluh film dan menyutradarai lima belas film, termasuk seri tentang fasisme sebagai fenomena pan-Eropa dan seri tentang perang saudara pasca-1945 di Eastern Europe.

Sebagai anggota Verband deutscher Schrifsteller (VS, Persatuan Penulis Jerman) sejak 1982 dan anggota dewan direksi Yayasan Peter Weiss untuk Seni dan Politik sejak 2002, Hosfeld telah menghasilkan berbagai karya jurnalistik, esai, tulisan perjalanan, artikel ilmiah, film, dan program televisi dan radio, serta sekitar dua puluh buku tentang budaya modern serta sejarah modern dan kontemporer. Mulai tahun 2004, ia berkarier sebagai penulis dan sejarawan independen.

Buku Hosfeld tentang genosida Armenia yang terbit tahun 2005 terus menjadi topik perdebatan publik.[1][2][3][4][5] Proyek terbesarnya hingga saat ini adalah Sejarah Jerman 1815-2007 yang terdiri dari empat jilid, dilengkapi dengan DVD karya Hermann Pölking. Ia juga menerbitkan sejarah GDR dan biografi Kurt Tucholsky, penulis dan satiris Yahudi-Jerman.[6] Pada tahun 2010, Yayasan Friedrich Ebert yang berorientasi sosial-demokrat memberikan penghargaan “Das politische Buch” kepadanya untuk buku berjudul Karl Marx: An Intellectual Biography[7] (judul bahasa Jerman: Die Geister, die er rief. Eine neue Karl-Marx-Biographie), yang telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa.

Rolf Hosfeld tinggal di pedesaan dekat Potsdam dan meninggal pada Juli 2021.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Komplexe Rache?. Review by Dr. Richard Herzinger.
  2. ^ Entfernung eines Fremdkörpers. Review by Bert Hoppe.
  3. ^ Operation Nemesis. Review by Ulrich Baron.
  4. ^ Operation Nemesis. Review.
  5. ^ Diese "Ereignisse" im Osten. Review by Erberhard Seidel
  6. ^ Authors page at Random house.
  7. ^ Authors page at Berghan books.
  8. ^ "Rolf Hosfeld, Historian, Director of Lepsiushaus Dies". MirrorSpectator. 26 January 2022. Diakses tanggal 26 January 2022.