Rodan (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rodan
Poster rilis teater
Nama lainSora no Daikaijū Radon (空の大怪獣 ラドン)
SutradaraIshirō Honda
ProduserTomoyuki Tanaka
SkenarioTakeshi Kimura
Takeo Murata
CeritaKen Kuronuma
PemeranKenji Sahara
Yumi Shirakawa
Penata musikAkira Ifukube
SinematograferIsamu Ashida
PenyuntingKôichi Iwashita
Robert S. Eisen
Perusahaan
produksi
DistributorToho
Tanggal rilis
  • 26 Desember 1956 (1956-12-26)
Durasi82 menit
NegaraJepang
BahasaBahasa Jepang
Anggaran¥200 juta[1]
Pendapatan
kotor
¥143 juta[2]

Rodan (Jepang: 空の大怪獣 ラドン, Hepburn: Sora no Daikaijū Radon, terj. har.'Giant Monster of the Sky Rodan') adalah film kaiju Jepang tahun 1956 yang disutradarai oleh Ishirō Honda, dengan efek khusus oleh Eiji Tsuburaya. Diproduksi dan didistribusikan oleh Toho Studios, film ini adalah film kaiju pertama Toho yang dibuat dalam warna, dan merupakan salah satu dari beberapa film monster raksasa yang mendapatkan penonton di luar Jepang. Film ini dibintangi oleh Kenji Sahara dan Yumi Shirakawa. Di Amerika Serikat, film ini dirilis pada tahun 1957 sebagai Rodan! The Flying Monster!.

Plot[sunting | sunting sumber]

Di desa kecil penambangan Kitamatsu, dekat kaki bukit Gunung Aso di pulau Kyushu Jepang selatan, dua penambang hilang. Kedua pria itu, Goro dan Yoshi, berkelahi sebelumnya pada hari itu (film tersebut menyiratkan bahwa keduanya telah bertengkar hebat selama beberapa waktu) dan setelah mereka memasuki tambang untuk memulai giliran mereka, lubang tersebut tergenang. Shigeru Kawamura, seorang insinyur terowongan dan keselamatan di tambang, menuju ke bawah untuk menyelidiki dan menemukan mayat Yoshi yang terkoyak.

Di atas tanah, seorang dokter memeriksa Yoshi, dan menemukan penyebab kematiannya adalah serangkaian luka dalam disebabkan oleh benda tajam yang tidak normal. Beberapa penambang dan keluarganya mulai membicarakan kemungkinan keterlibatan Goro dalam kematian tersebut.

Dua penambang lokal dan seorang polisi kemudian diserang dan dibunuh oleh seorang penyerang tidak terlihat di genangan lubang. Tubuh mereka ditemukan dan diperiksa, dan dokter mengumumkan bahwa mereka juga dibunuh oleh benda tajam. Malam itu, Shigeru dan tunangannya Kiyo diserang oleh Meganulon, spesies serangga larva raksasa di rumah Kiyo.

Polisi mulai memburunya, dan makhluk itu membunuh dua petugas sebelum melarikan diri ke tambang. Polisi dan Shigeru memperhatikan bahwa luka para petugas sesuai dengan luka orang yang terbunuh. Shigeru, ditemani oleh polisi dan tentara, menuju ke tambang, tempat mereka menemukan tubuh Goro yang telah dibantai dan dikejar oleh monster serangga. Shigeru menghancurkan makhluk itu dengan gerobak tambang yang melaju, tetapi setelah monster serangga lain muncul, terowongan itu runtuh, menjebak Shigeru di dalam tambang.

Keesokan harinya, Dr. Kashiwagi mengidentifikasi serangga raksasa itu sebagai Meganuron, spesies purba larva capung. Gempa bumi tiba-tiba melanda daerah tersebut, dan desas-desus mulai beredar bahwa Gunung Aso mungkin akan meletus. Ketika polisi menuju ke gunung berapi untuk menyelidiki kerusakan akibat gempa, mereka menemukan bahwa satu-satunya jalan menuju tambang telah runtuh. Tapi hal yang mengejutkan mereka, mereka juga menemukan Shigeru yang amnesia berkeliaran di sekitar pusat gempa.

Beberapa mil jauhnya, di Kyushu, sebuah pangkalan udara menerima peringatan dari jet tempur. Pilot melaporkan benda terbang tak dikenal yang melakukan manuver mustahil pada kecepatan supersonik di sekitar Gunung Aso. Sesuai perintah supaya ia mengejar objek tetapi objek itu mengitari dan terbang dengan kecepatan supersonik melewati jet, menghancurkannya dan membunuh pilotnya. Setelah memulihkan sisa-sisa jet dan helm pilot, pangkalan tersebut mendapat kabar bahwa sebuah pesawat Inggris telah ditembak jatuh oleh objek udara yang menyerupai UFO supersonik.

Segera setelah itu, lebih banyak insiden dilaporkan, dari Tiongkok, Okinawa, dan Filipina mengenai objek udara yang menyebabkan kehancuran besar dan kemungkinan ditetapkan bahwa dua objek tersebut - masih secara samar-samar dianggap sebagai pesawat terbang, hanya dapat dilihat melalui jejak kondensasi pada ketinggian sangat tinggi - bergerak dalam kondisi predasi.

Di tengah laporan berita terus-menerus tentang serangan misterius ini, pasangan yang baru menikah menghilang di sekitar Gunung Aso, bersama dengan beberapa ternak. Ketika pihak berwenang mengembangkan film dari kamera pengantin baru, mereka menemukan foto yang tampak seperti sayap raksasa. Segera mengesampingkan kemungkinan pesawat terbang, pihak berwenang mencocokkan foto dengan gambar prasejarah Pteranodon dan menduga bahwa UFO tersebut memang makhluk hidup, tetapi mereka menginginkan kesaksian dari Shigeru sebelum mereka dapat menjelaskan secara akurat serangan-serangan ini.

Sementara itu, pemulihan Shigeru berjalan lambat. Suatu hari, di kamar rumah sakit Shigeru, Kiyo menunjukkan kepadanya telur-telur yang disimpan burung peliharaannya. Saat salah satu telur menetas, Shigeru teringat bahwa ia terbangun jauh di dalam tambang setelah runtuh, dan mendapati dirinya dikelilingi oleh gerombolan Meganuron. Di tengah gua terdapat telur raksasa, dari sana Shigeru menyaksikan makhluk burung besar muncul. Kejutan dari ingatan ini menyembuhkan amnesianya.

Setelah turun ke dalam gua bersama polisi dan ilmuwan, Shigeru menemukan pecahan telur kolosal. Kashiwagi memeriksa fragmen di labnya dan mengadakan pertemuan dengan penduduk kota dan anggota Pasukan Bela Diri Jepang. Ia memberi tahu orang-orang bahwa objek yang terlihat terbang dengan kecepatan supersonik adalah pterosaurus yang ia juluki sebagai Rodan. Kashiwagi berteori bahwa uji coba bom nuklir mungkin menjadi penyebab kebangkitan Rodan.

Rodan muncul dari tanah dekat Gunung Aso, terbang, dan menuju Kyushu, dengan sebuah skuadron JASDF pada ekornya. Setelah salah satu sayapnya terluka, Rodan terbang ke Fukuoka, tempat gelombang sonik dan badai angin dari sayapnya menghancurkan kota. Tiba-tiba, JSDF melaporkan bahwa Rodan kedua terlihat menuju kota. Setelah meratakan kota dan membiarkan bangunan yang tersisa terbakar, kedua Rodan terbang ke Gunung Aso. JSDF merumuskan rencana untuk melakukan tembakan militer di dasar Gunung Aso, mengubur hidup-hidup Rodans. Shigeru mundur bersama Kiyo ke tempat aman, dan militer memulai serangannya, memicu letusan gunung berapi. Gunung Aso memuntahkan asap dan lahar ke langit. Sayap Rodan pertama rusak akibat letusan; jatuh menuju aliran lava, tempat makhluk itu mulai terbakar hidup-hidup. Tidak ingin hidup tanpa pasangannya, Rodan kedua menyelam ke dalam letusan untuk bergabung dengan pasangannya menjelang kematian.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Penulisan[sunting | sunting sumber]

Penulis veteran Ken Kuronuma, yang menulis cerita asli untuk film ini, terinspirasi oleh sebuah insiden di Kentucky pada tahun 1948, ketika Kapten Thomas F. Mantell, seorang pilot Kentucky Air National Guard, tewas dalam kecelakaan saat diduga mengejar UFO.[3]

Pengambilan film[sunting | sunting sumber]

Ishirō Honda memberikan instruksi kepada Kenji Sahara dan Yumi Shirakawa, selama pembuatan film.

Ketika merekam adegan Rodan terbang di atas Jembatan Saikai (menghubungkan Kota Saikai dan Kota Sasebo di Kyushu), katrol tempat Haruo Nakajima tergantung rusak. Ia jatuh dari ketinggian dua puluh lima kaki, tetapi sayap dan air, yang dalamnya sekitar satu setengah kaki, menahan sebagian besar benturan.[3]

Sulih suara bahasa Inggris[sunting | sunting sumber]

Narasi utama yang diberikan oleh karakter Shigeru disulihsuarakan oleh aktor Keye Luke, dengan suara tambahan diberikan oleh George Takei (yang kemudian melakukan pekerjaan pengisi suara serupa untuk film Kaiju lainnya, rilisan tahun 1959 berjudul Gigantis, the Fire Monster) dan aktor veteran Paul Frees. Sulih suara dilakukan di Metro-Goldwyn-Mayer Studio di Culver City, CA. Masing-masing dari 4 aktor pengisi suara mengisi 8 atau 9 suara berbeda untuk film tersebut.[4]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Rodan dirilis ulang secara teatrikal di Jepang pada 28 November 1982, sebagai bagian dari peringatan 50 tahun Toho.[5]

Perilisan AS[sunting | sunting sumber]

Poster asli Amerika untuk Rodan.

Rilisan teatrikal tahun 1957 Rodan oleh King Brothers Productions cukup sukses pada penayangan pertamanya di Amerika Serikat. Film itu adalah film Jepang pertama yang menerima perilisan umum di Pesisir Barat membuat penampilan kuat di box-office.[6] Film ini kemudian menerima kampanye iklan TV terbesar yang diberikan kepada sebuah film hingga saat itu di stasiun utama NBC di New York yaitu WRCA-TV, dengan serangkaian iklan promosi, berdurasi 10 sampai 60 detik, yang ditayangkan selama seminggu sebelum penayangan film.[7] Promosi televisi termasuk kontes untuk menyalin garis besar Rodan menggunakan selembar kertas diselenggarakan di layar sementara garis besarnya ditampilkan di layar untuk waktu yang singkat setiap hari.

Media rumahan[sunting | sunting sumber]

Vestron Video merilis Rodan versi AS pada semua format media rumahan yang tersedia (VHS, Betamax, CED, dan LaserDisc) serentak pada pertengahan tahun 1983.[8]

Classic Media merilis versi AS dalam DVD pada tahun 2002, dan sekali lagi pada tahun 2008 sebagai bagian dari fitur ganda dua buah disk dengan The War of the Gargantuas, kali ini termasuk pula versi Jepang dari film tersebut (dengan teks bahasa Inggris opsional).[9]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Box office dan tanggapan kritis[sunting | sunting sumber]

Rodan meraup sekitar $450.000 hingga $500.000 selama akhir pekan pembukaannya di 79 bioskop di wilayah metropolitan New York City. Beberapa sirkuit teater, termasuk RKO, mengumumkan bahwa film tersebut memecahkan rekor box office untuk film fiksi ilmiah.[10]

Menulis untuk Famous Monsters, Joe Dante memasukkan film tersebut ke dalam daftar 50 film horor terburuk pada tahun 1962, menyatakannya sebagai "monster prasejarah rutin (Jepang) lainnya dalam melodrama longgar" yang "lebih rendah dari beberapa produksi AS."[11]

Menulis untuk Turner Classic Movies, kritikus Richard Harland Smith menggambarkan film tersebut sebagai "[meng]gemakan nada suram dari Godzilla, [tetapi] meninggalkan sela dengan sedikit belas kasih raksasa membuat kacau nilai real estat Jepang."[12] Pada ulasannya dalam AllMovie, kritikus Craig Butler menulis bahwa Rodan "layak untuk ditonton" dan bahwa "[seorang] penggemar dari genre ini akan menemukan banyak hal yang disukai" dalam film tersebut.[13] Penulis dan kritikus film Glenn Erickson menulis bahwa film tersebut adalah "sepupu muda dari Romeo dan Juliet" dan "walau[pun] jauh dari sempurna, Rodan memiliki kemurnian dan kekaguman Sci-Fi awal 50-an."[14]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tanaka, Tomoyuki (1983). The Complete History of Toho Special Effects Movies (dalam bahasa Japanese). Toho Publishing. hlm. 124. ISBN 4-924609-00-5. 
  2. ^ Ryfle, Steve; Godziszewski, Ed (2017). Ishiro Honda: A Life in Film. Wesleyan University Press. hlm. 126, 128–129. ISBN 9780819577412. 
  3. ^ a b Ragone, August. Eiji Tsuburaya: Master of Monsters, Chronicle Books, 2007 & 2014, p 50.
  4. ^ Takei, George (1995). To The Stars. The Autobiography of George Takei. New York, New York: Pocket Books. hlm. 135. 
  5. ^ Galbraith IV 2008, hlm. 332.
  6. ^ Staff (May 30, 1958). "Toho's Science-Fiction Team Completes Another Thriller; Tint Entitled 'The H-Man'". Far East Film News. Tokyo, Japan: Rengo Film News Co., Ltd.: 15. OCLC 6166385. 
  7. ^ Staff (April 4, 1958). "Rodan". Far East Film News. Tokyo, Japan: Rengo Film News Co., Ltd.: 4. OCLC 6166385. 
  8. ^ Conte, Robert V. (August 2020). "Godzilla in the Good ol' U.S.A.". RetroFan. United States: TwoMorrows Publishing (10): 72. 
  9. ^ "DVD: Rodan and War of the Gargantuas (Classic Media)". Toho Kingdom. Diakses tanggal December 25, 2022. 
  10. ^ Staff (March 28, 1958). "Toho's 'Rodan' Hits Jackpot in New York". Far East Film News. Tokyo, Japan: Rengo Film News Co., Ltd.: 15. OCLC 6166385. 
  11. ^ Dante, Jr. 1962, hlm. 76-77.
  12. ^ Smith, Richard Harland. "Rodan (1958)". Turner Classic Movies. Turner Classic Movies, Inc. Diakses tanggal 2022-03-10. 
  13. ^ Butler, Craig. "Rodan (1956)". AllMovie. Netaktion LLC. Diakses tanggal 2022-03-10. 
  14. ^ Erickson, Glenn. "DVD Savant Review: Rodan and War of the Gargantuas". DVD Talk. MH Sub I, LLC. Diakses tanggal 2022-03-10. 

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]