Robert Irwin (penulis)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Robert Irwin
Lahir23 Agustus 1946 (umur 77)
Guildford, England
PekerjaanNovelis, sejarawan
BahasaInggris
KebangsaanInggris Raya
AlmamaterEpsom College, University of Oxford
Periode1983–sekarang

Robert Graham Irwin (lahir 23 Agustus 1946) adalah seorang sejarawan, novelis, dan penulis Inggris di bidang sastra Arab.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Irwin kuliah di Epsom College, membaca sejarah modern di University of Oxford, dan melakukan penelitian pascasarjana di School of Oriental and African Studies (SOAS) di bawah pengawasan Bernard Lewis. Tesisnya adalah tentang Kesultanan Mamluk dan penaklukan kembali negara Tentara Salib, tetapi dia gagal menyelesaikannya.[2] Selama studinya, dia masuk Islam dan menghabiskan beberapa waktu di sebuah biara darwis di Aljazair.[3][4] Sejak 1972 dia menjadi dosen sejarah abad pertengahan di Universitas St. Andrews.[2] Dia meninggalkan kehidupan akademik pada tahun 1977 untuk menulis fiksi, sambil melanjutkan kuliah paruh waktu di Oxford, Cambridge dan SOAS.[2] Irwin saat ini menjadi rekan peneliti di SOAS,[5] dan editor Timur Tengah dari The Times Literary Supplement. Dia telah menerbitkan sejarah Orientalisme dan merupakan pakar yang diakui dalam The Arabian Nights.[6]

Banyak novel Irwin berfokus pada tema-tema Arab. Ini termasuk novel fantasi gelap pertamanya yang terkenal The Arabian Nightmare, yang terinspirasi oleh Jan Potocki's The Manuscript Found in Saragossa.[7][8] Novel-novel selanjutnya akan berfokus pada subjek yang beragam, seperti Surrealisme Inggris (Exquisite Corpse) dan Setanisme di Swinging London (Satan Wants Me). Sebuah karakter dari "Satan Wants Me", Charlie Felton, menjadi cameo di episode tahun 1969 dari komik "League of Extraordinary Gentlemen.[9] Alan Moore, pembuat komik, menggambarkan Irwin sebagai "penulis yang fantastis".[10]

Orientalisme[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2006, Irwin menerbitkan For Lust of Seeing: The Orientalists and their Enemies, kritiknya terhadap buku karya Edward Said, Orientalisme (1978). Di antara berbagai poin, dia berpendapat bahwa Said memfokuskan perhatiannya pada Inggris dan Prancis dalam kritiknya terhadap Orientalisme, sedangkan para sarjana Jermanlah yang memberikan kontribusi awal. Dia mencatat bahwa Said mengaitkan Orientalisme akademik di negara-negara tersebut dengan desain imperialis di Timur Tengah, namun, pada abad ke-19 dan awal abad ke-20, lebih tepat untuk menganggap Rusia sebagai sebuah kekaisaran yang memiliki desain imperialis di Kaukasus wilayah dan Asia Tengah. Irwin berpendapat bahwa masalah desain imperialis Rusia yang sebenarnya dihindari oleh Said.[11] Poin penting Irwin lainnya adalah bahwa ilmu pengetahuan oriental, atau "Orientalisme", "berhutang lebih banyak pada keilmuan Muslim daripada yang disadari kebanyakan Muslim."[12]

Maya Jasanoff dalam London Review of Books berargumen: "...koreksi faktual Irwin, betapapun bermanfaatnya, tidak terlalu meruntuhkan klaim teoretis dari Orientalisme sebagai chip Mereka juga tidak mengurangi kesuburan Orientalisme bagi akademisi lain. Karya-karya yang paling menggugah pemikiran yang diilhaminya tidak secara membabi buta menerima proposisi Said, tetapi telah memperluas dan memodifikasinya".[13]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stableford, Brian (2009), "Robert Irwin", Against the New Gods and Other Essays on Writers of Imaginative Fiction, The Borgo Press, p. 138.
  2. ^ a b c "Robert Irwin Interview". Resources for Studying the Crusades. Queen Mary, University of London. 
  3. ^ Jelbert, Steve (17 April 2011). "Memoirs of a Dervish, By Robert Irwin". The Independent. Diakses tanggal 6 July 2015. 
  4. ^ Favorov, Pyotr (6 July 2015). ""Я плохой мусульманин": интервью автора "Арабского кошмара" Роберта Ирвина" (dalam bahasa Rusia). Afisha. Diakses tanggal 6 July 2015. 
  5. ^ "Mr Robert Irwin". Department of History: Departmental Staff. SOAS, University of London. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-01-08. Diakses tanggal 2023-05-27. 
  6. ^ Jakeman, Jane (10 April 1999). "The Books Interview: Robert Irwin - No sympathy for the devil". The Independent. 
  7. ^ The 2002 reprint of The Arabian Nightmare carries praise from the Washington Post, the Sunday Times and The Guardian.
  8. ^ Stableford, Brian, "Irwin, Robert (Graham)" in St. James Guide To Fantasy Writers, edited by David Pringle. St. James Press, 1996, p. 301–3.
  9. ^ Nevins, Jess. "Annotations to "League of Extraordinary Gentlemen" Volume III Chapter Two, a.k.a. Century: 1969". 
  10. ^ Moore, Alan (14 July 2011). "A couple of extraordinary gentlemen chat: Padraig talks to Alan Moore about the new LOEG Century". Forbidden Planet International. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-09-10. Diakses tanggal 2023-05-27. 
  11. ^ Grimes, William (1 November 2006). "The West Studies the East, and Trouble Follows". The New York Times. 
  12. ^ Irwin, Robert (23 January 2008). "Islamic science and the long siesta: Did scientific progress in the Islamic world really grind to a halt after the twelfth century? (A review of Muzaffar Iqbal's SCIENCE AND ISLAM)". The Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 May 2011. 
  13. ^ Jasanoff, Maya (8 June 2006). "Before and After Said". London Review of Books. 28 (11). 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]