Rizali Wilmar Indrakesuma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Rizali Wilmar Indrakesuma yang populer dengan nama Rojali adalah musikus yang juga duta besar berkebangsaan Indonesia. Namanya dikenal secara luas ketika bergabung dalam orkes moral Pancaran Sinar Petromaks dan band Chaseiro, dasawarsa 1970-an. Rizali juga pernah menjabat sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh yang ditugaskan di India sejak 2012 sampai dengan 2017.[1][2]

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Rizali yang populer dengan nama Rojali dikenal sebagai pencipta lagu Pergi Ke Kampus yang pernah hits tahun 80-an bersama grup Orkes Moral Pancaran Sinar Petromak (PSP). Namun 25 tahun kemudian Rojali memilih meninggalkan dunia hiburan, dan meniti karirnya di dunia diplomatik. Rizali Wilmar Indrakesuma lebih tertarik dan tertantang berdiplomasi di dunia internasional daripada beraksi di atas panggung hiburan. Atas kinerjanya yang bagys, mantan personel band Chaseiro itu dipercaya menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk India.

Dalam diri Rojali memang mengalir darah diplomat seperti ayahnya, Agus Indrakesuma. Namun Rojali merasa tidak diarahkan. Cita-cita untuk menjadi diplomat itu, lahir sejak masih duduk dibangku SMA. Beruntung kala itu Rojali masuk menjadi salah seorang mahasiswa angkatan pertama di jurusan Hubungan Internasional Universitas Indonesia.

Rojali menyerap banyak pelajaran dan kesan baik yang diperolehnya dalam setiap tugasnya sebagai Diplomat. Ia banyak belajar tentang tata cara kehidupan banyak bangsa juga nilai-nilai kemanusiaan, terutama jika membandingkan negara maju seperti Amerika Serikat dan India.

Karier[sunting | sunting sumber]

Rojali pertama kali bertugas di bidang urusan luar negeri ketika diangkat sebagai Direktur Asia Selatan dan Tengah. Ia mencatatkan prestasi berhasil menandatangani 14 MoU antar-pemerintah dan 18 MoU antar-pihak swasta dan pemerintah daerah. Dengan nilai MoU mencapai 15 miliar dollar Amerika Serikat. Sebagai diplomat karir, Rojali dua kali ditugaskan di Amerika Serikat yaitu di New York dan Houston. Setelah bertugas di Amerika, pemerintah menugasi Rojali menjabat sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh di India sejak 14 November 2012.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Merah Putih: Ini Artia yang Jadi Duta Besar, diakses 3 Februari 2019
  2. ^ Entertainment Kompas: Kampung Halaman Rizali Indrakesuma, diakses 3 Februari 2019