Rinan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wilayah Kekuasaan Han, sekitar tahun 2 Masehi. (Rinan tidak ditampilkan.)

Rinan (Hanzi: 日南, p Rìnán; bahasa Vietnam: Nhật Nam), awalnya dikenal sebagai Jih-nan, adalah sebuah wilayah kekuasaan Tiongkok Han di Jiaozhi. Wilayah tersebut terletak di wilayah tengah Vietnam modern antara Nghệ An dan Provinsi Quảng Trị. Wilayah tersebut diurus oleh seorang mandarin lokal di bawah naungan ibu kota provinsi di Leilou atau Longbian (setelah kr.ad 200) dekat Hanoi modern. Wilayah tersebut merupakan bagian dari pemberontakan Trưng Trắc pada tahun 39 Masehi.

Di bawah pemerintahan Han Barat, tercatat terdapat 14,000 rumah tangga atau 69,000 orang di kawasan tersebut. Beberapa kedutaan besar dari Roma (Da Qin) pada abad ke-1 dan ke-2 – termasuk dari Marcus Aurelius pada tahun 166 Masehi – tercatat datang ke Rinan, melalui laut lewat India.[1]

Pada tahun 264 Masehi, saat pembagian Jiaozhi oleh kaisar Wu dari Jin, Rinan ditempatkan di bawah Jiaozhou (kawasan).[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hill, John E. Through the Jade Gate to Rome: A Study of the Silk Routes during the Later Han Dynasty, 1st to 2nd Centuries CE, pp. 27 ff. BookSurge (Charleston), 2009. ISBN 978-1-4392-2134-1.
  2. ^ Vu Dinh Dinh. "Cochinchina: Reassessment of the Origin and Use of a Westernized Place Name". The Writers Post, vol. 9, Jan & Jul 2007.