Rikas Harsa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rikas Harsa
LahirRikas Harsa
7 Juli 1981 (umur 42)
Palembang, Indonesia
PekerjaanModel, Aktor
Tahun aktif2010 - sekarang

Rikas Harsa (lahir 7 Juli 1981) adalah aktor dan model berkebangsaan Indonesia yang merupakan pemenang kontes L-Men of The Year pada tahun 2010. Ia mewakili Indonesia dalam kontes Mister Universe Model 2011 yang diselenggarakan di Punta Cana, Republik Dominika pada bulan Mei 2011, dan ia diganjar Best National Costume dan meraih posisi Top 15.

Profil[sunting | sunting sumber]

Sebelum terjun ke dunia entertainment, Rikas sebelumnya bekerja sebagai manajer pemasaran untuk suatu perusahaan otomotif di Lampung. Sesuai dengan pekerjaannya, ia menyukai berkedaraan motor besar dan berangan-angan melakukan touring keliling Indonesia dan luar negeri dengan motor besar yang dia miliki. Motor besar adalah "Passion" nya dan terinspirasi dari cuplikan video "Long Way Round" yg dibintangi oleh Charley Boorman & Ewan McGregor, dimana mereka melalukan ekspedisi dari London sampai dengan New York menggunakan transportasi roda dua alias motor besar. Suatu hari, Rikas pun berkeinginan untuk mencapai impian tersebut. Di akhir pekan, ia menghabiskan waktu nya bergabung dengan komunitas motor besar lainnya.

Studi akademi pernah dilakukannya di Australia dan disana ia juga aktif mengikuti berbagai macam kompetisi karate aliran Shotokan, bahkan sudah meraih lebih dari 20 medali pada kejuaraan Shotokan Karate International of Western Australia & Shotokan Karate National Competition pada tahun 1998–2002.

Sekembalinya dari Australia ia mendalami olahraga tinju dan fitness. Ia menjadi peserta event L-Men of the Year pada tahun 2009 namun tidak berhasil lolos. Pada tahun 2010, Rikas kembali mengikuti event tersebut dan mendapatkan prestasi Winner L-Men of the Year 2010 sebagai perwakilan kota Bandar Lampung.

Setelah mendapatkan gelar Winner L-Men of the Year 2010, tentunya pintu dunia entertainment & job iklan terbuka lebar. Berbagai FTV dan Sinetron dia jalankan hingga saat ini. Dengan basic kemampuan bela diri yang dia miliki sebelumnya, tidak heran jika beberapa judul FTV & Sinetron yang ditayangkan bercampur dengan nuansa drama & fighting.

Selain passion terhadap motor besar, Rikas juga cinta akan olahraga scuba diving dan travelling. Melihat keindahan dalam & luar negeri menjadi momen "refreshing" baginya. Bahasa asing seperti bahasa Jepang juga ditekuninya dan dia berkeinginan untuk kembali berkunjung ke negara Sakura pada masa mendatang.

Pada 13 Agustus 2022, Rikas dipercaya menjadi salah satu juri pada L-Men of The Year edisi ke-16 yang ditayangkan secara langsung di stasiun televisi Trans7 dan diselenggarakan di Balai Sarbini, Jakarta, Indonesia.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Sinetron[sunting | sunting sumber]

FTV[sunting | sunting sumber]

Serial web[sunting | sunting sumber]

Prestasi[sunting | sunting sumber]

  • 1st Winner L-Men of The Year 2010
  • Mister Universe Model 2011 – Top 15 dan Best National Costume di Punta Cana, Dominican Republic
  • Best Top 40 Operational Manager Suzuki Roda Dua Tingkat Nasional (2006)
  • 2 Emas, 2 Perak dan 1 Perunggu – Kejuaraan Karate Tingkat Nasional (1999–2002)
  • 6 Emas, 5 Perak dan 4 Perunggu – Kejuaraan Karate Tingkat Daerah

Acara Televisi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Steven Yoswara
(2009)
L-Men of The Year
2010
Diteruskan oleh:
Rayhan Febrian
(2011)