Rik Launspach

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Johannes "Rik" Launspach (lahir di Arnhem, 19 Juli 1958; umur 60 tahun) adalah pemeran dan penulis skenario Belanda. Pada tahun 1985, ia lulus dari Amsterdamse Toneelschool (kini De Theaterschool).

Ia memulai debut di Toneelgroep Centrum pada pertunjukan Mata Hari yang diselenggarakan oleh Ton Vorstenbosch. Di televisi, ia sering terlihat di sinetron dan film televisi seperti Bij Nader Inzien, In naam der Koningin, Het Jaar van de Opvolging, De Partizanen, Meiden van De Wit dan Van Speijk. Pada tahun 1993, ia memenangkan Gouden Kalf untuk Pemeran Pria Terbaik dalam film Oeroeg. Bersama isterinya Marjolein Beumer, ia menulis skenario, seperti film Bezet (2004) dan serial drama NPS Moes. Pada tahun 2005, ia muncul dalam film Manderlay, di mana ia bermain bersama-sama Danny Glover, Willem Dafoe, dan Lauren Bacall.

Pada tahun 2009, roman pertamanya 1953 diterbitkan oleh De Bezige Bij. Roman tersebut berlatar belakang banjir Laut Utara 1953. Buku tersebut mendasari film De Storm, yang skenarionya ditulis oleh Launspach dan isterinya. Roman 1953 diganjar Hadiah Bulu Zeeland pada bulan Oktober 2009.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]