Ries Mulder

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ries Mulder

Marinus (Ries) Mulder (IJsselstein, 1 Januari 1909 - IJsselstein, 19 Desember 1973) adalah seorang pelukis Belanda. Dia mengembangkan suatu gaya Kubisme. Karena dia mengajar di Indonesia, dia memiliki pengaruh besar atas seni lukis modern di Indonesia.

Periode Belanda sampai 1940[sunting | sunting sumber]

Ries dibesarkan dalam keluarga dengan sepuluh anak. Setelah tiga tahun di HBS dia belajar melukis di Utrecht. Pada akhirnya ia memutuskan untuk menjadi seorang pelukis. Ries magang ke pelukis Piet van Wijngaerdt. Dia juga melakukan kontak dengan Otto van Rees (pelukis), Lambert Simon dan Charles Eyck. Antara tahun 1933 dan 1939, ia membantu Charles Eyck dalam membuat beberapa lukisan dinding, termasuk lukisan dinding di biara Genazzano dari para suster Augustinian di Utrecht dan di gereja-gereja di Limburg (termasuk Sint-Hubertuskerk (Genhout). Ries juga berkontribusi pada penyerahan itu. van Charles Eyck di Pameran Dunia di Paris pada tahun 1937. Dari tahun 1936 hingga 1939, ia berpartisipasi dalam berbagai pameran kelompok yang disebut "Pemuda Utrecht", juga dikenal sebagai "Sekolah Utrecht". Banyak dari pameran ini diselenggarakan oleh Art Love Society (didirikan 1807), yang masih berlokasi di Nobelstraat 12 di Utrecht. Selama ini, Ries terutama melukis pemandangan dan benda mati. Ia juga berpameran di Consthuys Sint Pieter, Achter Sint Pieter, 16 di Utrecht. Pameran ini memiliki moto “ Seni tidak harus mahal dan tahun pertama harga sebuah karya seni maksimal 25 gulden harga dinaikkan menjadi 50 gulden pada tahun 1937. Karya Breitner, Paul Citroen, Wally Moes, Otto van Rees dan banyak lainnya dipajang. Pada pertengahan tiga puluhan ia berbagi studio di 55 Oude Gracht dengan Otto van Rees dan Gerrit Rietveld. Studio ini terletak di atas kantor penerbit majalah “Komunitas, majalah bulanan untuk Rekonstruksi Katolik”. Dari majalah ini muncul divisi “The New Community” dimana Ries membuat beberapa ilustrasi. Ia juga banyak membuat karya antara lain De Windroos 1940 (buku tahunan untuk pemuda Katolik) dan Zonnewijzer 1940 (Almanak untuk keluarga Katolik).

Otto van Rees (sudah dipengaruhi oleh kubisme ) dan Charles Eyck mendorongnya untuk melanjutkan lukisan figuratifnya.

Periode Indonesia 1940-1946[sunting | sunting sumber]

Tahun 1940 Ries diajak seorang sahabat membuat kunjungan penelitian di Indonesia. Kutipan dari wawancara di Utrechts Nieuwsblad: ”Di satu sisi saya sangat ingin tahu tentang Hindia, lanskap tropis dan orang-orang di sana, di sisi lain saya suka Belanda, langitnya dan suasananya yang indah …”. 7 Februari 1940 ia berangkat dengan kapal dari Trieste, Itali. Dia mengambil empat puluh lukisan benda mati, interior, dan lanskap Limburg di Belanda. Lukisan-lukisan ini sayangnya hilang selama pendudukan Indonesia oleh Jepang. Ries Mulder sempat tinggal di Magelang dan Jakarta. Di sini ia menerima banyak komisi potret dari keluarga kaya Cina. Dia ingin kembali setelah satu tahun, tetapi perang membuatnya tujuh tahun. Selama lima tahun ia dipenjarakan di kamp interniran Jepang Tjilatjap, Tjimahi (Cimahi) dan Pekanbaru, di mana ia bekerja sebagai perawat barak atau di rumah sakit militer. Di kamp Cimahi dia membuat banyak set panggung dari bahan sederhana.

Periode Belanda 1946-1948[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1946 Ries kembali ke Belanda dan berbagi studio dengan Otto van Rees di Utrecht. Bersama Daan Wildschut, ia kembali membantu Charles Eyck, kali ini dengan pengecatan dinding dan langit-langit Onze-Lieve-Vrouwekerk (Helmond).[1]

Selama periode ini Ries mengembangkan gaya Kubismenya sendiri.[2]

1950 Stilleven met fruitschaal

Periode Indonesia 1948-1958[sunting | sunting sumber]

Di masa perang Ries di kamp tawanan Jepang sempat berkenalan dengan bertemu dan bersama-sama mereka membuat rencana untuk memulai pelatihan guru seni di Bandung. Akhirnya, pada tahun 1947, Simon Admiraal mendapat izin dari Pemerintah Belanda untuk memulai Kursus Universitas Guru Seni di Bandung. Pada tahun 1948 Ries diundang oleh Departemen Pendidikan. Ia mengawali kariernya sebagai guru seni lukis dan apresiasi seni rupa di Bandung. Pelatihan tersebut ditujukan bagi pelajar Indonesia yang selama ini hanya bisa pergi ke luar negeri untuk mengikuti pelatihan tersebut. Pada tahun 1950 pelatihan guru seni berubah menjadi akademi seni rupa: Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI). Pelatihan ini merupakan bagian dari Universitas Teknik Bandung, saat ini Institut Teknologi Bandung. Guru pendamping adalah Simon Admiraal (menggambar), Piet Pijpers (kerajinan tangan) dan Jack Zeylemaker (menggambar dekoratif). Metode pengajaran dikembangkan oleh Ries sendiri Selama sebelas tahun Ries tinggal di Indonesia, ia terus mengerjakan gaya khasnya. Sebelum perang ia terutama membuat lukisan figuratif dan impresionistik, tetapi karyanya sekarang menjadi semakin abstrak dan pengaruh Otto van Rees dan Charles Eyck terlihat jelas. Georges Braque dan Picasso juga menginspirasinya. Subyek ditata menjadi bentuk geometris sudut, dipisahkan satu sama lain oleh garis hitam tajam (kaca patri). Periode Bandung-nya diwarnai dengan gaya modernis cole de Paris, kemudian gaya Kubisme berubah menjadi susunan kanvas geometris-abstrak yang ketat. Gayanya sangat modern dibandingkan dengan kebanyakan pelukis Belanda lainnya di Indonesia.

Secara alami, murid-muridnya terpengaruh oleh hal ini; Sampai saat itu, seniman Indonesia lebih banyak melukis secara kiasan, ekspresionis, atau impresionistis.

Ries Mulder, baik sebagai pelukis dan dosen, mulai memasukkan seni abstrak ke dalam pengajarannya di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1950-an, sehingga melahirkan generasi seniman baru, seperti But Muchtar, Mochtar Apin, Ahmad Sadali dan Rita Widagdo. Pengaruh Barat muncul dalam karya abstrak awal Indonesia.[3] Beberapa murid Ries Mulder kemudian menjadi seniman terkenal:

Pengaruh Ries Mulder terhadap perkembangan seni rupa modern Indonesia sangat besar. Melalui gaya dan caranya mengajar sejarah seni rupa dan apresiasi seni rupa, para seniman muda Indonesia berkenalan dengan Barat. Bagi dunia seni konservatif Bandung, gaya ini sangat modern. Elit Belanda dan Indonesia yang berorientasi internasional sangat menghargai karya ini. Bandung sangat ingin mengikuti perkembangan internasional di bidang teknologi dan seni. Pada tahun 1954 Ries Mulder mengadakan pameran tunggal di Kunstkring Bandungse.

Periode Belanda 1959-1973[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1958 Sukarno memutuskan semua hubungan dengan Belanda karena Belanda menolak menyerahkan Papua Nugini kepada Indonesia. Belanda di Indonesia diberi pilihan: mengambil kewarganegaraan Indonesia atau meninggalkan negara itu. Ries Mulder memutuskan untuk kembali ke Belanda pada tahun 1959, yang membuat murid-muridnya kecewa. Dari tahun 1959, Ries Mulder tinggal bersama tiga saudara perempuannya di rumah di Achtersloot di IJsselstein. Sulit baginya untuk kembali ke Belanda. Dia melakukan banyak perjalanan ke Dordogne, Spanyol dan Afrika Utara. Karyanya kemudian terutama terdiri dari pemandangan kota dalam warna pastel lembut, dibangun di bidang geometris dan dipisahkan satu sama lain oleh kontur hitam. Ries Mulder meninggal pada tahun 1973 di IJsselstein. Setelah kematiannya, retrospeksi karyanya diadakan pada tahun 1994 di Museum Kota IJsselstein. Pada tahun 2009 beberapa lukisannya dan beberapa detail pribadinya dipamerkan di pameran "Beyond the Dutch: Indonesia, the Netherlands and the visual arts from 1900 to present" di Centraal Museum di Utrecht.[5]

Sumber[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Artis dan pasangan Roelof (Bahasa Belanda). Jan. 2011 in The Commandery Gemert [1]
  2. ^ The Journey of Indonesian Painting: The Bentara Budaya Collection, 2008, p 71. [2]
  3. ^ Abstract Artists Showcase Work at National Gallery Exhibition, Keeping Movement Alive. Dhania Saratika, 30.Oktober 2017, Jakartra Globe. [3]
  4. ^ A.D.Pirous: National Galeri Indonesia |http://galeri-nasional.or.id/en/artist/387-ad_pirous
  5. ^ Beyond the Dutch. Meta Knol; R Raben; Kitty Zijlmans. KIT Publishers, Amsterdam, 2009. [4]