Rewi Alley

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rewi Alley
Beijing, Rewi Alley portrait.jpg
Potret Rewi Alley karya Deng Bangzhen. Berlokasi di kantor Asosiasi Rakyat Tiongkok untuk Persahabatan dengan Negara-Negara Asing, Factory Street, Dongcheng, Beijing. Kantor ini dulu pernah bertempat di Kedutaan Besar Italia, kemudian pindah ke kediaman Rewi Alley.
Lahir(1897-12-02)2 Desember 1897
Springfield, Canterbury, Selandia Baru
Meninggal27 Desember 1987(1987-12-27) (umur 90)
Beijing

Rewi Alley QSO, MM (dikenal di Tiongkok dengan nama 路易•艾黎, Lùyì Àilí, 2 Desember 1897 – 27 Desember 1987) adalah seorang penulis dan aktivis politik kelahiran Selandia Baru.

Ia merupakan seorang anggota Partai Komunis Tiongkok dan telah mengabdikan 60 tahun hidupnya untuk tujuan tersebut, serta merupakan tokoh kunci dalam pendirian Koperasi Industri Tiongkok dan sekolah pelatihan teknis, termasuk Universitas Bailie Beijing. Alley adalah seorang penulis yang produktif mengenai Tiongkok di abad ke-20, dan terutama tentang revolusi Komunis. Dia juga menerjemahkan banyak puisi Tiongkok.

Tentang puisi Tiongkok itu Alley mengatakan: "Menerjemahkan puisi Tiongkok adalah cara saya berkontribusi. Ada begitu banyak hal yang terjadi di Tiongkok. Saya merasa harus membantu orang lain untuk memahami. Saya bukan seorang penulis apalagi penyair. Tetapi ini adalah hasil karya saya. Anda tahu, kadang-kadang butuh waktu berjam-jam untuk menyelesaikan satu halaman."

Kematian dan Warisan[sunting | sunting sumber]

Dia meninggal di Beijing pada 27 Desember 1987. Perdana Menteri Selandia Baru David Lange sempat memujinya pada hari perayaan ulang tahunnya yang ke-90, hanya beberapa minggu sebelum kematiannya.[1]

Rumahnya di Beijing sekarang menjadi kantor Asosiasi Rakyat Tiongkok untuk Persahabatan dengan Negara-Negara Asing.

Rumah Peringatan Rewi Alley di Shandan[sunting | sunting sumber]

Replika rumah tempat tinggal Rewi Alley di County Shandan, provinsi Gansu ketika dia menjadi kepala sekolah di Sekolah Shandan Bailie yang asli. Di dalamnya ada sampel barang-barang dan perabotan Rewi, termasuk tempat tidur kang, meja, mesin tik, buku, dan gambar kehidupan di sekolah itu pada tahun 1940-an.[2]

Peringatan di Springfield[sunting | sunting sumber]

Sebuah tugu peringatan ekstensif untuk Rewi Alley juga didirikan di Springfield, Canterbury, Selandia Baru, berupa sebuah batu besar yang diukir dan sejumlah panel yang memberikan rincian hidupnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranal luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Death of Rewi Alley
  2. ^ "Lei Tai, Replica of Rewi Alley's home – Shandan, Gansu Province". China New Zealand Friendship Society.