Asosiasi Rakyat Tiongkok untuk Persahabatan dengan Negara-Negara Asing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Asosiasi Rakyat Tiongkok untuk Persahabatan dengan Negara-Negara Asing (ARTPNA), (Hanzi: 中国人民对外友好协会 atau disingkat menjadi Hanzi: 对外友协) adalah salah satu dari tiga organisasi kebijakan luar negeri utama Republik Rakyat Tiongkok. Tujuannya adalah untuk mempromosikan persahabatan dan saling pengertian antara orang-orang Tiongkok dan negara-negara asing.[1]

Organisasi ini didirikan pada bulan Mei 1954. Pemimpinnya saat ini adalah Li Xiaolin, putri dari mantan Presiden Tiongkok, Li Xiannian.[1] Pemimpin asosiasi ini diambil dari tokoh yang menduduki peringkat atas Partai Komunis Tiongkok.

Tokoh Kunci[sunting | sunting sumber]

Ketua Kehormatan

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Republik Rakyat Tiongkok yang didirikan pada tanggal 1 Oktober 1949 menyadari bahwa hubungan sesama negara pertama-tama harus didasarkan pada persahabatan dan pertukaran budaya, olahraga, serta ekonomi, oleh karena itu pada tahun 1954 Tiongkok membentuk sebuah organisasi yang sekarang dikenal sebagai ARTPNA ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Foreign Affairs Organisations", Ministry of Foreign Affairs of the People's Republic of China, November 15, 2000, retrieved April 30, 2011.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]