Respect (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Respect
Poster film Respect
SutradaraLiesl Tommy
ProduserScott Bernstein
Harvey Mason Jr.
Jonathan Glickman
Stacey Sher
Ditulis olehTracey Scott Wilson
CeritaCallie Khouri
Tracey Scott Wilson
PemeranJennifer Hudson
Forest Whitaker
Penata musikKris Bowers
SinematograferKramer Morgenthau
PenyuntingAvril Beukes
Perusahaan
produksi
Metro-Goldwyn-Mayer
Bron Creative
Glickmania
One Community
DistributorUnited Artists Releasing
(Amerika Serikat)
Universal Pictures
(internasional)
Tanggal rilis
  • 8 Agustus 2021 (2021-08-08) (Los Angeles)[1]
  • 13 Agustus 2021 (2021-08-13) (Amerika Serikat)
Durasi145 menit[2]
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$55 juta[3]
Pendapatan
kotor
$32.882.823[4][5]

Respect adalah film biografi drama musikal Amerika Serikat tahun 2021 yang disutradarai oleh Liesl Tommy dan diproduseri oleh Scott Bernstein, Harvey Mason Jr., Jonathan Glickman dan Stacey Sher. Naskah film ini ditulis oleh Tracey Scott Wilson, sedangkan ceritanya ditulis oleh Callie Khouri dan Tracey Scott Wilson berdasarkan kisah hidup legenda musik Aretha Franklin. Film ini dibintangi oleh Jennifer Hudson dan Forest Whitaker.

Mulanya film Respect dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 25 Desember 2020 secara terbatas dan 8 Januari 2021 secara luas.[6] Tetapi karena pandemi COVID-19, akhirnya film ini ditayangkan secara perdana di Los Angeles pada tanggal 8 Agustus 2021[1] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 13 Agustus 2021 secara luas.[7] Film ini mendapatkan ulasan positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1952, Aretha Franklin (Skye Dakota Turner) yang berusia 10 tahun tinggal bersama ayahnya, C.L. (Forest Whitaker), seorang pendeta gereja baptis terbesar di Detroit, serta saudara-saudaranya, Cecil (Leroy McClain), Erma (Saycon Sengbloh) dan Carolyn (Hailey Kilgore). Ayah Aretha sering menyuruhnya bernyanyi untuk pesta di rumah mereka, sedangkan ibunya, Barbara (Audra McDonald), yang berpisah dari C.L., mengajarinya agar ia mandiri. Tindakan pelecehan seksual dari seorang teman keluarganya disertai dengan kematian mendadak Barbara membuat Aretha trauma dan berhenti berbicara selama berminggu-minggu hingga ayahnya menuntut agar ia bernyanyi di gereja.

Tujuh tahun kemudian, Aretha remaja (Jennifer Hudson) menjadi orang tua tunggal dari dua anak laki-lakinya, tetapi ia menolak menyebutkan nama ayah mereka. Melakukan perjalanan tur sebagai penyanyi gospel dengan teman keluarganya, Martin Luther King Jr. (Gilbert Glenn Brown), ia bertemu produser lokal Ted White (Marlon Wayans), tetapi C.L. memperingatkan Aretha untuk menjauhi Ted. C.L. mengejutkan Aretha dengan pertemuan dengan eksekutif Columbia Records John Hammond (Tate Donovan). Aretha menerima kontrak untuk rekaman lagu jazz, termasuk lagu "Ac-Cent-Tchu-Ate the Positive".

Empat album kemudian, Aretha tidak memiliki album bertanda tangan. Di sebuah klub, ia mencoba untuk menghormati teman dari keluarganya, Dinah Washington (Mary J. Blige), dengan membawakan salah satu lagu Dinah. Dinah tiba-tiba marah dan menyarankan Aretha untuk mencari lagu-lagu yang menggugah hatinya. Berusaha dengan kendali ayahnya, Aretha memulai hubungan dengan Ted. Ia membawa Ted untuk bertemu dengan keluarga Aretha hingga C.L. hampir menembak Ted, tetapi ia mengumumkan Ted sebagai manajernya.

Dua tahun kemudian, Ted dan Aretha menikah dan memiliki seorang anak. Setelah sembilan album tanpa kesuksesan nyata, Aretha dikeluarkan oleh Columbia Records. Ted mendapatkan kesepakatan dengan produser veteran Jerry Wexler (Marc Maron) dari Atlantic Records, yang memperkenalkannya kepada sekelompok musisi kulit putih di Muscle Shoals pada tahun 1967. Di sana, Aretha merekam lagu "I Never Loved A Man (The Way I Love You)", tetapi Ted yang cemburu menjadi kasar terhadapnya.

Kembali ke Detroit dengan mata yang lebam, Aretha berdamai dengan keluarganya. Menyadari lagunya telah dirilis dan menjadi lagu pertamanya yang sukses, Aretha mendapatkan peran penting dalam kariernya. Ia menjadikan Carolyn sebagai penyanyi cadangan baru dan terlepas dari keraguan mereka, ia berdamai kembali dengan Ted. Aretha dan Carolyn terinspirasi untuk mengaransemen ulang lagu "Respect" karya Otis Redding hingga versi mereka menjadi lagu nomor atas dan menjadikan Aretha seorang penyanyi terkenal pada ulang tahunnya yang ke-25.

Pada konser di Detroit, Martin Luther King Jr. menghormati Aretha atas dukungannya terhadap Gerakan Hak Sipil, dengan menyatakan bahwa tanggal 16 Februari sebagai "Hari Aretha Franklin". Aretha memiliki lagu terkenal lainnya yang berjudul "(You Make Me Feel Like) A Natural Woman", tetapi kariernya dipersulit oleh perilaku Ted yang semakin labil. Memulai tur Eropa pada tahun 1968, Aretha melihat cerita sampul majalah Time tentang kekerasan Ted dan ia akhirnya mengusir Ted dari hidupnya.

Berkencan dengan manajer turnya, Ken Cunningham (Albert Jones), Aretha akhirnya memiliki anak keempat. Setelah pembunuhan Martin Luther King Jr., ayah Aretha yang mabuk berdebat dengannya tentang arah Gerakan Hak Sipil dan memberitahunya bahwa Aretha tidak lagi berjalan dalam roh. Aretha tetap merilis lagu-lagunya, tetapi ia terlalu banyak bekerja dan mengatasi tekanan melalui alkohol serta menolak upaya keluarganya untuk membantunya.

Selama pertunjukan di luar negeri lainnya, Aretha yang mabuk jatuh dari panggung. Aretha yang tidak sadarkan diri dihibur oleh visi mendiang ibunya. Aretha menemukan kekuatan untuk berhenti mabuk, membuat Ken berdamai dengannya dan kembali melakukan tur. Ia mendekati Jerry Wexler dengan ide untuk memproduksi album gospelnya sendiri, lalu Jerry Wexler setuju dengan syarat bahwa rekaman album tersebut difilmkan untuk sebuah film dokumenter.

Mulai latihan awal, Aretha menceritakan kepada teman keluarganya, James Cleveland (Tituss Burgess), yang sekarang menjadi penyanyi gospel yang disegani. Pada hari rekaman album, ayah Aretha datang untuk berdamai dengannya. Kebaktian dimulai dan dengan kehadiran keluarganya, Aretha menyanyikan aransemen himnenya, Amazing Grace. Film ini berakhir dengan mengungkapkan warisan Aretha Franklin sebagai penyanyi terkenal di dunia dan "Ratu Musik Soul".

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Jennifer Hudson sebagai Aretha Franklin[8]
    • Skye Dakota Turner sebagai Aretha Franklin muda
  • Forest Whitaker sebagai C. L. Franklin, ayah Aretha
  • Marlon Wayans sebagai Ted White, manajer dan suami pertama Aretha
  • Audra McDonald sebagai Barbara Siggers Franklin, ibu Aretha
  • Marc Maron sebagai Jerry Wexler, produser musik
  • Albert Jones sebagai Ken Cunningham
  • Leroy McClain sebagai Cecil Franklin, kakak Aretha
  • Tituss Burgess sebagai James Cleveland, penyanyi dan penulis lagu
  • Saycon Sengbloh sebagai Erma Franklin, kakak Aretha
  • Hailey Kilgore sebagai Carolyn Franklin, adik Aretha
  • Tate Donovan sebagai John Hammond, produser musik
  • Mary J. Blige sebagai Dinah Washington
  • Kelvin Hair sebagai Sam Cooke
  • Heather Headley sebagai Clara Ward
  • Lodric D. Collins sebagai Smokey Robinson
  • Gilbert Glenn Brown sebagai Martin Luther King Jr.
  • Brenda Nicole Moorer sebagai Brenda Franklin-Corbett, sepupu Aretha

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Respect mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 68%, berdasarkan 192 ulasan, dengan rating rata-rata 6,3/10.[9] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 61 dari 100, berdasarkan 43 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[10] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[11]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film Respect mendapatkan $24.278.399 di Amerika Utara dan Kanada dan $8.604.424 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $32.882.823, lebih kecil dari anggaran produksi film $55 juta.[4]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $8.807.513, menempati posisi keempat di box office di belakang film Free Guy, Don't Breathe 2 dan Jungle Cruise.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Put Some "Respect" On Her Name! Actress And Executive Producer Jennifer Hudson Shines At Premiere Of Aretha Franklin Biopic". August 9, 2021. 
  2. ^ "Respect - Movie Review". www.commonsensemedia.org. June 9, 2021. 
  3. ^ Brooks Barnes (August 20, 2020). "Pledging to Tell More Inclusive Stories, MGM Remakes Orion Pictures". The New York Times. Diakses tanggal August 20, 2020. 
  4. ^ a b "Respect (2021)". The Numbers. Diakses tanggal July 27, 2022. 
  5. ^ a b "Respect (2021)". Box Office Mojo. Diakses tanggal July 27, 2022. 
  6. ^ D'Alessandro, Anthony (March 26, 2020). "Aretha Franklin Biopic 'Respect' Heads To Christmas For Awards Season Rollout". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal March 26, 2020. 
  7. ^ Beatrice Verhoeven (October 27, 2020). "Aretha Franklin Biopic 'Respect' Pushed 7 Months, 'Tomb Raider 2' Now Unset". TheWrap. Diakses tanggal October 27, 2020. 
  8. ^ Chris Willman (August 17, 2018). "Aretha's Films: Whither Her Jennifer Hudson Biopic, 'Amazing Grace'?". Variety. Diakses tanggal March 11, 2020. 
  9. ^ "Respect (2021)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal July 27, 2022. 
  10. ^ "Respect reviews". Metacritic. Diakses tanggal July 27, 2022. 
  11. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]