Resak rawa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Resak rawa
Vatica pauciflora

Bunga resak rawa yang ada di Taman Kuning, Kebun Raya Kuningan
Status konservasi
Rentan
IUCN33151
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
KladSuperrosidae
Kladrosids
Kladmalvids
OrdoMalvales
FamiliDipterocarpaceae
GenusVatica
SpesiesVatica pauciflora
Blume, 1856

Resak rawa (Vatica pauciflora) adalah pohon berukuran kecil sampai medium berasal dari keluarga resak atau Dipterocarpaceae.

Nama lokal[sunting | sunting sumber]

Vatica pauciflora memiliki nama-nama lokal seperti Resak laru, resak paya, resak ayer, resak pasir, damar mata kuching (Malaysia), resak padang, resak rawang (Sumatra).[1]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Pohon ini berukuran kecil sampai medium. Di samping perhiasan bunga, bagian lainnya kurang lebih berwarna cokelat-abu dan berambut halus (cinereous) menetap; pada ovarium, malai, dan pucuk ranting akan segera gugur; bagian lainnya halus/tak berambut. Ranting berdiamater 3 mm di bagian pucuknya, bercabang-cabang banyak, coklat-abu pucat, biasanya dengan kerut-kerutan kecil (rugulose). Kuncup kecil, bulat telur; stipula panjang 8 mm, bentuk linear, menjadi melipat ke belakang.

Daun memiliki panjang 6.5–20 cm dan lebar 2.2–8 cm, bervariasi dalam ukuran, bentuk ellips-lanset, tekstur agak kaku; bagian dasar runcing (cuneate); bagian yang runcing (acumen) panjangnya mencapai 1.5 cm, terlihat jelas; pertulangan sekunder berjumlah 6–9 pasang, melengkung, naik, tipis dan agak lebih terangkat di bagian bawah permukaan dibandingkan bagian atas; tangkai daun panjang 10–18 mm, halus, saat kering berwarna hitam.

Malai panjang mencapai 9 cm, terletak di ujung atau di ketiak dekat ujung, berbunga banyak, bercabang-cabang tak beraturan. Kuncup bunga berukuran panjang 10 mm dan lebar 3 mm, berbentuk gelendong (fusiform), embel-embel (appendage) kecil, agak sedikit melebihi kepala sari; tangkai putik berbentuk tabung, lebih panjang dibandingkan ovarium, melebar di bagian ujungnya dibawah tangkai putik kecil berbentuk kerucut; bunganya khas serupa.

Tangkai buah mencapai panjang 7 mm dan lebar 3 mm, terlihat jelas; cuping kelopak (calyx) diameternya mencapai 5 mm, bentuk setengah bulat, membengkak (incrassate), ± bersatu melingkar menempel di dasar buah/nut; buah/nut berukuran 3 × 3 cm, berbentuk bulat telur, agak runcing, dengan 3 alur pada lokula (loculicidal) terlihat jelas; dinding buah (pericarp) tebal, seperti sumbat gabus, berbintil-bintil (verrucose).

Sebaran dan Ekologi[sunting | sunting sumber]

Pohon ini tersebar di semenanjung Thailand dan di Malaysia, Sumatra, Jawa, dan Bangka. Tumbuh pada tepian sungai berarus lambat, rawa air tawar.[1][2]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]