Republikanisme di Swedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Republikanisme di Swedia (bahasa Swedia: Republikanism) adalah istilah yang dipakai untuk merujuk suatu pergerakan di Swedia yang berusaha untuk mendirikan sebuah republik dan menghapuskan monarki Swedia.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar argumen yang dikemukakan untuk mendukung pendirian negara republik di Swedia adalah penolakan sistem pemerintahan berbasis monarki dan tidak selalu karena sikap raja yang memerintah. Usaha untuk mendirikan negara republik menjadi platform partai dari Partai Sosial DemokratVänsterpartiet, dan Partai Hijau.[1][2][3] Selain partai, terdapat pula berbagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang mendukung republikanisme seperti Asosiasi Republikan Swedia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebuah tulisan tangan kaum Revolusioner selama Revolusi 1848, "Lengserkan Oscar, dia tidak layak menjadi raja – Hidup Republik! Lakukan Reformasi! Jatuhlah bersama Kerajaan – Hidup Aftonbladet! Matilah raja – Republik! Republik! – Hidup Rakyat! Brunkeberg malam ini juga." Penulis yang tidak diketahui.

Karena perdagangan Swedia dengan negara lain seperti, Republik Belanda, Swedia cukup memahami adanya fenomena republikanisme di Eropa, tetapi upaya pertama untuk mengembangkan Republik Swedia baru dilakukan saat Revolusi Perancis. Di awal abad ke-19, pergerakan ini masih berupa pergerakan kecil. Pada tahun 1830, barulah ada tokoh politikus berpengaruh di Swedia yang memperjuangkan bentuk negara republik, yakni Lars Johan Hierta. Dalam surat kabar yang ia buat, Aftonbladet, ia menginginkan untuk melengserkan raja Karl XIV Johan dari Swedia.

Gagasan mengenai negara republik datang kembali saat Revolusi 1848 di seluruh Eropa. Swedia mengalami pergolakan selama waktu yang relatif singkat, Marsoroligheterna ("Kekacauan Maret"). Pada 18 dan 19 Maret, kerusuhan pecah di Stockholm, sekitar tiga puluh orang tewas oleh tentara. Selama waktu tersebut, poster kontroversial yang bertuliskan kata "republik" dipasang di beberapa tempat di Stockholm dan wilayah sekitarnya. Selain itu, para aktivis menuntut kesetaraan dan hak pilih universal.

Partai Sosial Demokrat telah menyatakan niatnya untuk mendirikan sebuah negara republik pada platform partainya sejak partai tersebut berdiri di tahun 1889. Namun, ketika Sosial Demokrat berkuasa di tahun 1920, keinginan tersebut mulai menghilang. Hal tersebut terjadi karena pragmatisme dari pemimpin partai saat itu, Hjalmar Branting.

Pada tahun 1997, Asosiasi Republikan Swedia didirikan. Pada tahun 2010, Aliansi Gerakan Republikan Eropa (AERM) didirikan di Stockholm, di mana republikan Swedia bekerja sama dengan kelompok republikan Eropa lainnya.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Monarkin Sverige – mot alla peluang, di Nationalencyklopedin online
  • Moberg, Vilhelm, Därför är jag republikan ("Mengapa Aku Republikan") (1955)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 2001 party platform of the Social Democrats, p. 11
  2. ^ 2004 party platform of the Left Party, p. 6
  3. ^ "Democracy Questions". Green Party website. Diakses tanggal 17 October 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]