Republik Pulau Rose

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Republik Pulau Rose

  • Respubliko de la Insulo de la Rozoj  (Esperanto)
  • Repubblica dell'Isola delle Rose  (Italia)
1968–1969
Bendera Republik Pulau Rose
Bendera
{{{coat_alt}}}
Lambang
Lagu kebangsaanSteuermann! Laß die Wacht!
Lokasi Republik Pulau Rose
Lokasi Republik Pulau Rose
StatusMati (area dihancurkan oleh Italia)
LokasiLaut Adriatik antara Cesenatico dan Rimini, Italia
Bahasa resmiEsperanto
PemerintahanRepublik
Presiden 
• 1968
Giorgio Rosa [it]
Pendirian
Sejarah 
• Dideklarasikan
24 Juni 1968 (1968-06-24)
• Didirikan
1 Mei 1968
• Dibubarkan
13 Februari 1969
Luas
 - Total
0,0004 km2
Mata uangmilo (digunakan dalam perangko; tidak ada koin atau catatan yang diketahui telah dicetak)
Didahului oleh
Digantikan oleh
Perairan internasional
Perairan internasional
Pemerintah Pulau Rose diasingkan
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Presiden Pulau Rose
Petahana
Giorgio Rosa

sejak 24 Juni 1968
Dibentuk24 Juni 1968
Jabatan dihapus13 Februari 1969

Republik Pulau Rose (bahasa Esperanto: Respubliko de la Insulo de la Rozoj; bahasa Italia: Repubblica dell'Isola delle Rose) adalah sebuah bangsa mikro berumur pendek di anjungan buatan manusia di Laut Adriatik, 11 kilometer (6,8 mi) dari pantai provinsi Rimini, Italia.

Itu dibangun oleh insinyur Italia Giorgio Rosa, yang mengangkat dirinya sendiri sebagai presiden dan mendeklarasikannya sebagai negara merdeka pada 1 Mei 1968.[1][2] Pulau Rose memiliki pemerintahan, mata uang, kantor pos, dan perusahaan komersial sendiri, dan bahasa resminya adalah Esperanto.[1] Namun, itu tidak pernah secara resmi diakui sebagai negara berdaulat oleh negara manapun di dunia. Dipandang oleh pemerintah Italia sebagai siasat Rosa untuk mengumpulkan uang dari turis sambil menghindari pajak nasional, Pulau Rose diduduki oleh pasukan polisi Italia pada 26 Juni 1968, takluk oleh blokade laut, dan akhirnya dibongkar pada Februari 1969.[3][4]

Sejak dekade pertama tahun 2000-an, sejarah Pulau Rose telah menjadi subjek penelitian dokumenter dan penemuan kembali berdasarkan aspek utopis asal-usulnya.[5]

Nama[sunting | sunting sumber]

Entitas yang akan didirikan pada anjungan buatan mengambil nama, dalam bahasa Esperanto, Libera Teritorio de la Insulo de la Rozoj (bahasa Italia: Libero Territorio dell'Isola delle Rose), yang kemudian menjadi Esperanta Respubliko de la Insulo de la Rozoj (Republik Esperanto Pulau Mawar).

Diyakini bahwa istilah Rozoj (dalam bahasa Italia: rose) dipinjam dari nama belakang Giorgio Rosa, perancang dan pembangun platform buatan, serta pencipta dan penginspirasi entitas negara, serta dari keinginannya. untuk "melihat mawar mekar di laut".[6]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dalam pembangunan

Pada tahun 1967, insinyur Italia Giorgio Rosa mendanai pembangunan anjungan seluas 400 meter persegi (4.300 kaki persegi) yang didukung oleh sembilan tiang, dan melengkapinya dengan sejumlah bangunan komersial, termasuk restoran, bar, klub malam, toko suvenir, dan kantor pos.

Platform tersebut mendeklarasikan kemerdekaan pada 1 Mei 1968, dengan nama Esperanto Insulo de la Rozoj, dengan Rosa sebagai presiden yang dideklarasikan sendiri. Baik rozo Esperanto (jamak rozoj) dan rosa Italia (jamak rose) berarti "mawar". Segera setelah itu, Pulau Rose mengeluarkan sejumlah prangko, termasuk salah satunya yang menunjukkan perkiraan lokasi Pulau Rose di Laut Adriatik. Mata uang republik yang diklaim adalah mill, dan ini muncul pada edisi perangko awal, meskipun tidak ada koin atau uang kertas yang diproduksi. Itu memiliki nilai yang setara dengan lira Italia. Nama denominasi ini diterjemahkan ke dalam bahasa Esperanto sebagai milo (jamak miloj) pada terbitan perangko selanjutnya (tidak terkait dengan mata uang Esperantis spesmilo).

Tindakan Rosa dipandang oleh pemerintah Italia sebagai taktik untuk mengumpulkan uang dari turis sambil menghindari pajak nasional. Terlepas dari apakah ini alasan sebenarnya di balik bangsa mikro Rosa, tanggapan pemerintah Italia cepat: sekelompok empat petugas carabinieri dan Guardia di Finanza mendarat di pulau itu dan mengambil alih kendali.

Pada tanggal 13 Februari 1969,[7] Angkatan Laut Italia menggunakan bahan peledak untuk menghancurkan fasilitas tersebut, suatu tindakan yang kemudian digambarkan pada prangko yang dikeluarkan oleh pemerintah Rosa di pengasingan. Hanya satu kematian yang dihitung tetapi tidak pernah dikonfirmasi: yakni anjing Rosa ada di platform selama fasilitas itu meledak.

Rosa meninggal pada tahun 2017, setelah memberikan restunya untuk dibuatkan film tentang Pulau Rose. Ini dirilis pada tahun 2020.[8]

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Marco Imarisio. "Riemerge l'isola dell'Utopia". Corriere della Sera (dalam bahasa Italian). 
  2. ^ "Piattaforma davanti a Rimini proclamata "Stato indipendente"". La Stampa (dalam bahasa Italian). 
  3. ^ Edda Montemaggi. "La polizia ha già occupato l'isola artificiale di Rimini". Stampa Sera (dalam bahasa Italian). 
  4. ^ Edda Montemaggi. "Circondato dalle motovedette lo "Stato" al largo di Rimini". La Stampa (dalam bahasa Italian). 
  5. ^ Fabio Vaccarezza. Rose Island: A Dream of Freedom. The Cinderella Philatelist. hlm. 42–46. 
  6. ^ "Isola Delle Rose" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 20 December 2007. 
  7. ^ "When Italy went to war with the esperanto micro-nation Insulo de la Rozoj",visit-rimini.com, date 9 May 2009
  8. ^ "Rose Island: Netflix adapts the story of 'prince of anarchists' Giorgio Rosa". BBC News. 7 December 2020. 
  9. ^ Scheda di Martin Mystere n 193 L'isola delle Rose
  10. ^ "Rose Island: Netflix adapts the story of 'prince of anarchists' Giorgio Rosa". BBC. 7 December 2020. Diakses tanggal 9 December 2020. 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Vaccarezza, Fabio (January 2007). "Rose Island: A Dream of Freedom". The Cinderella Philatelist: 42–46. ISSN 0009-6911. 
  • Strauss, Erwin S. (1984). How to Start Your Own Country (edisi ke-2nd). Port Townsend, WA: Breakout Productions. hlm. 129–130. ISBN 1-893626-15-6. 
  • Menefee, Samuel Pyeatt (Fall 1994). "'Republics of the Reefs': Nation-Building on the Continental Shelf and in the World's Oceans". California Western International Law Journal. 25 (1): 105–06. ISSN 0886-3210. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]