Regurgitasi katup trikuspidal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Regurgitasi katup trikuspidalis adalah kelainan penutupan katup trikuspidalis yang tidak bisa menutup dengan kuat dan sempurna. Kondisi ini menyebabkan darah mengalir kembali ke atrium kanan saat ventrikel berkontraksi. Kondisi ini paling sering disebabkan oleh pembesaran ukuran ventrikel kanan. Selain itu bisa juga disebabkan oleh demam reumatik, infeksi katup trikuspidalis, kelainan septum jantung bawaan, tumor karsinoid, sindrom Marfan, artritis rheumatoid, terapi radiasi dan obat-obatan (pil diet yang dikenal dengan nama "Fen-Phen" yang mengandung fentermin dan fenfluramine) atau deksfenfluramin.[1][2][3]

Regurgitasi katup trikuspidalis ringan-sedang tidak memberikan keluhan secara klinis. Namun regurgitasi yang berat akan memberikan keluhan anoreksia dan terasa penuh di daerah abdomen, bengkak dan pembesaran hati.[2][3][4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tricuspid regurgitation: MedlinePlus Medical Encyclopedia". medlineplus.gov (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-09. 
  2. ^ a b "Tricuspid Regurgitation - Cardiovascular Disorders". Merck Manuals Professional Edition (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-09. 
  3. ^ a b "Tricuspid valve regurgitation - Symptoms and causes". Mayo Clinic (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-09. 
  4. ^ "Problem: Tricuspid Valve Regurgitation". www.heart.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-09.