Refleks pupil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Refleks pupil mengacu pada salah satu refleks yang berkaitan dengan fungsi pupil.

Refleks pupil mengakibatkan pupil mengecil (kiri) dan membesar (kanan)

Refleks pupil meliputi refleks cahaya pupil dan refleks akomodasi. Meskipun respons pupil, saat pupil membesar atau mengecil akibat cahaya biasanya tidak disebut "refleks", biasanya respons pupil masih dianggap sebagai bagian dari topik ini. Penyesuaian terhadap penglihatan jarak dekat dikenal sebagai "respons dekat", sedangkan relaksasi otot siliaris untuk melihat objek yang jauh dikenal sebagai "respons jauh".

Dalam "respons dekat", terdapat tiga proses yang terjadi untuk memfokuskan gambar pada retina. Konvergensi mata, atau orientasi sumbu visual masing-masing mata terhadap suatu objek untuk memfokuskan bayangannya pada masing-masing fovea, adalah yang pertama dari ketiga respons tersebut. Konvergensi mata dapat diamati dengan gerakan mata yang juling ketika jari diacungkan di depan wajah dan digerakkan ke arah wajah. Berikutnya, terjadi pengecilan pupil. Karena lensa tidak dapat membiaskan sinar cahaya di bagian tepi dengan baik, maka, gambar yang dihasilkan oleh lensa menjadi buram di sekelilingnya, sehingga pupil mata akan mengecil ketika seseorang mencoba untuk fokus pada objek di dekatnya.[butuh rujukan] Terakhir, terjadi akomodasi lensa. Ini adalah perubahan dalam kelengkungan lensa yang memungkinkan fokus pada objek terdekat.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Saladin, Kenneth S. (2012). Anatomy & Physiology: The Unity of Form and Function (edisi ke-6). New York, NY: McGraw-Hill. hlm. 617. ISBN 978-0073378251.