Reflector (Transformers)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Reflector
Decepticon
Fungsi Reconnaissance
Semboyan "See and you can know, know and you can destroy."
Model alternatif Camera
Seri Transformers: Generation 1
Sulih suara oleh Chris Latta (English) Yoku Shioya Japanese

Reflector adalah nama untuk salah satu karakter robot fiksi dari serial Transformers.

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Reflector sebenarnya merupakan sebuah robot yang terdiri dari tiga robot kecil yang terpisah. Ia bisa bergabung menjadi satu dalam bentuk kamera. Seperti robot Transformers lain yang berubah menjadi alat rumah tangga (contohnya: Soundwave atau Blaster), Reflector dirancang agar pas dengan genggaman tangan anak-anak. Bagian yang tampil dari mainan Reflector antara lain, bisa memotret dan memperbesar sesuatu objek. Inti dari Reflector adalah robot Viewfinder. Dua lagi yang lainnya adalah Spectro dan Spyglass.

Ironisnya, ketika pertama kali diluncurkan, mainan Reflector hanya tersedia bila kita memesannya lewat surat pos. Cara pembeliannya adalah dengan transfer uang via wesel dan juga menyertakan nama robot yang kita pesan sesuai dengan katalog Transformers 1985 (lebih lengkapnya lihat Daftar anggota Decepticons). Sebelumnya, tepatnya satu tahun sebelum Reflector dirilis di 1984, sebuah mainan yang menggambarkan knock-off version dari Reflector dirilis dan tersedia di seluruh bagian Amerika Serikat. Jadinya para kolektor Transformers lebih memilih versi knock-off ketimbang versi asli gabungan dari Reflector.

Pengisi suara Reflector dalam versi bahasa Inggris adalah Chris Latta, sementara di versi bahasa Jepang oleh Yoku Shioya.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Dalam serial original G1, Reflector tampil penuh selama serial season satu. Ia menjadi mata-mata saat Decepticons mendarat di Bumi. Di serial TV ini kita sempat melihat ada empat robot yang berbentuk seperti Reflector. Dimana satu diantaranya menjadi sukarelawan saat dikirim ke Cybertron oleh Rumble dan Starscream setelah keduanya gagal menjebak Bumblebee dan Spike Witwicky untuk mengantarkan kubus energon yang menurut Shockwave selalu gagal masuk ke Cybertron.

Kemudian di season kedua, tiga Reflector yang tersisa –Viewfinder, Spectro, dan Spyglass- menjadi mata-mata saat melihat Spike Witwicky yang termenung melihat tubuhnya yang berubah menjadi Autobot X disaat tubuh aslinya dioperasi oleh dokter akibat ulah Megatron.

Dalam The Transformers: The Movie, Reflector tampil kembali sebagai salah satu tentara Decepticons saat menyerang Autobots, dan menjadi pendukung Unicron saat menyerang Bumi.

Transformers komik[sunting | sunting sumber]

Versi Dreamwave[sunting | sunting sumber]

Reflector tampil sebagai anak buah kepercayaan Shockwave. Ia menjadi petugas mata-mata Shockwave untuk mengawasi Cybertron berikut isinya (Autobots dan Decepticons) di sebuah komputer pusat di Cybertron. Ia lantas terbunuh oleh Starscream ketika ia menolak untuk menyerang Soundwave.

Versi Devil’s Due[sunting | sunting sumber]

Reflector tampil dalam mini seri komik terbitan Devil’s Due Publishing. Ia menjadi asisten Megatron dan membantu Dr. Mindbender untuk mengemas kubus energon. Setelah itu ia tidak tampil lagi. Dipercayai Reflector dan Dr. Mindbender terbunuh atau dipecat oleh Megatron.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]