Ready or Not (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ready or Not (film 2019))
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ready or Not
Ready or Not 2019 Film Poster.jpg
Poster film Ready or Not
SutradaraMatt Bettinelli-Olpin
Tyler Gillett
ProduserTripp Vinson
James Vanderbilt
Willem Sherak
Bradley J. Fischer
SkenarioGuy Busick
R. Christopher Murphy
PemeranSamara Weaving
Adam Brody
Mark O'Brien
Henry Czerny
Andie MacDowell
MusikBrian Tyler
SinematografiBrett Jutkiewicz
PenyuntingTerel Gibson
Perusahaan
produksi
Fox Searchlight Pictures
Mythology Entertainment
Vinson Films
DistributorWalt Disney Studios Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 27 Juli 2019 (2019-7-27) (Festival Film Internasional Fantasia)
  • 21 Agustus 2019 (2019-8-21) (Amerika Serikat)
Durasi
95 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$6 juta[2]
Pendapatan kotor$57.384.179[3]

Ready or Not adalah film horor misteri thriller Amerika Serikat tahun 2019 yang disutradarai oleh Matt Bettinelli-Olpin dan Tyler Gillett dan diproduseri oleh Tripp Vinson, James Vanderbilt, Willem Sherak dan Bradley J. Fischer. Naskah film ini ditulis oleh Guy Busick dan R. Christopher Murphy. Film ini dibintangi oleh Samara Weaving, Adam Brody, Mark O'Brien, Henry Czerny dan Andie MacDowell.

Film Ready or Not ditayangkan secara perdana di Festival Film Internasional Fantasia pada tanggal 27 Juli 2019[4] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 21 Agustus 2019.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Keluarga Le Domas yang kaya melakukan tradisi turun-menurun, yaitu permainan tengah malam setiap malam pertama pernikahan dengan anggota baru keluarga Le Domas. Beberapa tahun yang lalu, Alex Le Domas muda (Chase Churchill) dan kakaknya, Daniel (Etienne Kellici), melihat pembunuhan seorang pria bernama Charles, yang baru saja menikahi bibinya, Helene (Elana Dunkelman).

Tiga puluh tahun kemudian, Alex (Mark O'Brien), yang telah terpisah dari keluarganya selama bertahun-tahun, kembali ke perkebunan keluarga Le Domas untuk menikahi seorang wanita muda bernama Grace (Samara Weaving). Ketika Alex ragu untuk kembali, Grace meyakinkan dan ingin menjadi bagian dari keluarganya. Setelah upacara pernikahan, Grace diberitahu tentang tradisi keluarga dan bertemu dengan mertua lainnya. Para anggota keluarga yang berpartisipasi dalam tradisi bersama Grace adalah Alex, kakaknya yang alkoholik Daniel (Adam Brody), ayah mereka Tony (Henry Czerny), ibu mereka Becky (Andie MacDowell), istri Daniel yang angkuh Charity (Elyse Levesque), adik Alex yang pecandu narkotika Emilie (Melanie Scrofano), suami Emilie yang cengeng Fitch Bradley (Kristian Bruun) dan kakak Tony yang muram Helene (Nicky Guadagni).

Tony menjelaskan kepada Grace bahwa untuk menjadi anggota keluarga Le Domas, Grace harus berpartisipasi dalam sesi di mana Grace diharuskan untuk mengambil kartu dari kotak kayu misterius dan memainkan permainan yang tertulis di kartu dengan anggota keluarga lainnya. Tony juga memberitahu bahwa kakek buyutnya, Victor Le Domas, membuat perjanjian dengan seorang pria bernama Le Bail di mana Le Bail akan membantu membuat Victor kaya jika keluarga Le Domas menetapkan tradisi. Grace mengambil sebuah kartu dari kotak kayu misterius tersebut yang bertuliskan "petak umpet". Percaya bahwa permainan itu tidak berbahaya, Grace pergi bersembunyi di perkebunan ketika keluarga Le Domas, tidak termasuk Alex, mempersenjatai diri dengan senjata antik untuk memburu Grace.

Alex berusaha menemukan Grace sebelum keluarganya menemukan Grace, lalu Alex dan Grace melihat Emilie tidak sengaja menembak salah seorang pelayan keluarga dengan senapan hingga tewas. Alex menjelaskan bahwa "petak umpet" adalah satu-satunya permainan dari kotak kayu misterius yang membuat keluarga Le Domas untuk membunuh Grace. Keluarga Le Domas percaya bahwa jika mereka gagal membunuh Grace sebelum fajar, mereka semua akan mati seperti yang disetujui oleh Victor Le Domas dan Le Bail (yang namanya adalah anagram Belial alias untuk Setan), beberapa dekade sebelumnya. Grace bingung dan marah kepada Alex karena tidak memberitahunya tentang ritual itu karena takut Grace akan meninggalkannya. Melawan keinginan keluarganya, Alex berjanji kepada Grace bahwa Alex akan membantu Grace melarikan diri dari perkebunan keluarga Le Domas menuju ke ruang keamanan rumah setelah menyuruh Grace untuk pergi ke pintu keluar dapur.

Ketika Grace mencari jalan keluar, ia bertemu dengan pelayan kedua yang tidak sengaja terbunuh ketika Grace mengaktifkan sistem elevator mekanik untuk membungkamnya. Daniel, seperti Alex, membenci sifat keluarganya dan menemukan Grace di ruang kerja. Grace meminta bantuan kepada Daniel, tetapi Daniel menyesali bahwa Daniel tidak memiliki pilihan dan hanya memberi Grace sepuluh detik untuk melarikan diri sebelum Daniel memperingatkan anggota keluarga lain. Alex mematikan kamera keamanan rumah dan membuka kunci pintu rumah. Namun, Alex ditemukan oleh keluarganya dan mereka menahan Alex karena berkhianat. Grace, yang telah merobek gaunnya untuk mempersenjatai diri, berhasil melarikan diri dari rumah setelah membakar kepala pelayan keluarga, Stevens (John Ralston), dengan air mendidih.

Anggota keluarga Le Domas berkumpul kembali dan meratapi kesulitan mereka menangkap Grace, tetapi mereka menegaskan kembali pentingnya menemukan Grace sebelum matahari terbit. Selama diskusi ini, Emilie tidak sengaja memanah pelayan ketiga hingga tewas. Stevens memberitahu keluarga bahwa Grace telah meninggalkan rumah, tetapi ia berjanji untuk menangkap Grace. Grace berlindung di gudang di lahan perkebunan keluarga, tetapi setelah ditembak oleh putra Emilie, Georgie (Liam MacDonald), Grace jatuh ke dalam "lubang kambing" tempat keluarga Le Domas menyembunyikan sisa-sisa korban sebelumnya. Grace dapat memanjat keluar, tetapi Grace mengalami luka serius saat melarikan diri melalui pagar ketika ia berusaha meminta bantuan para pengendara yang lewat. Di jalan, Stevens mengejar Grace ketika Grace berada di dalam mobil, tetapi Grace berhasil melumpuhkannya sementara setelah Stevens keluar untuk menahan Grace.

Mencoba melarikan diri dengan mobil, Grace menghubungi perusahaan bantuan kendaraan, tetapi mobil itu dilaporkan dicuri dan mereka mematikan mobil tersebut dari jarak jauh, memungkinkan Stevens untuk menangkap Grace. Ketika Stevens mengantar Grace kembali ke perkebunan keluarga Le Domas, Grace terbangun, menyebabkan Stevens menabrak mobil hingga membunuhnya. Akan tetapi, Grace ditemukan oleh Daniel, yang mengetahui bahwa Tony diam-diam mengawasinya, memukul Grace dan menangkapnya kembali. Keluarga Le Domas bersiap untuk mengorbankan Grace dalam ritual setan. Setelah keluarga Le Domas minum dari secangkir anggur sebagai bagian dari ritual, mereka semua mulai muntah kecuali Daniel, yang sengaja meracuni anggur semua anggota keluarganya, hingga Daniel berkeyakinan bahwa keluarganya pantas mati.

Sementara itu, Alex lolos dari tahanannya. Daniel membebaskan Grace dan mereka berusaha meninggalkan rumah sebelum Daniel akhirnya ditembak dan dibunuh oleh Charity. Grace menyalakan api saat keluarga terus mengejarnya. Grace bertarung dengan Becky dan berhasil mengalahkannya hingga mati dengan sebuah kotak. Alex datang dan menyadari bahwa meskipun ia membiarkan Grace hidup, Grace tidak ingin bersamanya sehingga Alex menangkap Grace kembali.

Keluarga Le Domas mencoba mengorbankan Grace lagi. Mengetahui bahwa ia tidak dapat membunuh istrinya, Alex menikam Grace di pundaknya alih-alih jantungnya. Tepat saat fajar tiba, Helene melakukan serangan terakhir dengan kapaknya dan tanpa peringatan, Helene meledak menjadi awan merah. Anggota keluarga yang lain saling memandang dengan ngeri. Beberapa dari mereka mencoba melarikan diri karena Tony memohon penangguhan hukuman kepada Le Bail, tetapi semua anggota keluarga Le Domas meledak satu per satu. Anggota keluarga terakhir, Alex, memohon Grace untuk pengampunan, tetapi ia akhirnya meledak ketika Grace menuntut perceraian.

Saat kobaran api memasuki ruangan, mereka membentuk garis besar Le Bail yang duduk di ujung meja. Le Bail membuat kontak mata dan mengangguk setuju ketika Grace berbalik untuk melarikan diri, berlumuran darah anggota keluarga Le Domas yang meledak. Di luar rumah, Grace duduk di tangga kebun ketika api berkobar di belakangnya, gaun pengantinnya merah darah dan merokok sebatang rokok saat seseorang tiba. Ketika seseorang tersebut bertanya kepadanya apa yang terjadi, Grace mengangkat bahu dan menjawab, "Para mertua".

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Samara Weaving sebagai Grace
  • Adam Brody sebagai Daniel Le Domas, kakak Alex
    • Etienne Kellici sebagai Daniel Le Domas muda
  • Mark O'Brien sebagai Alex Le Domas, suami Grace dan adik Daniel
    • Chase Churchill sebagai Alex Le Domas muda
  • Henry Czerny sebagai Tony Le Domas, ayah Daniel, Alex dan Emilie
  • Andie MacDowell sebagai Becky Le Domas, istri Tony serta ibu Daniel, Alex dan Emilie
    • Kate Ziegler sebagai Becky Le Domas muda
  • Melanie Scrofano sebagai Emilie Le Domas, adik Daniel dan Alex
  • Kristian Bruun sebagai Fitch Bradley, suami Emilie
  • Elyse Levesque sebagai Charity Le Domas, istri Daniel
  • Nicky Guadagni sebagai Helene Le Domas, kakak Tony
    • Elana Dunkelman sebagai Helene Le Domas muda
  • John Ralston sebagai Stevens, kepala pelayan keluarga Helene Le Domas
  • Ethan Tavares sebagai Gabe
  • Liam MacDonald sebagai Georgie, putra Emilie dan Fitch
  • Nat Faxon sebagai Justin

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Ready or Not mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 88%, berdasarkan 267 ulasan, dengan rating rata-rata 7,18/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 64 dari 100, berdasarkan 37 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[7] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B+" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[8]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film Ready or Not mendapatkan $28.714.231 di Amerika Utara dan $28.669.948 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $57.384.179, melebihi anggaran produksi film $6 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $8.015.590, menempati posisi keenam di box office di belakang film Angel Has Fallen, Good Boys, Overcomer, Fast & Furious Presents: Hobbs & Shaw dan The Lion King.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ready or Not (18)". British Board of Film Classification. September 17, 2019. Diakses tanggal October 22, 2019. 
  2. ^ Faughnder, Ryan (August 21, 2019). "Now in theaters: Every movie that didn't want to compete with Disney". Los Angeles Times. Diakses tanggal August 22, 2019. 
  3. ^ a b c "Ready or Not (2019)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 22, 2019. 
  4. ^ Kay, Jeremy (June 27, 2019). "Fox Searchlight's horror 'Ready Or Not' joins Fantasia line-up". Screen International. Diakses tanggal June 30, 2019. 
  5. ^ D'Alessandro, Anthony (May 7, 2019). "Disney-Fox Updates Release Schedule: Sets Three Untitled 'Star Wars' Movies, 'New Mutants' Heads To 2020, 'Ad Astra' To Open Fall & More". Deadline Hollywood. Diakses tanggal May 7, 2019. 
  6. ^ "Ready or Not (2019)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal October 22, 2019. 
  7. ^ "Ready or Not reviews". Metacritic. Diakses tanggal October 22, 2019. 
  8. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]