Ratchet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ratchet
Transformers-20090409-ratchet.jpg
Ratchet versi film
Autobot
Sub-grup Autobot cars
Deluxe Vehicles
Fungsi Medis
Semboyan "You break it, I'll remake it."
Model alternatif Nissan Onebox Vanette Ambulance, Cybertronian Entry Mode Protoform, Hummer H2 Search and Rescue Sport Utility Truck, Thraal tank, Bulldog II Armored Truck
Seri Transformers: G1
Transformers: Timelines
Transformers: Animated, Transformers film

Ratchet (dibaca: rach-it; Ratchet/Mécano di Kanada, Racsni di Hungaria dan Doc di Italia) merupakan nama untuk salah satu karakter robot fiksi dari serial The Transformers. Di Amerika Serikat, Ratchet pernah disebut sebagai Autobot Ratchet atau Rescue Ratchet untuk menghindari isu legalitas dan hak paten.

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Ratchet adalah salah satu staf medis dari tim Autobots, baik di versi Takara (Jepang) ataupun di versi Hasbro (AS). Mode alternatifnya adalah mobil ambulan dengan warna putih strip merah. Ia merupakan salah satu karakter yang popular, namun jarang dimunculkan di versi Transformers modern. Ia memegang peran besar dalam tim Autobots di seri Transformers klasik. Bersama Wheeljack, ia menjadi Autobots yang paling bisa diandalkan dalam memperbaiki anggota Autobots lain. Ia juga (dengan bantuan Wheeljack dan Spike Witwicky) turut berperan dalam pembuatan tim Dinobots.

Selain menjadi otak terciptanya Dinobots, Ratchet juga (bersama Sparkplug Witwicky) menjadi salah satu kru perbaikan Omega Supreme yang meledak saat mengantarkan Optimus Prime cs. bersama tim Aerialbots ke Bumi dari Cybertron.

Transformers: The Movie[sunting | sunting sumber]

Dalam film ini, Ratchet merupakan salah satu anggota Autobots yang tewas terbunuh oleh Decepticons. Ia tewas setelah rekannya, Ironhide tidak bisa menahan gempuran dari Decepticons di pesawat luar angkasa Autobots. Peran Ratchet di serial season ketiga kemudian diambil alih oleh First Aid dari tim Protectobots.

Transformers: Resurrection[sunting | sunting sumber]

Dalam cerita novel versi lain, dua puluh tahun setelah Ratchet tewas pada tahun 2005, tepatnya pada tahun 2025, sebuah tim alien, mencoba untuk kembali membangkitkan tiga Autobots yang tewas, dimana salah satu diantaranya merupakan Ratchet.

Setelah alien tersebut berhasil menghidupkan kembali Ratchet, mereka kemudian membawanya kembali ke Autobots dengan kondisi normal seperti saat ia belum meninggal. Dan Ratchet kembali kepada tugasnya sebagai petugas medis Autobots, sama seperti 20 tahun sebelumnya.

Unicron Trilogy[sunting | sunting sumber]

Transformers: Armada[sunting | sunting sumber]

Dalam versi ini ia tampil sebagai nama Jepang untuk Red Alert. Karakter yang dimunculkan dalam versi ini sangat mirip dengan karakter Ratchet di versi G1. Namun kali ini, ia selalu memegang alat kesehatan di tangannya.

Transformers: Universe[sunting | sunting sumber]

Ratchet juga muncul dalam serial komik Transformers: Universe. Kali ini ia berubah menjadi sebuah mobil Mercedes-Benz M-Class Sports Car. Ia diceritakan menjadi salah satu incaran dari Unicron. Bahkan ia juga sempat ditangkap oleh Unicron, namun berhasil lolos.

Transformers film[sunting | sunting sumber]

The Movie 2007[sunting | sunting sumber]

Dalam film Transformers karya sutradara Michael Bay ini, Ratchet tampil dalam bentuk mobil Search and Rescue Hummer H2. Kembali ia juga tampil sebagai petugas medis dari Autobots. Dalam film ini ia tidak banyak berperan sebagai ksatria Autobots. Ia lebih difokuskan oleh Optimus Prime sebagai petugas medis.

Senjata yang ia miliki adalah senapan mesin yang terletak di tangan kanannya. Dalam film ia berperan sebagai staf perbaikan komponen berbicara dari Bumblebee, ketika Bumblebee memperkenalkan diri kepada Sam Witwicky dan Mikaela Banes. Ia juga meng-scan Sam dan Mikaela, kemudian ia berkata bahwa dua anak manusia ini sedang terkena sindrom jatuh cinta. Menurut buku cerita anak-anak Transformers karya Jennifer Frantz, Ratchet mempunyai semacam alat scan sinar X.

Dalam sebuah wawancara dengan Michael Bay, Ratchet mempunyai tinggi sekitar 8 meter (24 kaki). Namun oleh sebagian orang, tinggi Ratchet yang sebenarnya adalah 19 kaki. Beberapa lagi menyebut bahwa tinggi Ratchet adalah 20 kaki, merujuk pada video game Transformers. Sementara di versi Inggris dikatakan bahwa tinggi Ratchet adalah 20 kaki, dengan berat 6,7 ton, dan kecepatan maksimal 230 mph.

Ratchet datang ke Bumi dalam waktu bersamaan bersama Optimus Prime, Jazz, dan Ironhide. Ia mendarat di dekat pemukiman manusia. Lantas ia melihat sebuah Hummer H2 berwarna kuning dan kemudian meng-scan mobil tersebut untuk dikonfigurasikan dengan bentuk tubuhnya sebelum bertemu dengan anggota Autobots lain di tempat yang telah diberitahukan oleh Bumblebee.

Ratchet mempunyai peran besar dalam pertarungan akhir melawan Decepticons. Saat itu ia bersama Jazz dan Ironhide mencoba melawan Brawl. Kemudian ia melindungi Sam dan juga mencoba untuk menyelamatkan Allspark. Ia juga sempat melawan Starscream dan mengambil tubuh Jazz yang terbelah jadi dua setelah dibunuh dengan kejam oleh Megatron. Ratchet bersama Optimus Prime, Bumblebee, dan Ironhide kemudian melihat Matahari tenggelam disaat akhir dari film ini.

Transformers: Animated[sunting | sunting sumber]

Ratchet tampil dalam Transformers: Animated sebagai mobil ambulan Autobots dan ksatria Autobots sejati.

Ia mempunyai kemampuan untuk menarik benda apapun dengan magnet di bagian lengannya. Ia memiliki karakteristik yang sama dengan Kup di G1 ketimbang Ratchet yang asli dalam serial tersebut. Disebutkan pula bahwa dalam serial Transformers 2008 ini, ratchet merupakan salah satu anggota Autobots yang tertua.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]