Ratapan Anak Tiri (seri televisi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ratapan Anak Tiri
Genre
PembuatMD Entertainment
Ditulis olehDono Indarto
SkenarioDono Indarto
SutradaraLono Abdul Hamid
Pemeran
Penggubah lagu temaAmanda
Lagu pembuka"Untuk Ibuku" oleh Amanda
Lagu penutup"Untuk Ibuku" oleh Amanda
Penata musik
Negara asalIndonesia
Bahasa asliBahasa Indonesia
Jmlh. musim2
Jmlh. episode33 (daftar episode)
Produksi
Produser
Pengaturan kameraJun Mahir
Durasi60 menit
Rumah produksiMD Entertainment
DistributorMedia Nusantara Citra
Rilis asli
JaringanRCTI
Rilis17 Februari (2006-02-17) –
22 September 2006 (2006-9-22)
Acara terkait

Ratapan Anak Tiri adalah serial televisi Indonesia produksi MD Entertainment yang ditayangkan perdana 17 Februari 2006 pukul 20.00 WIB di RCTI berdasarkan film berjudul sama yang diproduksi pada 1973. Serial ini disutradarai oleh Lono Abdul Hamid dan dibintangi oleh Marsha Aruan, Kesha Ratuliu, Nia Ramadhani, dan Thalita Latief.[1]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Wisnu baru saja kehilangan istrinya, Citra, yang meninggal saat melahirkan. Sebelum pergi, Wisnu meluluskan permintaan Citra agar dirinya menikahi Rinda, sahabatnya. Siapa sangka, Rinda bersekongkol dengan Erwin, kekasihnya, untuk mengambil alih harta Wisnu. Selepas menikah, Rinda-pun mulai bersifat kejam terhadap anak-anak Wisnu: Marsha, Fika, dan Rizki.

Sahabat Wisnu bernama Adi mengetahui semua rencana Rinda dan Erwin. Sayangnya, ia keburu dibunuh sebelum memberi tahu Wisnu. Hebatnya Rinda dan Erwin adalah menjadikan Wisnu sebagai tersangka dan dia ditahan. Hal ini membuat anak-anak Wisnu menderita, dan pada akhirnya Marsha, Fika, dan Rizki diusir dari rumah. Mereka berjuang untuk hidup sampai mereka berpisah satu dengan lainnya, sedangkan Wisnu meninggal di penjara.

Akhirnya setelah perjalanan panjang mereka menjalani kehidupan di jalanan, mereka bertemu dengan Reza dan Dewi, yang merupakan orangtua Wisnu. Ketiga kakak beradik tersebut diajak tinggal bersama Kakek Reza dan Nenek Dewi.

Pada suatu malam, diadakan pesta ulang tahun Marsha yang ke-8. Namun seketika pesta yang seharusnya berlangsung meriah, berubah menjadi hitam. Rinda membakar rumah mereka yang menyebabkan kematian Dewi. Sedangkan Marsha yang menggendong Rizki keluar rumah untuk mencari bantuan, tertabrak truk yang dikemudikan oleh Jasman. Kecelakaan tersebut membuatnya menjadi amnesia. Rizki yang tergeletak di jalan kemudian diambil oleh Rissa, seorang janda yang tidak mempunyai anak, untuk dijadikan anak asuhnya. Sejak saat itulah, ketiga kakak beradik tersebut kembali hidup terpisah 10 tahun lamanya.

10 Tahun Kemudian... Fika telah menjelma menjadi gadis SMA dan tinggal bersama kakeknya. Sementara Marsha, sepeninggal Jasman, dia tinggal bersama Wita dan Nola, anak dan istri mendiang Jasman yang kejam. Kerana bingung mau memanggilnya apa, Nola memberinya nama Nina. Sedangkan Rizki yang kini diasuh oleh Rissa, namanya berubah menjadi Didi, sayangnya Didi tumbuh menjadi anak yang nakal kerana faktor lingkungan pergaulannya.

Kepindahan Fika ke sekolah yang baru menjadi awal pertemuan ketiga kakak beradik tersebut setelah terpisah selama 10 tahun. Pada jam istirahat, Fika berniat untuk membeli bakso yang dijual Nina. Namun, handphone Sony Ericsson W800i miliknya dijambret oleh Didi beserta gengnya yang nakal, akan tetapi ketiganya tidak saling mengenal satu sama lain. Di sisi lain, Fika tetap optimis dan berharap suatu saat nanti dia bisa kembali bertemu dengan kakak dan adiknya. Namun, hal tersebut dimanfaatkan oleh Nola yang berhasil mengumpulkan semua data akurat tentang masa lalu Fika, dan berpura-pura menyamar sebagai Marsha, saudarinya yang hilang 10 tahun yang lalu. Padahal semua ini adalah niat jahat Nola (yang juga dibantu oleh ibunya) untuk menguasai harta dan kekayaan Fika dan kakeknya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Season 1[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran
Marsha Aruan Marsha/Nina [a]
Kesha Ratuliu Fika [b]
Gunawan Wisnu
Cut Tari Rinda
Alia Miranti Citra
Rommy Sulastyo Erwin
Dimas Agil Rizki
Rio Bhaskara Joko
Basuki Akbar
Anne J. Cotto Nanik
Ferry Anwar Bang Mono
Arthur Tobing Kakek Reza
Mieke Wijaya Nenek Dewi
Yurike Prastika Wita
Vinessa Inez Nola [c]
Agus Wibowo N/A
Egi Fedly Bos Preman
Risdo Alaro Matondang Jasman
Yogi Nugroho Arman
Keterangan
  • N/A: Not Available

Season 2[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran
Nia Ramadhani Marsha asli/ Nina [d]
Egi John Foreisythe Rian
Thalita Latief Fika [e]
Eva Anindhita Nola/Marsha palsu [f]
Yurike Prastika Wita
Meidian Maladi Andy
Arthur Tobing Kakek Reza
Agung Pmr Rizki/Didi [g]
Sisca Dewi Mpok Lara
Dewi Siska Ibunya Rian
Budi Anduk Tito
Willa Julaiha Rissa
Ervan Naro Alex
Donny Arifin N/A
Geccia Moundy N/A
Adhi Pawitra N/A
Keterangan
  • N/A: Not Available

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pemeran pertama
  2. ^ Pemeran pertama
  3. ^ Pemeran pertama
  4. ^ Pemeran kedua
  5. ^ Pemeran kedua
  6. ^ Pemeran kedua
  7. ^ Pemeran kedua

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]