Ratapan Anak Tiri (sinetron 2006)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ratapan Anak Tiri
Ratapan anak tiri season 1.jpg Ratapan anak tiri season 2.jpg
Poster resmi
Genre
PembuatMD Entertainment
PengarangDono Indarto
Penulis skenarioDono Indarto
SutradaraLono Abdul Hamid
Pemeran
Penggubah lagu temaAmanda
Lagu pembuka"Untuk Ibuku" — Amanda
Lagu penutup"Untuk Ibuku" — Amanda
Penata musik
Negara asalIndonesia
Bahasa asliBahasa Indonesia
Jmlh. musim2
Jmlh. episode33 (daftar episode)
Produksi
Produser
KameraJun Mahir
Durasi60 menit
Rumah produksiMD Entertainment
DistributorMNC Media
Rilis
Jaringan asliRCTI
Tanggal tayang asli10 Februari 2006 (2006-02-10) –
22 September 2006 (2006-9-22)
Kronologi
Didahului olehDan
Dilanjutkan olehSumpah, Gue Sayang Loe!
Acara terkait
Pranala luar
Situs web produksi

Ratapan Anak Tiri adalah sinetron Indonesia produksi MD Entertainment yang ditayangkan perdana 10 Februari 2006 pada pukul 20.00 WIB di RCTI. Sinetron ini disutradarai oleh Lono Abdul Hamid dan dibintangi oleh Marsha Aruan, Kesha Ratuliu, Nia Ramadhani dan Thalita Latief.[1]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Wisnu (Gunawan) baru saja kehilangan istrinya, Citra (Alia Miranti), yang meninggal saat melahirkan. Sebelum pergi, Wisnu meluluskan permintaan Citra agar dirinya menikahi Rinda, sahabatnya. Siapa sangka, Rinda (Cut Tari) bersekongkol dengan Erwin (Rommy Sulastyo), kekasihnya, untuk mengambil alih harta Wisnu. Selepas menikah, Rinda-pun mulai bersifat kejam terhadap anak-anak Wisnu: Marsha (Marsha Aruan), Fika (Kesha Ratuliu), dan Rizki (Dimas Agil).

Sahabat Wisnu bernama Adi mengetahui semua rencana Rinda dan Erwin. Sayangnya, ia keburu dibunuh sebelum memberi tahu Wisnu. Hebatnya Rinda dan Erwin adalah menjadikan Wisnu sebagai tersangka dan dia ditahan. Hal ini membuat anak-anak Wisnu menderita, dan pada akhirnya Marsha, Fika, dan Rizki diusir dari rumah. Mereka berjuang untuk hidup sampai mereka berpisah satu dengan lainnya, sedangkan Wisnu meninggal di penjara.

Akhirnya setelah perjalanan panjang mereka menjalani kehidupan di jalanan, mereka bertemu dengan Reza dan Dewi, yang merupakan orangtua Wisnu. Ketiga kakak beradik tersebut diajak tinggal bersama Kakek Reza (Arthur Tobing) dan Nenek Dewi (Mieke Wijaya).

Pada suatu malam, diadakan pesta ulang tahun Marsha yang ke-8. Namun seketika pesta yang seharusnya berlangsung meriah, berubah menjadi hitam. Rinda membakar rumah mereka yang menyebabkan kematian Dewi. Sedangkan Marsha yang menggendong Rizki keluar rumah untuk mencari bantuan, tertabrak truk yang membuatnya menjadi amnesia. Rizki yang tergeletak di jalan kemudian diambil oleh Leha (Willa Julaiha), seorang janda yang tidak mempunyai anak, untuk dijadikan anak asuhnya. Sejak saat itulah, ketiga kakak beradik tersebut kembali hidup terpisah 10 tahun lamanya.

10 Tahun Kemudian... Fika (Thalita Latief) telah menjelma menjadi gadis SMA dan tinggal bersama kakeknya. Sementara Marsha (Nia Ramadhani, menjadi amnesia dan tinggal bersama Nola (Eva Anindita) dan Wita (Yurike Prastika), saudara dan ibu angkatnya yang kejam. Kerana bingung mau memanggilnya apa, Nola memberinya nama Nina. Sedangkan Rizki (Agung Pmr) yang kini diasuh oleh Leha, namanya berubah menjadi Didi.

Kepindahan Fika ke sekolah yang baru menjadi awal pertemuan ketiga kakak beradik tersebut setelah terpisah selama 10 tahun. Pada jam istirahat, Fika berniat untuk membeli bakso yang dijual Nina. Namun, handphone Sony Ericsson W800i miliknya dijambret oleh Didi beserta gengnya yang nakal, akan tetapi ketiganya tidak saling mengenal satu sama lain. Disisi lain, Fika tetap optimis dan berharap suatu saat nanti dia bisa kembali bertemu dengan kakak dan adiknya. Namun, hal tersebut dimanfaatkan oleh Nola yang mengumpulkan semua data akurat tentang masa lalu Fika, dan berpura-pura sebagai Marsha, saudaranya yang hilang saat mereka masih kecil. Padahal semua ini adalah niat jahat Nola (yang juga dibantu oleh ibunya) untuk menguasai harta dan kekayaan Fika dan kakeknya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Season 1[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran
Marsha Aruan Marsha/Nina (Pemeran pertama)
Kesha Ratuliu Fika (Pemeran pertama)
Gunawan Wisnu
Cut Tari Rinda
Alia Miranti Citra
Rommy Sulastyo Erwin
Dimas Agil Rizki
Rio Bhaskara Joko
Basuki Akbar
Anne J. Cotto Nanik
Ferry Anwar Bang Mono
Arthur Tobing Kakek Reza
Mieke Wijaya Nenek Dewi
Yurike Prastika Wita
Vinessa Inez Nola (Pemeran pertama)
Agus Wibowo N/A
Keterangan
  • N/A: Not Available

Season 2[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran
Nia Ramadhani Marsha asli/ Nina (Pemeran kedua)
Egi John Foreisythe Rian
Thalita Latief Fika (Pemeran kedua)
Eva Anindhita Nola (Pemeran kedua)/ Marsha palsu)
Yurike Prastika Wita
Meidian Maladi Andy
Arthur Tobing Kakek Reza
Agung Pmr Rizki (Pemeran kedua)/ Didi)
Sisca Dewi Mpok Lara
Budi Anduk Tito
Willa Julaiha Leha
Ervan Naro N/A
Donny Arifin N/A
Geccia Moundy N/A
Adhi Pawitra N/A
Keterangan
  • N/A: Not Available

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]