Rasuk (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rasuk
SutradaraUbay Fox
ProduserDheeraj Kalwani
SkenarioAlim Sudio
Berdasarkan
Rasuk
oleh Risa Saraswati
Pemeran
Penata musikRicky Lionardi
SinematograferAsep Kalila
PenyuntingFirdauzi Trizkiyanto
Denny Rihardie
Perusahaan
produksi
DistributorDisney+ Hotstar
iflix
Netflix
Prime Video
RCTI+
Vidio
Viu
CatchPlay
Tanggal rilis
28 Juni 2018
Durasi90 menit
Negara Indonesia
BahasaIndonesia

Rasuk adalah sebuah film hantu thriller Indonesia yang dirilis pada tanggal 28 Juni 2018 disutradarai oleh Ubay Fox.[1] Film tersebut berdasarkan pada novel berjudul sama karya Risa Saraswati.[2] Film yang diproduksi oleh MD Pictures dan Dee Company tersebut dibintangi oleh Shandy Aulia, Miller Khan, dan lainnya.[3] Film ini mampu meraup lebih dari 900.000 penonton saat masa penayangannya di bioskop.

Sinopsis

Langgir Janaka adalah seorang wanita muda yang menaruh banyak benci kepada orang lain. Semenjak Aba, ayah Langgir, meninggal saat dia masih kecil, Langgir merasa bahwa Ambu, ibunya, membencinya, bahkan setelah dia menikah lagi dengan Om Udin dan memberi Langgir seorang adik bernama Bakula Borneo. Langgir iri dengan tiga temannya, Lintang Kasih, Sekar Tanjung, dan Francisca Inggrid, semuanya bagian dari geng Putri Sejagat, yang ia anggap menjalani hidup sempurna. Satu-satunya orang yang Langgir kasihi adalah Abimanyu, seorang pemuda yang sudah lama dia taksir, tetapi Langgir tidak mempunyai keberanian untuk mengutarakan isi hatinya.

Sebelum Lintang pergi ke Singapura, dia mengajak Putri Sejagat untuk menginap di vila pamannya, Karma Rinjani. Ketika mobil mereka terhadang oleh jembatan yang rusak, mereka terpaksa jalan kaki selama beberapa ratus meter untuk mencapai vila. Setelah terpojok di sebuah gubuk, seorang wanita bernama Kumalasari muncul dan memandu mereka ke tujuan, dimana mereka bertemu dengan pengurus vila, Cecep. Abimanyu sudah menunggu disana. Inggrid kemudian mengumumkan bahwa dia dan Abimanyu telah berpacaran. Sakit hati, Langgir mengutarakan kebenciannya terhadap mereka sebelum bergegas pulang.

Langgir mendapati dirinya tersesat lagi dan menemukan makam Kumalasari yang ternyata sudah meninggal dua tahun yang lalu. Langgir terperosok ke sebuah liang lahat dan kerasukan. Abimanyu menyusul Langgir, tetapi dia mengalami kecelakaan karena dikagetkan oleh hantu Kumalasari. Sementara itu, Lintang, Sekar, dan Inggrid masing-masing dihantui atau dirasuki oleh Kumalasari. Mereka mengetahui bahwa, selain Inggrid, Sekar dan Lintang juga menyimpan rahasia: Sekar adalah anak pungut, sementara Lintang mengalami tumor otak dan akan menjalani operasi di Singapura. Setelah Cecep menyelamatkan mereka, Sekar memutuskan bahwa mereka semua harus pulang dan mengikuti Cecep untuk meminjam mobil.

Abimanyu siuman di rumah Ustaz desa dan segera diperingatkan oleh beliau untuk segera pergi dari Karma Rinjani, karena tempat itu menyimpan sejarah yang kelam: Kumalasari, putri dari Rudi, seorang dukun yang tinggal di gubuk hutan bersama dengan istrinya, Rosita, bunuh diri dengan melompat dari jembatan setelah dia diperkosa oleh buruh yang mengerjakan vila. Rudi yang dilanda kedukaan berencana untuk menumbalkan seorang wanita untuk dirasuki oleh sukma putrinya. Rencana pertamanya digagalkan oleh Cecep, yang kemudian dia bunuh. Abimanyu mengetahui bahwa "Cecep" yang dia temui sebelumnya sebenarnya adalah Rudi.

Sekar memergoki Rudi sedang menjalani ritual agar Kumalasari dapat memasuki tubuh Langgir dan mendengar bahwa Rudi memilih Langgir karena dia memiliki begitu banyak kebencian dalam hatinya. Dia bertemu dengan Rosita yang disekap agar tidak mengganggu rencana Rudi. Mereka dihadang oleh Rudi dan, setelah pertarungan sengit, Sekar berhasil membunuh Rudi. Namun, Langgir yang kerasukan kabur ke kota dan membunuh pembeli tanah yang akan membeli rumah peninggalan Aba. Dia melanjutkan ke rumahnya dan berniat untuk membunuh Bakula. Sebelum dia dapat melakukannya, Pak Ustaz datang bersama Lintang, Inggrid, Abimanyu, Sekar, dan Rosita dan, dibantu oleh Ambu dan Om Udin, berhasil membebaskan Langgir dari sukma Kumalasari.

Beberapa waktu kemudian, Langgir, Sekar, Inggrid, dan Abimanyu mengucapkan salam perpisahan kepada Lintang yang hendak berangkat ke Singapura untuk menjalani operasi.

Pemeran

Referensi