Rapidin Simbolon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rapidin Simbolon
Bupati Samosir
Masa jabatan
17 Februari 2016 – sekarang
PresidenJoko Widodo
GubernurTengku Erry Nuradi
Informasi pribadi
Lahir11 Oktober 1967 (umur 52)
Bendera Indonesia Lumban Lintong, Sumatra Utara
Kebangsaan Indonesia
Partai politikLOGO- PDIP.svg PDI-P
PasanganDra Sorta Ertaty Siahaan.
AnakRefindo Simbolon
Andreas Simbolon
Maria Renata Simbolon
Alma materS1 Universitas Negeri Medan 1990
S2Universitas Trisakti 1995

Drs. Rapidin Simbolon, SE, MM.,[1] (lahir di Lobutua, Sumatra Utara, 11 Oktober 1967; umur 52 tahun) adalah seorang politikus Indonesia dari partai PDI Perjuangan. Saat ini ia menjabat sebagai Bupati di Kabupaten Samosir, setelah sebelumnya menjabat sebagai wakil Bupati Samosir pada kepemimpinan Mangindar Simbolon. Sebelum terjun kedunia perpolitikan, Rapidin dikenal seorang pebisnis gas di Jakarta.[butuh rujukan] Di samping mengurus politik ia juga masih aktif mengurus bisnis hotelnya di Samosir Kecamatan Pangururan dekat dengan pantai yang masih kontroversi sampai sekarang.[butuh rujukan] Istrinya bernama Sorta Ertaty Siahaan Juga seorang politikus dari partai yang sama yaitu PDI Perjuangan. Rapidin gemar menulis lagu. Samosir najogi[2] adalah salah satu karyanya yang sering di nyanyikan masyarakat Samosir.[butuh rujukan]

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Wilmar Elyascher Simanjorang[sunting | sunting sumber]

Bupati pertama Kabupaten Samosir ini pernah bahkan terus menerus secara vokal melontarkan kritik terhadap pemerintahan kabupaten samosir bahkan menyerang kepribadian Rapidin Simbolon, kritik yang paling populer saat itu adalah bahwasanya di samosir banyak bisnis galian c ilegal kemudia pernah mengeluarkan seruan, bahwa rapidin simbolon pernah memiliki bisnis gas ilegal di Bekasi, dalam serunya agar rapidin di periksa. tetapi akhir-akhir ini bapak Wilmar tidak pernah muncul di media atau berorasi untuk memperjuangkan yang menurutnya rapidin perlu diperiksa. ini pertanyaan besar bagi warga samosir dan perbincangan di warung kopi, kenapa setelah bapak wilmar menjadi Manajer Geo Area Samosir atau ketua geopark samosir beliau menjadi diam membisu, apakah karena sudah mendapat jata atau rapidin simbolon. seperti kita tau bahwa bantuan hibah untuk geopark ini tidak main-main jumlah rupiahnya. pernyataan-pernyataan pedasnya yang dulu di terbitkan di media-media, sekarang sudah tidak bisa di cari (terhapus), apakah media dapat jata juga ?. #Wilmarsimanjorangtegabangat

Andar M Situmorang SH[3][sunting | sunting sumber]

begitu juga pengacara satu ini. mulai tahun 2015 sudah terus menerus mencoba mendalami kasus gas rapidin simbolon tetapi hilang begitu saja bagaikan ditelan bumi. masyarakat samosir meyakini memang bisnis ilegal itu benar sebagai faktanya rapidin simbolon bisa di intimidasi dari pusat atau yang mengetahui bisnis gasnya tersebut.

Program PKH senjata politik[sunting | sunting sumber]

ini juga dari warung kopi, bahwa pendamping PKH di jadikan sebagai tim sukses yang bertugas sebagai mengintimidasi anggota penerima PKH harus memilih caleg-nya. masyarakat resa dan perpendapat bahwa rejim RPD (rapidin) ini seperti rejim suharto. ini menjadi gejolak bagi pemerintahan kita.

Bisnis hotel[sunting | sunting sumber]

hotel dainang yang dulu berada di danau, sekarang disulap menjadi jauh dari bibir pantai, dengan cara mereklamasi dari anggaran pemerintah untuk bisnis hotelnya, ini mejadi pemandangan mencolok di mata masyarakat dan terlihat memaksakan anggaran, ini terkesan Para DPRD samosir juga bisa di tunggakinya.

Pemilihan tahun 2015[sunting | sunting sumber]

Dalam Pemilihan Calon Kepala Daerah Tahun 2015 yang lalu, Rapidin Simbolon berpasangan dengan Juang Sinaga dengan Slogan Rap-berjuang dan akhirnya KPU Samosir menyatakan pemenangnya setelah perhitungan suara terbanyak mengalahkan pasangan Raun-Dame di urutan kedua, pasangan Horas urutan ketiga, dan Pasangan Alusdin-Ober urutan terakhir.

Tenggelamnya KM Sinar Bangun[sunting | sunting sumber]

Setelah terjadi insiden tenggelamnya KM Sinar Bangun, Rapidin Simbolon mengaku "bertanggung jawab secara moral" atas kejadian tersebut.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Profil Rapidin Simbolon". rapberjuang.blogspot.com. Diakses tanggal 2019-03-12. 
  2. ^ Berman HS (2015-09-13), Samosir Najogi-Rapidin Simbolon Calon Bupati Samosir No urut 4, diakses tanggal 2019-03-12 
  3. ^ "Terkait Kasus Gas Elpigi 3 KG, Andar Minta Megawati Batalkan Rapidin Cabup Samosir". harianjayapos.com. Diakses tanggal 2019-03-12. 
  4. ^ Bupati Samosir Rapidin Simbolon Mengaku Bersalah dalam Tenggelamnya KM Sinar Bangun, dari situs tribun-medan.com