Randy Blythe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Randy Blythe
2015 RiP Lamb of God - Randy Blythe by 2eight - DSC5183.jpg
Blythe di acara Rock im Park 2015
Latar belakang
Nama lahir David Randall Blythe
Lahir 21 Februari 1971 (umur 47)
Asal Fort Meade, Maryland, Amerika Serikat
Genre Groove metal, thrash metal, metalcore, death metal (awal)
Pekerjaan Musisi, penulis lagu, aktor, penulis
Instrumen Vokal
Tahun aktif 1995—sekarang
Label Epic, Roadrunner
Artis terkait Lamb of God, Halo of Locusts, Gojira, Cannibal Corpse, Chthonic, A Life Once Lost, Metal Allegiance, Haste, Deafheaven, Power Trip, Eyehategod, Sourvein, DevilDriver

David Randall Blythe (lahir 21 Februari 1971) adalah seorang penyanyi Amerika Serikat, paling dikenal sebagai vokalis dan penulis lirik band heavy metal Lamb of God. Dia juga pernah menjadi vokalis tamu di band Cannabis Corpse, Overkill, Gojira, dan EYEHATEGOD, dan dia juga pernah menjadi penyanyi utama band side-project Halo of Locusts. Saat masih remaja, ia mengagumi band-band punk hardcore seperti Sex Pistols, Bad Brains, dan Black Flag.

Pada Juni 2012, Blythe ditangkap di Republik Ceko dan didakwa atas tuduhan pembunuhan tidak berencana yang berkaitan dengan kematian Daniel Nosek, seorang penggemar berusia 19 tahun yang tewas selama konser Lamb of God pada tahun 2010. Pengadilan Ceko menyatakan bahwa Blythe telah mendorong Nosek dari panggung hingga jatuh dan tewas, sehingga Blythe dianggap "bertanggung jawab secara moral" atas kematian tersebut. Namun, pengadilan Ceko juga menyatakan bahwa para promotor dan anggota keamanan turut bertanggungjawab atas kematian Nosek dan akhirnya pengadilan tersebut membebaskan Blythe dari segala dakwaan kriminal.[1][2]

Setelah dibebaskan, Blythe merekam album VII: Sturm und Drang dengan Lamb of God, sebuah album yang terinspirasi dari kasus ini dan masa penahanannya di Republik Ceko.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Josef Koukal (March 5, 2013). "Soud metalového zpěváka Blytha osvobodil, je nevinen" [The court has acquitted Blythe the metal singer, he is innocent]. novinky.cz (dalam bahasa Czech). novinky.cz. Diakses tanggal April 7, 2013. 
  2. ^ "Czech appeals court clears Randy Blythe in fan's death". Richmond Times-Dispatch. June 5, 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 16, 2013. Diakses tanggal June 15, 2013.