Rampó

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Rampon (Rampó)[1] merupakan comte kedua county Catalunya Barcelona dan Osona dari tahun 820 sampai kematiannya pada tahun 825.

Setelah Bera digulingkan, Ludwig yang Saleh, Raja Aquitaine, menyerahkan tanahnya kepada seorang bangsawan yang tidak terkait dengan perjuangan faksional yang berkembang di Marca Hispanica. Dia memilih Frank Rampon, yang telah menjadi pelayan setia bagi ayahandanya Charlemagne. Dia telah diberi tanggung jawab memberi tahu Ludwig, kemudian raja Aquitaine, tentang kematian ayahandanya Charlemagne di Doué-la-Fontaine, Anjou, pada awal tahun 814.

Rampon adalah penguasa Barcelona, Girona, dan Besalú dengan gelar Comte, tetapi mungkin juga Markgraf; gelar terakhir hanya diperuntukkan bagi penguasa county perbatasan.

Pada tahun 821, istana di Aachen memerintahkannya untuk menyerang wilayah Muslim, sebuah perintah yang dia laksanakan pada tahun 822, merampas tanah sampai ke sungai Segre.

Rampon meninggal pada tahun 825. Namun, baru pada sidang di Aachen pada Februari 826 Ludwig menunjuk penggantinya menjadi Bernat dari Septimania, putra Guilhèm dari Gellone, Comte Toulouse, dan saudara tiri Gaucelm, Comte Empúries dan Roussillon.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Storia della Catalogna dal 778 all'828, chapter 5

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

(Inggris)Lewis, Archibald Ross. The Development of Southern French and Catalan Society, 718-1050.

Didahului oleh:
Berà
Comte Barcelona
820–825
Diteruskan oleh:
Bernard I