Rama Syarief

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Rama Syarief
LahirRachmad Ramadhan
29 Desember 1997 (umur 26)
Muara Enim, Sumatera Selatan, Indonesia
KebangsaanIndonesia
PendidikanUniversitas Padjadjaran
Pekerjaan
Tahun aktif2016—sekarang
Karya
Karier musik
GenrePop
InstrumenVokal
LabelInspire

Rachmad Ramadhan (lahir 29 Desember 1997), dikenal dengan nama Rama Syarief adalah seorang penyanyi, pemeran, dan model berkebangsaan Indonesia

Kehidupan awal dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Rama terlahir dengan nama Rachmad Ramadhan pada 29 Desember 1997 di Muara Enim, Sumatera Selatan. Rama merupakan putra ke empat dari empat bersaudara. Sejak kecil sampai duduk di bangku SMP, Rama bersekolah di tanah kelahirannya, hingga saat menginjak bangku SMA, Rama memutuskan untuk pindah dan bersekolah di Ibukota, tepatnya di Palembang. Pada saat itu Rama merelakan diri untuk tinggal di kost seorang diri demi mengembangkan lebih jauh kemampuan dan pengalamannya di kota besar. Setelah lulus dari bangku SMA, Rama berhasil diterima di Universitas Negeri ternama di kota Bandung, Jawa Barat, yaitu Universitas Negeri Padjadjaran, mengambil Jurusan Sastra Perancis.

Karier[sunting | sunting sumber]

2010–Sekarang: Awal karier dan debut solo[sunting | sunting sumber]

Di usia 13 tahun, Rama memulai karirnya di dunia musik dan modelling. Pada saat itu Rama duduk di bangku SMP, dan mencoba untuk mengeksplor kemampuan dirinya di dunia entertainment, dengan mengikuti lomba modelling, kursus piano, dan juga ia mulai tergabung dalam grup band musik di sekolahnya sebagai seorang vokalis.

Pada saat berumur 19 tahun, tepatnya di tahun 2016. Rama terpilih menjadi grandfinalist sebuah ajang pencarian bakat di salah satu stasiun TV swasta (Global TV), yaitu STARTEEN 2016. Sejak saat itu ia memulai karirnya di dunia entertainment secara lebih professional. Ia mulai mendapatkan pekerjaan mulai dari iklan, model photoshoot dan runaway, juga ia berkesempatan untuk memulai karir acting nya dengan membintangi beberapa film, mulai dari short movie hingga film layar lebar.

Tahun 2021 menjadi tahun kemunculan Rama Syarief sebagai actor professional. Rama memulai debut film pertamanya bersama beberapa pemain film senior, diantaranya Oka Antara dan Jajang C. Noer, yang tayang di sebuah platform film digital. Film tersebut berjudul ‘Dengar’, dan bergenre Horror. Rama berperan sebagai karakter Gantar, seorang polisi muda yang membantu sahabatnya untuk menyelesaikan masalah mistis.

Selang beberapa bulan, Rama Syarief juga ikut membintangi sebuah film remaja bergenre Cinta, dengan judul ‘Love Knots’ bersama Rizky Nazar, Beby Tsabina dan Vladimir Rama. Ia berperan sebagai Yuda, yang merupakan seorang cowo playboy, yang disukai oleh Eliza, sahabat Rara (Beby Tsabina). Film ini ditayangkan di Tiket.com.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Singel[sunting | sunting sumber]

Judul Detail album
"Satu Alasan"
  • Rilis: 2021
  • Label: Inspire Music
  • Pencipta: Michael Juan dan Rama Syarief

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2021 Dengar Gantar
Love Knots Yuda

Serial web[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2021 Komax (Komedi Maximal) Dirinya sendiri

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]