Radium Girls

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Radium Girls
SutradaraLydia Dean Pilcher
Ginny Mohler
ProduserLydia Dean Pilcher
Emily McEvoy
PenulisGinny Mohler
Brittany Shaw
PemeranJoey King
Abby Quinn
Penata musikLillie Rebecca McDonough
SinematograferMathieu Plainfossé
PenyuntingGiacomo Ambrosini
Ben Garchar
Seth Skundrick
Perusahaan
produksi
Cine Mosaic
DistributorJuno Films
Tanggal rilis
  • 27 April 2018 (2018-4-27) (Tribeca)
  • 23 Oktober 2020 (2020-10-23)
Durasi102 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaEnglish

Radium Girls adalah sebuah film drama Amerika tahun 2018 yang disutradarai oleh Lydia Dean Pilcher dan Ginny Mohler, dan dibintangi oleh Joey King dan Abby Quinn. Lily Tomlin dan Jane Wagner berperan sebagai produser eksekutif.[1][2] Awalnya diputar di Festival Film Tribeca pada tahun 2018, film ini seharusnya dirilis ke bioskop Amerika Utara pada awal April 2020. Rilisnya ditunda karena pandemi COVID-19. Pada tanggal 23 Oktober 2020, film ini dirilis di bioskop tertentu dan bioskop virtual.[3]

Plot[sunting | sunting sumber]

Bessie dan Josephine "Jo" Cavallo adalah saudara perempuan yang tinggal bersama kakek mereka di New Jersey. Kedua bersaudara itu bekerja di American Radium.

Suatu hari, Bessie bertemu Walt, seorang komunis muda dan fotografer, yang datang untuk mengambil gambar wanita muda yang bekerja di pabrik. Bessie dan Walt saling jatuh cinta, masing-masing semakin terlibat dalam kehidupan masing-masing. Walt membawa Bessie ke dunia pemikiran politik subversif dan budaya kontra, pada satu titik mengarahkannya ke Ms. Wiley, yang memimpin Liga Konsumen New Jersey.

Jo akhirnya jatuh sakit, Bessie mencari bantuan. Ketika Pak Roeder, mandor, mengirim dokter perusahaan, Dr. Flint, yang terakhir tidak menemukan masalah dengan Jo. Setelah para suster memintanya untuk melakukan lebih banyak tes, dia kembali dengan diagnosis sifilis, yang merupakan diagnosis yang sama yang diberikan kepada saudari tertua Cavallo, Mary, sebelum dia meninggal dua tahun sebelumnya.

Para suster Cavallo menolak untuk menerima diagnosis ini, terutama karena Jo masih perawan. Mereka mencari bantuan dari Wiley, yang bersedia melawan American Radium, tetapi dia memperingatkan mereka bahwa prosesnya tidak akan mudah. Bessie mencoba memperingatkan gadis-gadis lain di pabrik tentang bahaya dan mendesak mereka untuk diuji, tetapi kebanyakan enggan untuk diuji. Setelah tubuh Mary ditest dan diuji, tulang-tulangnya ditemukan radioaktif, memperkuat kasus melawan American Radium. Akhirnya dua gadis lagi bergabung dengan Cavallo bersaudara, tapi American Radium menanggapi momentum ini dengan mencoba memaksa Cavallo bersaudara untuk diam, dan kemudian mengintimidasi mereka dengan mengikuti mereka ketika mereka berjalan sendirian.

Akhirnya, Mr Henry Berry setuju untuk mewakili kasus pelukis dial. Persidangan berlangsung dan tampaknya berjalan dengan baik, tetapi Bessie tahu dia membutuhkan dukungan yang lebih kuat untuk pihaknya, jadi dia mencari Tuan Leech, pengawas cabang, yang juga memiliki hubungan rahasia dengan Mary sebelum kematiannya. Bessie akhirnya menemukan Leech di rumah sakit, keracunan radium. Setelah meyakinkan Leech setuju untuk bersaksi atas nama pelukis dial, karena cinta yang dia pegang untuk Mary. Namun, ketika dia dipanggil untuk berdiri, dia berbohong, mengatakan bahwa dia tidak pernah memiliki hubungan dengan Mary, dan bahwa dia tidak pernah memperingatkannya tentang bahaya radium. Ketika Bessie bertanya kepadanya mengapa dia mengubah kesaksiannya, dia mengatakan bahwa saudara perempuannya meninggal karena kanker, dan sementara dia tidak dapat membantu atau menyembuhkannya, setidaknya American Radium akan menafkahi anak dan cucunya, jadi dia harus membantunya. bertahan.

Setelah American Radium meminta perpanjangan negosiasi yang lama, hakim menegosiasikan kesepakatan atas nama para korban (sekarang dijuluki "Gadis Radium"). Gadis-gadis itu diberikan $10.000, masing-masing, dan pabrik di New Jersey akan ditutup. Gadis-gadis itu senang, kecuali Bessie. Bessie enggan menerima kesepakatan ini, karena dia ingin dampak kasus ini lebih luas lagi - tetapi, seperti yang dikatakan Wiley, "Ini tidak akan pernah berakhir." Semua gadis akhirnya menandatangani penyelesaian.

Epilog menyatakan bahwa radium digunakan untuk melukis sampai tahun 1970-an, bahwa hakim yang telah merundingkan penyelesaian adalah pemegang saham di Radium Amerika, bahwa "Kasus Radium Girls berdampak pada undang-undang perburuhan di Amerika Serikat, dan bahwa jika Anda menempatkan Penghitung Geiger di atas kuburan Gadis Radium, "itu akan berbunyi klik selama lebih dari seribu tahun."

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Film ini memiliki rating 76% di Rotten Tomatoes berdasarkan 33 ulasan, dengan average rating sebesar 6,4/10.[4] Metacritic melaporkan skor 52 dari 100 berdasarkan enam ulasan kritikus, yang menunjukkan "ulasan campuran atau rata-rata".[5]

Roxana Hadidi dari RogerEbert.com menganugerahi film tersebut satu setengah bintang.[6] Kate Erbland dari IndieWire menilai film ini C+.[7]

Jessica Kiang dari Variety memberikan ulasan negatif kepada film tersebut dan menulis, "...film ini bertujuan untuk kisah nyata yang menginspirasi, tetapi sayangnya tidak terinspirasi, dan hubungannya dengan sejarah nyata sangat buruk. dikaburkan oleh cara skematis fiksi."[8]

Frank Scheck dari The Hollywood Reporter memberikan ulasan positif kepada film tersebut dan menulis, "Meskipun eksekusi sinematik anggaran rendah terkadang terasa kurang, film ini memenuhi fungsi vital dengan dramatisasi bab penting dalam sejarah reformasi perburuhan Amerika."[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ D'Alessandro, Anthony (25 February 2020). "Lily Tomlin-Produced Feature 'Radium Girls' Starring Joey King & Abby Quinn Acquired By Juno Films". Deadline Hollywood. Diakses tanggal 11 August 2020. 
  2. ^ Reimann, Tom (28 February 2020). "Watch Joey King Uncover the Radium Scandal in First 'Radium Girls' Trailer". Collider (website). Diakses tanggal 11 August 2020. 
  3. ^ Kinane, Ruth (22 September 2020). "Joey King fights for female factory workers in Radium Girls clip". Entertainment Weekly. Diakses tanggal 24 October 2020. 
  4. ^ "Radium Girls (2020)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 4 December 2020. 
  5. ^ "Radium Girls Reviews". Metacritic. Diakses tanggal 5 December 2020. 
  6. ^ Hadidi, Roxana (23 October 2020). "Radium Girls". RogerEbert.com. Diakses tanggal 24 October 2020. 
  7. ^ Erbland, Kate (22 October 2020). "'Radium Girls' Review: A Forgotten Slice of American Trauma Gets an Important but Inert Retelling". IndieWire. Diakses tanggal 24 October 2020. 
  8. ^ Kiang, Jessica (23 October 2020). "'Radium Girls' Review: Well-Meaning but Pallid 1920s Drama About the Industrial Radium Cover-Up". Variety. Diakses tanggal 24 October 2020. 
  9. ^ Scheck, Frank (20 October 2020). "'Radium Girls': Film Review". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 24 October 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]