Lompat ke isi

Radiometri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Radiometri adalah serangkaian teknik untuk mengukur radiasi elektromagnetik, termasuk cahaya tampak. Teknik radiometrik dalam optik mengkarakterisasi distribusi daya radiasi di ruang angkasa, berbeda dengan teknik fotometri, yang mengkarakterisasi interaksi cahaya dengan mata manusia. Perbedaan mendasar antara radiometri dan fotometri adalah bahwa radiometri memberikan seluruh spektrum radiasi optik, sedangkan fotometri terbatas pada spektrum tampak. Radiometri berbeda dari teknik kuantum seperti penghitungan foton.

Penggunaan radiometer untuk menentukan suhu benda dan gas dengan mengukur fluks radiasi disebut pirometri. Perangkat pirometer genggam sering dipasarkan sebagai termometer inframerah.

Radiometri penting dalam astronomi, terutama astronomi radio, dan memainkan peran penting dalam penginderaan jarak jauh Bumi. Teknik pengukuran yang dikategorikan sebagai radiometri dalam optik disebut fotometri dalam beberapa aplikasi astronomi, berbeda dengan penggunaan istilah optik.

Spektroradiometri adalah pengukuran kuantitas radiometrik absolut dalam pita panjang gelombang yang sempit.[1]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ Leslie D. Stroebel; Richard D. Zakia (1993). Focal Encyclopedia of PhotographyPerlu mendaftar (gratis) (edisi ke-3rd). Focal Press. hlm. 115. ISBN 0-240-51417-3. spectroradiometry Focal Encyclopedia of Photography.