Republik Sosialis Federasi Soviet Transkaukasia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Republik Sosialis Federasi Soviet Transkaukasia
bahasa Armenia: Անդրկովկասի Սովետական Սոցիալիստական Ֆեդերատիվ Հանրապետություն
bahasa Azerbaijan: Zaqafqaziya Sosialist Federativ Sovet Respublikası
bahasa Georgia: ამიერკავკასიის საბჭოთა ფედერაციული სოციალისტური რესპუბლიკა
bahasa Rusia: Закавказская Социалистическая Федеративная Советская Республика

 

 

1922–1936
 

 

Bendera Lambang
Lokasi RSFS Transkaukasia (merah) dalam Uni Soviet
Ibu kota Tbilisi
Bahasa Georgia
Azerbaijan
Armenia
Rusia
Pemerintahan Republik Sosialis Soviet
Sejarah
 -  Didirikan 12 Maret 1922
 -  Dibubarkan 5 Desember 1936
Luas
 -  1922 186.100 km² (71.854 mil²)
Mata uang Rubel Transkaukasia, Rubel Uni Soviet

Republik Sosialis Federasi Soviet Transkaukasia, juga dikenal sebagai Federasi Transkaukasia, atau SFSR Transkaukasia, adalah sebuah republik konstituen dari Uni Soviet yang terdapat dari tahun 1922 sampai 1936. Sekarang, wilayahnya menjadi bagian dari Armenia, Azerbaijan, dan Georgia. Karena wilayahnya yang terpisah dari Rusia oleh Pegunungan Kaukasus, mereka sebelumnya disebut sebagai Republik-Republik Transkaukasia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Akar dari pembagian wilayah Transkaukasia dapat diusur dari runtuhnya Kekaisaran Rusia pada tahun 1918, berikut terjadinya Revolusi Oktober, ketika provinsi-provinsinya yang terdapat di Kaukasus memerdekakan dirinya dan membentuk negara federasi mereka sendiri, yang disebut Republik Demokratik Federatif Transkaukasia. Akibat dari persaingan-persaingan etnik yang terjadi dan konfrontasi Perang Dunia I dengan Kesultanan Utsmaniyah, Republik Demokratik Federatif Transkaukasia akhirnya pun bubar hanya dua bulan kemudian, pada April 1918.

Tiga negara penerusnya, yaitu Republik Armenia Pertama, Republik Demokratik Azerbaijan, dan Republik Demokratik Georgia, bertahan sampai akhir dari perang saudara Rusia yang berlangsung di sisi lain Pegunungan Kaukasus, ketika mereka diinvasi oleh Tentara Merah dan disovietisasi. Setelah Vladimir Lenin memberikan usulannya, ketika negara ini yang sekarang merupakan Republik-Republik Soviet, RSS Armenia, Azerbaijan, dan Georgia, digabungkan menjadi Uni Federasi Republik-Republik Sosialis Soviet Transkaukasia pada 12 Maret 1922. Di tahun yang sama, pada 13 Desember, Kongres Soviet Transkaukasia Pertama merubah federasi negara-negara ini menjadi negara federasi, dan menamainya ulang menjadi Republik Sosialis Federasi Soviet Transkaukasia, walaupun otonomi republik-republik konstituen ini tidak dirubah. Kongresnya juga mengadopsi konstitusi, mengangkat Komite Eksekutif Pusat (lembaga legislatif tertinggi), dan Dewan Komisar Rakyat (pemerintah). Mamia Orakhelashvili, seorang pemimpin Bolshevik Georgia, menjadi ketua Dewan Komisar Rakyat RSFS Transkaukasia yang pertama. Tbilisi merupakan ibu kota republik ini.

Negara ini menjadi anggota pendiri Uni Soviet pada 30 Desember, bersama dengan RSFS Rusia, RSS Ukraina, dan RSS Byelorusia. Pada tahun 1936, RSFS Transkaukasia bubar dan kembali lagi menjadi RSS Georgia, Armenia, dan Azerbaijan.

Republik-Republik Otonomi dalam RSFS Transkaukasia[sunting | sunting sumber]

Peta wilayah Transkaukasia pada masa Soviet

Setelah Invasi Tentara Merah ke Georgia, Abkhazia, yang merupakan sebuah provinsi otonomi di dalam Republik Demokratik Georgia, dideklarasikan menjadi sebuah Republik Soviet, RSS Abkhazia pada Maret 1921 oleh Komite Revolusionaris Abkhazia. Akan tetapi, hubungannya dengan Georgia dan Rusia tidak dibentuk secara formal. Pada 16 Dsember 1921, Abkhazia menandatangani sebuah perjanjian aliansi dengan RSS Georgia, yang merupakan sebuah perjanjian republik (bahasa Rusia: договорная республика) dan mendirikan serikat militer, politik, dan ekonomi antara kedua republik Soviet ini, menghubungkan RSS Abkhazia dengan RSS Georgia. Kemudian, melalui Georgia, Abkhazia bergabung dengan RSFS Transkaukasia dan diperlakukan sederajat dengan republik-republik lain yang terdapat di dalam federasi tersebut. Pada 19 Februari 1931, status kerepublikan Abkhazia diturunkan, atas perintah Joseph Stalin, menjadi Republik Otonomi Sosialis Soviet dibawah RSS Georgia.

Republik Otonomi Sosialis Soviet Adjar dibentuk pada 16 Juli 1921 di dalam RSS Georgia, sebagai konsekuensi dari Traktat Kars. Traktat tersebut mendandai berakhirnya Perang Kaukasus di Perang Dunia I, dengan syarat pembagian daerah Oblast Batum di Kegubernuran Kutaisi di dalam Kekaisaran Rusia antara Georgia dan Turki. Menurut persetujuannya, bagian utara yang mempunyai penduduk Muslim Georgia yang cukup banyak akan menjadi bagian dari Soviet Georgia, tetapi diberikan atonomi.

Sebuah republik otonomi baru dibentuk pada Juli 1920 di Nakhchivan, sebuah wilayah yang berbatasan dengan Armenia, Turki, dan Iran, yang diklaim oleh Armenia dan Azerbaijan. Setelah wilayah tersebut diduduki oleh Tentara Merah, Republik Otonomi Sosialis Soviet Nakhchivan dideklarasikan, dan dengan "hubugan yang lebih dekat" kepada RSS Azerbaijan. Traktat Moskow dan Traktat Kars menyatakan bahwa republik otonomi tersebut merupakan bagian dari Soviet Azerbaijan.

Ketua-Ketua[sunting | sunting sumber]

Ketua Dewan Serikat[sunting | sunting sumber]

Nama Tanggal Partai
Nariman Narimanov Maret-Desember 1922 Partai Komunis Azerbaijan
Polikarp Mdivani Maret-Desember 1922 Partai Komunis Georgia
Aleksandr Myasnikyan Maret-Desember 1922 Partai Komunis Armenia

Ketua Presidium Komite Eksekutif Pusat Uni Soviet dari RSFS Transkaukasia

Nama Tanggal Partai
Nariman Narimanov 1922-1925 Partai Komunis Azerbaijan
Gazanfar Musabenkov 1925-1938 Partai Komunis Azerbaijan

Ketua Komite Eksekutif Pusat

Nama Periode Untuk
Mikhail Tskhakaya (Kali Pertama) 1922-1927 Georgia
Samad aga Aliyev 1922-1929 Azerbaijan
Sarkis Ambartsumyan 1922-1925 Armenia
Sarkis Kasyan 1927-1931 Armenia
Filipp Makharadze (Kali Pertama) 1927-1928 Georgia
Mikhail Tskhakaya (Kali Kedua) 1928-1931 Georgia
Gazanfar Musabekov 1929-1931 Azerbaijan
Filipp Makharadze (Kali Kedua) 1931-1935 Georgia
Armenek Ananjan 1931-1935 Armenia
Sultan Majid Afandiyev 1931-1936 Azerbaijan
Sergo Martikiyan 1931-1936 Armenia
Avel Enukidze Maret-Mei 1935 Georgia
Filipp Makharadze 1935-1936 Georgia

Prangko dan Sejarah Pos[sunting | sunting sumber]

Prangko seharga dua kopek tahun 1923

Sebelum 1923, Georgia, Armenia, dan Azerbaijan masing-masing menerbitkan prangko sendiri. Federasi ini mulai menerbitkan prangkonya sendiri pada 15 September 1923, dan menggantikan prangko-prangko terbitan masing-masing republik pada 1 Oktober. Terbitan pertama berisi sejumlah prangko Rusia dan Armenia yang diatasnya dicetak dengan sebuah bintang yang di dalamnya terdapat singkatan dari nama federasi ini. Akibat dari inflasi yang besar, RSFS Transkaukasia kemudian mengeluarkan desainnya sendiri, empat desain dengan pemandangan ladang minyak, dan empat desain dengan montase dari simbol-simbol Soviet yang dibawahnya terdapat pemandangan pegunungan dan mesin-mesin pengebor minyak, dengan harga mulai dari 40.000 sampai 500.000 rubel. Prangko seharga 40.000 rubel dan 75.000 rubel kemudian diganti menjadi seharga 700.000 rubel. Pada 24 Oktober, prangko-prangko ini kembali diterbitkan dengan harga mulai dari 1 sampai 18 kopek emas. Mulai tahun 1924, federasi ini menggunakan prangko Uni Soviet.

Kebanyakan prangko federasi ini tidak begitu jarang, dengan harga pada tahun 1998 sekitar 1-2 Dolar AS, walaupun desain prangko Armenia dengan cetakan diatasnya dapat berharga sampai dengan 200 Dolar AS. Seperti yang dapat diperkirakan dari masa penggunaan yang singkat, prangko-prangko yang sudah digunakan lebih tidak biasa dibandingkan yang belum digunakan dan yang dengan pelindung lebih jarang kelihatan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]