RPG-2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

RPG-2 (bahasa Rusia: РПГ-2, Ручной противотанковый гранатомёт-2, Ruchnoy Protivotankovy Granatomyot) adalah senjata anti-tank yang dapat dibawa-bawa oleh personel dan dirancang di Uni Soviet. Itu adalah senjata anti-tank pertama yang berhasil dari jenisnya, menjadi penerus RPG-1 sebelumnya yang tidak berhasil.[1][2][3][4]

RPG-2 menawarkan jangkauan dan penetrasi armor yang lebih baik, membuatnya berguna melawan tank di akhir dan pasca-Perang Dunia II, berbeda dengan RPG-1 yang hanya memiliki utilitas marginal. Desain dan tata letak dasar ditingkatkan lebih lanjut untuk menghasilkan RPG-7 yang ada di mana-mana. Senjata ini berbobot 2,83 kg tidak bersenjata, 4,67 kg siap menembak. Panjangnya 1.200 mm, kaliber 40 mm barel, 82 mm hulu ledak. Tingkat tembakan 3-4 putaran per menit. Jarak tembak yang efektif 100–150 m, jarak tembak maksimum 200 m.

RPG-2 adalah pendahulu dari RPG-7 yang terkenal. Senjata itu diperkenalkan pada tahun 1949 dan, dalam beberapa tahun, sebagian besar sudah usang melawan banyak tank modern. Namun, ia mengisi peran penting sebagai senjata pendukung penghancuran kendaraan, bangunan, dan "target lunak".

Desain senjata ini dimulai pada akhir Perang Dunia II. Idenya adalah untuk mengembangkan senjata dengan karakteristik terbaik dari Panzerfaust Jerman dan Bazooka AS. Mereka melanjutkan dengan desain yang dikenal sebagai RPG-1. Namun, ia memiliki beberapa masalah seperti penetrasi armor yang rendah, kinerja yang tidak konsisten, dan jarak yang pendek. Sebuah desain baru dimulai dan, akhirnya, tujuan awal tercapai di RPG-2. Meskipun diperkenalkan pada tahun 1949, RPG-2 tidak melihat layanan yang luas sampai setelah Perang Korea.

Tank dengan cepat mengembangkan baju besi yang jauh lebih berat, sehingga RPG-2 tidak lagi berguna untuk melawan mereka. Oleh karena itu, RPG-7 dikembangkan pada tahun 1961 untuk menggantikan RPG-2 dalam peran anti-tank, meskipun RPG-2 masih digunakan oleh sekutu Soviet selama bertahun-tahun. Senjata ini masih kita jumpai hingga saat ini.

Meskipun tidak memiliki kekuatan untuk menghadapi tank tempur utama yang sudah usang sekalipun, RPG-2 tetap cukup populer selama bertahun-tahun hingga sekarang, dengan kesederhanaan, keandalan, bobotnya yang ringan, murahnya, kemudahan penggunaan, dan efektivitasnya terhadap kendaraan lapis baja ringan, bangunan, kendaraan non-lapis baja, dan target serupa lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]