Quintus Petillius Cerialis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Quintus Petilius Cerialis Caesius Rufus (lahir 30M - tewas setelah 83M) adalah seorang jenderal Romawi dan administrator yang bertugas di Inggris selama Pemberontakan Boudica dan juga berpartisipasi dalam perang sipil setelah kematian Nero. Ia kemudian mengalahkan pemberontakan Julius Civilis dan kembali ke Inggris sebagai gubernur.

Namanya menunjukkan bahwa dia adalah anak angkat dari keluarga Caesius dari Petilii. Kakaknya mungkin adalah Caesius Nasica.

Pemberontakan Boudican[sunting | sunting sumber]

Tugas pertamanya yang penting adalah sebagai wakil dari legiun Romawi IX Hispana (Legion Hispanik Kesembilan) di provinsi Romawi dari Britannia, di bawah gubernur Gaius Suetonius Paulinus. Dia mengambil bagian dalam kekalahan dari Pemberontakan 60/61 yang dipimpin oleh Ratu Boudica dari Iceni, meskipun ia mengalami kekalahan yang serius ketika mencoba untuk membebaskan kota Camulodunum (Colchester), yang dihancurkan oleh Inggris. Kekuatan-nya, Legiun Kesembilan, hampir dimusnahkan dalam Pertempuran Camulodunum karena mereka berbaris untuk membebaskan koloni. Pada saat mereka mendekati kota, kota it sudah jatuh, dan tentara itu diserang dengan kekuatan penuh dari suku Inggris yang baru saja memenangi pertarungan. Mereka kewalahan, dan hanya kavaleri, termasuk Cerialis, berhasil melarikan diri ke benteng.[1] para korban tersisa tetap tinggal di dalam benteng sampai bergabung dengan Suetonius Paulinus, setelah kemenangan akhir.

Perang sipil[sunting | sunting sumber]

Sebagai kerabat Vespasian, Cerialis dibuat sandera oleh Vitellius tahun 69M, selama perang sipil dari Tahun Empat Kaisar. Cerialis berhasil melarikan diri menyamar sebagai petani dan bergabung dengan tentara Flavianus. Dia adalah salah satu pemimpin kavaleri yang menaklukkan Roma untuk mendekati Vespasian.[2] perannya adalah untuk memasuki kota Roma melalui Sabian, wilayah sepanjang Via Salaria.[3]

Keberhasilan ini dan kepercayaan dari saudara tirinya memberinya tongkat kepemimpinan XIV Gemina, yang kemudian ditempatkan di provinsi Germania Inferior. Lagi, Cerialis harus berurusan dengan pemberontakan lokal, pemberontakan Batavia, di mana suku-suku lokal, yang dipimpin oleh Julius Civilis, pangeran romanis, mengepung dua legiun Romawi di Xanten. Cerialis lagi-lagi sukses dan menerima gelar kehormatan dari Vespasian.

Akhir karier[sunting | sunting sumber]

Tahun 71M, Cerialis diangkat gubernur di Inggris, ia membawa II Adiutrix ke provinsi Inggris. Ia didukung oleh Gnaeus Julius Agricola, komandan Legiun XX Valeria Victrix.[4]

Sebagai gubernur, Cerialis melakukan operasi militer melawan suku Brigantes Inggris utara. Tahun 74M, Cerialis meninggalkan Inggris dan kembali ke Roma sebagai konsulromawi. Tahun 83M, ia dinominasikan konsul untuk kedua kalinya, sebagai mitra junior dari Kaisar Domitian.

Menurut Ensiklopedi Britannica tahun 1911 Tacitus mengatakan bahwa dia adalah seorang prajurit yang berani daripada jenderal yang hati-hati, dan memilih untuk mempertaruhkan segalanya pada isu keterlibatan dirinya. Ia memiliki kefasihan alam dari jenis yang mudah mengimbau kepada prajuritnya. Kesetiaannya kepada atasannya yang tak tergoyahkan."[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]