Qlue

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Qlue
Jenis situs
Situs web
Portal web
BahasaIndonesia
PemilikPT Qlue Performa Indonesia
PenciptaRama Raditya
Situs webwww.qlue.co.id
KomersialYa
Diluncurkan2016
StatusAktif

Qlue (PT Qlue Performa Indonesia) adalah perusahaan teknologi yang mengembangkan ekosistem smart city di Indonesia. Perusahaan ini didirikan oleh Rama Raditya dan Andre Hutagalung. Qlue membantu instansi pemerintah dan swasta untuk semakin cepat dan responsif dalam menerima laporan dan masalah dengan memanfaatkan platform berbasis mobile, kecerdasan buatan, dan Internet of Things (IoT).

Solusi smart city Qlue terdiri atas:

  1. QlueApp adalah aplikasi pelaporan publik untuk berbagai masalah sosial dan lingkungan di kota, seperti limbah, lampu lalu lintas yang rusak, parkir ilegal, pengemis dan lain-lain. QlueApp memiliki fitur Real-Time Reporting, Geo-Spatial Mapping dan Chat & Gamification.
  2. QlueVision adalah produk kecerdasan buatan yang terintegrasi ke sistem CCTV untuk mengenali objek secara otomatis, sehingga mampu meningkatkan keamanan dan keselamatan hingga 40%. QlueVision memiliki kemampuan identifikasi wajah, penghitungan orang, identifikasi nomor kendaraan bermotor, penghitungan dan klasifikasi kendaraan, pendeteksi gangguan, serta pendeteksi parkir ilegal.
  3. QlueWork adalah aplikasi untuk mengatur  dan mengkoordinasi tugas-tugas di lapangan. QlueWork juga dapat berfungsi untuk pesan peringatan keamanan dan keselamatan langsung dari QlueVision maupun aplikasi pihak ketiga lainnya. QlueWork memiliki fitur sistem komunikasi yang aman (chat, panggilan & konferensi video serta layanan streaming), aplikasi mobile, dan sistem penugasan internal.
  4. QlueSense memperkuat objek dengan sensor-sensor agar bisa beroperasi secara otomatis menggunakan teknologi AI dan IoT, yang bisa meningkatkan efisiensi dalam hal smart mobility untuk mengurangi kemacetan jalan dan mengoptimalkan keamanan. QlueSense mempunyai fitur Voice Guard yaitu sistem text-to-speech otomatis dalam bahasa indonesia dengan kemampuan memperingatkan pelaku parkir liar secara otomatis melalui analisis smart CCTV, memperingatkan pelanggar lalu lintas secara otomatis. QlueSense juga memiliki fitur Dynamic Traffic Control yaitu sistem kecerdasan buatan dan Internet of Things (IoT) yang meningkatkan kemampuan lampu pengatur lalu lintas, menerima laporan dan analisis dari data lalu lintas (analisis smart CCTV), serta mengatur durasi lampu lalu lintas secara dinamis berdasarkan jumlah intensitas kendaraan.
  5. QlueDashboard adalah platform integrasi data yang memberikan laporan secara real-time untuk membantu efisiensi dan efektivitas dalam manajemen dan alokasi sumber daya di lapangan. QlueDashboard memiliki kemampuan dashboard yang komprehensif, integrasi tanpa gangguan, pelaporan secara mobile, analisis big data, dan dynamic traffic control
  6. QlueThermal merupakan solusi yang terdiri dari sensor pemindai suhu, sensor jarak, dan kamera. Teknologi AI yang disematkan ke kamera QlueThermal mampu mendeteksi penggunaan masker dan mengenali lebih dari 100 jenis masker secara otomatis dengan tingkat akurasi sebesar 98%. Sensor suhu pada QlueThermal bisa mendeteksi suhu tubuh orang dengan akurasi sebesar 99% dengan jarak maksimum satu meter. Keseluruhan proses pendeteksian tersebut memakan waktu kurang dari satu detik.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • 2015 Google Playstore: Dinominasi sebagai Aplikasi Lokal Terbaik
  • 2015 Free Magazine #2: Aplikasi Lokal Terbaik
  • 2016 Top #3 Over The Top (OTT) Nasional oleh ATSI dan Kemenkominfo
  • 2016 Liputan 6 Awards nominasi Sosok Inspiratif di Bidang Teknologi
  • 2017 Pendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) No.16 oleh Junior Chamber International Malaysia
  • 2018 Best Mobility Project dari The World's Smart Cities Organizations (WSCO) di London[1]
  • 2019 Best M-Government Service Award kategori Public Empowerment di ajang 7th World Government Summit 2019 di Dubai, Uni Emirat Arab[2]
  • 2019 Startup of The Year dari Jumpstart Magazine Hong Kong[3]
  • 2019 Best IoT Startup dan Indonesia’s Founder of The Year 2019 dari Indonesia Rice Bowl Startup Awards[4]
  • 2019 The Innovator Award sebagai Forbes Indonesia’s Most Promising Growth-Stage Startup dari Forbes Indonesia[5]
  • 2020 ASEAN Best IoT Startup di ajang ASEAN Rice Bowl Startup Awards 2019[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kalahkan 300 Kompetitor, Qlue Sabet Penghargaan Best Mobility Project". Warta Ekonomi. 2018-10-17. Diakses tanggal 2020-02-10. 
  2. ^ "Qlue wins Best M-Government Service award at World Government Summit". The Jakarta Post (dalam bahasa Inggris). 2019-02-21. Diakses tanggal 2020-02-10. 
  3. ^ "Qlue Sabet Penghargaan Startup of The Year 2019". Bisnis.com. 2019-08-06. Diakses tanggal 2020-02-10. 
  4. ^ "Memasuki Kuartal IV-2019, Qlue Raih Tiga Penghargaan Bergengsi dari Rice Bowl Startup Awards dan Forbes". Kontan. 2019-10-22. Diakses tanggal 2020-02-10. 
  5. ^ "Qlue Raih Tiga Penghargaan Bergengsi dari Rice Bowl Startup Awards dan Forbes Indonesia". Berita Satu. 2019-10-23. Diakses tanggal 2020-02-10. 
  6. ^ "Qlue Dapat Penghargaan Best IoT Startup Se-ASEAN". Detik.com. 2020-02-03. Diakses tanggal 2020-02-10. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]