Qlue

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Qlue ( PT Qlue Performa Indonesia ) adalah perusahaan rintisan teknologi asal Jakarta, Indonesia. Pendiri dari Qlue adalah Rama Raditya dan Andre Hutagalung. Perusahaan Qlue secara resmi berdiri pada 12 Februari 2016, namun aplikasi Qlue telah beredar di publik sejak diluncurkan pada Desember tahun 2014 bersama mitra pertama mereka Pemprov DKI Jakarta pada program Jakarta Smart City. Nama dari Qlue sendiri berasal dari kata "petunjuk" yang "berkualitas".

Produk Qlue beragam, ditujukan ke pemimpin yang berbeda-beda. Berikut adalah produk dari Qlue :

  1. QlueMyCity-- Ditujukan kepada pemimpin provinsi (Gubernur) dan pemerintah kota (Wali kota/Bupati) beserta jajarannya, MyCity memberikan visualisasi data sebuah kota agar pemimpin kota tersebut dapat menentukan keputusan berbasis data. Data yang dihimpun termasuk data pelaporan masyarakat, kondisi lalu lintas, kemiskinan, insiden, kemiskinan, pajak dan sebagainya. Dengan menghimpun dan memvisualisasikan data Qlue berharap pemimpin kota dapat menghasilkan kebijakan dan tindakan yang lebih efektif. MyCity berawal digunakan oleh Jakarta Smart City dan sekarang sudah digunakan oleh lebih dari 25 kota di Indonesia.
  2. Qluster—Mencoba untuk memberikan solusi kepada pengembang kota mandiri, perumahan dan apartemen melalui aplikasi yang terhubung kepada dashboard untuk pembayaran IPL, pelaporan warga, tombol panik, berita dan layanan jasa. Qluster sendiri membantu pemilik kawasan untuk lebih mudah untuk melakukan pengawasan yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 kota mandiri terbesar di Indonesia.
  3. QlueSafe—Demi keamanan kota-kota di Indonesia agar jauh dari kriminalitas, terorisme, penipuan dan lainnya, Qlue bekerjasama dengan kepolisian dan badan keamanan lainnya untuk memonitor petugas di lapangan yang sedang bekerja agar dengan cepat dapat meningkatkan komunikasi untuk mengidentifikasi permasalahan di lapangan. QlueSafe memiliki fitur untuk komunikasi yang aman dengan pusat komando. Saat ini QlueSafe sudah digunakan oleh badan keamanan di 18 provinsi di Indonesia.
  4. QlueVision—Dengan berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI) melalui Computer Vision, QlueVision menghadirkan dashboard yang dapat memproses CCTV biasa menjadi cerdas sepert i melakukan penghitungan kendaraan / pejalan kaki, facial recognition dan license plate recognition. Produk ini sudah banyak membantu banyak perusahaan dan badan pemerintah agar dapat mengurangi cost dan kesalahan manusia dalam me-monitor CCTV yg ada secara signifikan.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Beberapa penghargaan yang diraih oleh aplikasi Qlue adalah:

  • 2015 Google Playstore "Karya Anak Bangsa" #4 : Aplikasi Terbaik di Indonesia
  • 2015 Google Playstore : Dinominasi sebagai Aplikasi Lokal Terbaik
  • 2015 Free Magazine #2 : Aplikasi Lokal Terbaik
  • 2016 Top #3 Over The Top (OTT) Nasional oleh ATSI dan Kemenkominfo
  • 2016 Liputan 6 Awards nominasi Sosok Inspiratif di Bidang Teknologi
  • 2017 Pendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) No.16 oleh Junior Chamber International Malaysia
  • 2018 Pemenang Best Mobility Project versi The World's Smart Cities Organizations (WSCO) di London
  • 2019 Pemenang Best M-Government Service Award di World Government Summit 2019 di Dubai

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. Website resmi Qlue
  2. Media sosial resmi Qlue: Instagram, Twitter, dan Youtube