Qi (negara bagian)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Qi


*Dzəj
1046 BC–221 BC
Qi in 260 BC
Qi in 260 BC
StatusDuchy (1046–323 BC)
Kingdom (323–221 BC)
Ibu kotaYingqiu (11 c.–866 BC)
Bogu (866–859 BC)
Linzi (859–221 BC)
Agama
Chinese folk religion
ancestor worship
PemerintahanMonarchy
King of Qi 
Chancellor 
• 685–645 BC
Guan Zhong
Sejarah 
• Enfeoffment of Duke Tai
1046 BC
• Conquered by Qin
221 BC
Mata uangKnife money
Didahului oleh
Digantikan oleh
Pugu
Qin dynasty
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Qi (negara bagian)

"Qi" in seal script (top), Traditional (middle), and Simplified (bottom) Chinese characters
Hanzi tradisional:
Hanzi sederhana:
The Great Wall of Qi on Dafeng Mountain

Qi, atau Ch'i dalam transliterasi Wade-Giles, adalah sebuah negara pada masa Dinasti Zhou di Tiongkok kuno, yang secara berbeda dianggap sebagai sebuah march, duchy, atau kerajaan independen. Ibukotanya adalah Linzi, yang terletak di wilayah Shandong pada zaman sekarang.

Qi didirikan tak lama setelah Dinasti Zhou menggulingkan Dinasti Shang pada abad ke-11 SM. Marquis pertamanya adalah Jiang Ziya, seorang menteri Raja Wen yang menjadi tokoh legendaris dalam budaya Tiongkok. Keluarganya memerintah Qi selama beberapa abad sebelum digantikan oleh keluarga Tian pada tahun 386 SM. Pada tahun 221 SM, Qi menjadi negara terakhir yang ditaklukkan oleh Qin dalam upaya penyatuan Tiongkok.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bronze knife-shaped coins of State of Qi, collected in Shandong Museum

Awal mula berdirinya[sunting | sunting sumber]

Pada masa penaklukan Dinasti Shang oleh Dinasti Zhou, Jiang Ziya, seorang penduduk asli Kabupaten Ju, bertugas sebagai menteri utama Raja Wu. Setelah kematian Raja Wu, Ziya tetap setia kepada Adipati Zhou selama pemberontakan Gugus Tiga yang gagal melawan wewenang pemerintahannya. Pangeran Shang Wu Geng bergabung dalam pemberontakan tersebut bersama dengan negara-negara Dongyi seperti Yan, Xu, dan Pugu. Pemberontakan ini berhasil dipadamkan pada sekitar tahun 1039 SM dan Jiang diberikan wilayah Pugu di wilayah barat Shandong sekarang sebagai wilayah perbatasan Qi. Sedikit informasi yang masih bertahan dari periode ini, tetapi Bamboo Annals mengindikasikan bahwa penduduk asli Pugu terus memberontak selama sekitar satu dekade lagi sebelum dihancurkan untuk kedua kalinya sekitar tahun 1026 SM.

Pada pertengahan abad ke-9 SM, Raja Yi dari Zhou (memerintah 865–858 SM) menyerang Qi dan mengenyahkan Adipati Ai dengan cara direbus hingga mati. Di bawah pemerintahan Raja Xuan dari Zhou (memerintah 827–782 SM), terjadi pertempuran suksesi lokal. Selama periode ini, banyak suku asli Dongyi diserap ke dalam negara Qi.

Periode Musim Semi dan Musim Gugur[sunting | sunting sumber]

Sacrificial horses discovered in the tomb of Duke Jing of Qi

Pada tahun 706 SM, Qi diserang oleh suku Shan Rong. Qi kemudian meningkat dalam kekuasaan di bawah pemerintahan Adipati Huan dari Qi (685–643 SM). Dia dan menterinya, Guan Zhong, memperkuat negara dengan mengkonsolidasikannya secara sentralistik. Adipati Huan menggabungkan 35 negara tetangga, termasuk Tan, dan memaksa negara-negara lain tunduk pada Qi.

Pada tahun 667 SM, Adipati Huan bertemu dengan para penguasa Lu, Song, Chen, dan Zheng dan terpilih sebagai pemimpin. Selanjutnya, Raja Hui dari Zhou menjadikannya Hegemon pertama. Adipati Huan menyerang Wei karena mendukung rival raja Zhou dan campur tangan dalam urusan Lu. Pada tahun 664 SM, dia melindungi Yan dari serangan suku Rong. Pada tahun 659 SM, dia melindungi Xing dan pada tahun 660 SM, Wei, dari suku Red Di. Pada tahun 656 SM, dia menghentikan ekspansi ke utara dari negara Chu. Setelah kematiannya, pecah perang suksesi di antara putra-putranya yang melemahkan Qi secara signifikan. Hegemoni kemudian berpindah ke negara Jin.

Pada tahun 632 SM, Qi membantu Jin mengalahkan Chu dalam Pertempuran Chengpu. Namun, pada tahun 589 SM, Qi sendiri dikalahkan oleh Jin. Pada tahun 579 SM, keempat kekuatan besar pada saat itu, yaitu Qin (barat), Jin (tengah), Chu (selatan), dan Qi (timur), bertemu untuk menyatakan gencatan senjata dan membatasi kekuatan militer mereka.

Pada tahun 546 SM, sebuah konferensi yang melibatkan keempat kekuatan tersebut mengakui beberapa negara kecil sebagai negara satelit dari Qi, Jin, dan Qin. Konferensi tersebut bertujuan untuk menjaga keseimbangan kekuatan di antara mereka.

Periode negara-negara berperang - Tian Qi[sunting | sunting sumber]

Pada awal periode ini, Qi menggabungkan sejumlah negara kecil di sekitarnya. Qi adalah salah satu negara pertama yang mendukung para sarjana. Pada tahun 532 SM, keluarga Tian menghancurkan beberapa keluarga saingan dan menjadi dominan dalam negara. Pada tahun 485 SM, keluarga Tian membunuh pewaris adipati dan bertempur melawan beberapa keluarga saingan. Pada tahun 481 SM, kepala keluarga Tian membunuh seorang adipati boneka, sebagian besar keluarga penguasa, dan sejumlah kepala suku saingan. Ia mengendalikan sebagian besar negara dan hanya meninggalkan adipati dengan ibu kota Linzi dan wilayah sekitar Gunung Tai.

Pada tahun 386 SM, Keluarga Tian sepenuhnya menggantikan Keluarga Jiang sebagai penguasa Qi. Pada tahun 222 SM, Qi menjadi negara terakhir dari negara-negara berperang yang ditaklukkan oleh Qin, sehingga mengakhiri perang dan menyatukan Tiongkok di bawah Dinasti Qin.

Kebudayaan dari Qi[sunting | sunting sumber]

Sebelum Qin menyatukan Tiongkok, setiap negara memiliki adat dan budaya mereka sendiri. Menurut Yu Gong atau Tribute of Yu, yang ditulis pada abad ke-4 atau ke-5 SM dan termasuk dalam Kitab Dokumen, ada sembilan wilayah budaya yang berbeda di Tiongkok, yang dijelaskan secara detail dalam buku ini. Karya tersebut berfokus pada perjalanan sang bijak, Yu yang Agung, di setiap wilayah tersebut. Teks lainnya, terutama yang berkaitan dengan militer, juga membahas variasi budaya ini.

Salah satu teks tersebut adalah Kitab Master Wu, yang ditulis sebagai tanggapan atas pertanyaan dari Marquis Wu of Wei tentang bagaimana menghadapi negara-negara lain. Wu Qi, penulis karya tersebut, menyatakan bahwa pemerintahan dan sifat penduduk mencerminkan lingkungan tempat mereka tinggal. Mengenai Qi, dia mengatakan:

Meskipun pasukan Qi banyak, organisasi mereka tidak stabil... Penduduk Qi secara alami keras kepala dan negara mereka makmur, tetapi penguasa dan pejabat mereka sombong dan tidak peduli pada rakyat. Kebijakan negara tidak seragam dan tidak ditegakkan dengan tegas. Gaji dan upah tidak adil dan tidak merata, menyebabkan ketidakharmonisan dan ketidakpersatuan. Pasukan Qi disusun dengan pemukul terberat di depan sementara yang lain mengikuti di belakang, sehingga meskipun kekuatan mereka terlihat kuat, sebenarnya mereka rapuh. Untuk mengalahkan mereka, kita harus membagi pasukan kita menjadi tiga kolom dan dua kolom menyerang sisi kiri dan kanan pasukan Qi. Begitu formasi pertempuran mereka kacau, kolom pusat harus siap menyerang, dan kemenangan akan mengikuti.

— Wuzi, Master Wuzi

Ketika mengunjungi Qi, Konfusius sangat terkesan dengan kesempurnaan pertunjukan musik Shao 韶 di sana.[1]

Selama periode Negara-negara Berperang, Qi terkenal dengan akademi Jixia di ibukotanya, yang menjadi tujuan para sarjana terkemuka dari seluruh Tiongkok pada masa itu.

Akademi Jixia merupakan pusat pembelajaran yang menarik para cendekiawan terkemuka dari berbagai negara untuk berdiskusi, berbagi pengetahuan, dan memperdalam pemahaman mereka tentang berbagai disiplin ilmu. Para sarjana terkenal seperti Sun Tzu, Guan Zhong, dan Mencius dikatakan pernah mengunjungi akademi tersebut.

Jixia menjadi tempat di mana ide-ide filsafat, politik, strategi militer, dan sastra berkembang dan saling dipertukarkan antara sarjana dari berbagai negara. Ini memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan pemikiran dan budaya Tiongkok pada masa itu.

Sebagai pusat intelektual yang terkenal, akademi Jixia di Qi memberikan sumbangan penting dalam mengembangkan pemikiran dan pengetahuan pada masa Warring States.

Bidang Arsitektur[sunting | sunting sumber]

of Ancient Linzi city sewer passing underneath the former city wall of the Qi kingdom.

Negara Qi terkenal memiliki kota-kota yang terorganisir dengan baik dan hampir berbentuk persegi panjang, dengan jalan-jalan yang teratur terhubung dalam pola grid. Istana diposisikan strategis menghadap ke arah selatan. Di sebelah kiri (ke arah timur) istana terdapat kuil leluhur, dan di sebelah kanan (ke arah barat) terdapat kuil para dewa, keduanya berjarak seratus langkah. Hal ini memastikan tercapainya keseimbangan. Di depan istana terdapat pengadilan yang juga berjarak seratus langkah, dan di belakang istana terdapat kota. Tipe tata letak ini sangat mempengaruhi desain kota pada generasi berikutnya.

Tata letak ini mencerminkan konsep keselarasan dan keseimbangan yang penting dalam pemikiran Tiongkok kuno. Pengaruh dari tata letak ini dapat dilihat dalam desain kota-kota yang dibangun pada masa-masa berikutnya di Tiongkok.

Di seluruh wilayah Qi, terdapat banyak kota-kota kecil yang dikenal sebagai chengyi (城邑). Biasanya, kota-kota ini membentang sejauh 450 meter dari selatan ke utara dan 395 meter dari timur ke barat. Batas-batasnya umumnya dikelilingi oleh tembok, dengan markas kehidupan yang terletak di dalamnya dan halaman yang hampir berbentuk persegi yang menduduki pusat kota.

Tata letak ini mencerminkan perencanaan yang cermat dan teratur dalam pengaturan kota-kota kecil di Qi. Dengan tembok yang melingkupi, kota-kota ini memberikan rasa keamanan dan perlindungan. Markas kehidupan dan halaman di pusat kota memberikan titik fokus dan pusat aktivitas sosial dan administratif. Desain ini mencerminkan pentingnya struktur dan penataan dalam organisasi dan pengembangan kota-kota Qi pada masa itu.[butuh rujukan]

Orang Terkenal[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Analects, 17 ("Shu er"):14.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Templat:Zhou Dynasty topics Koordinat: 36°49′00″N 118°18′00″E / 36.8167°N 118.3000°E / 36.8167; 118.3000