Qalun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Isa
Bismillahirahmanirahim
Qalun
Isa
az-Zarqa
عيسي بن مينا بن وردان بن عبد الصمد بن عمر بن عبد الله الزرقى
Nama dan Gelar
Nama
Kun-yahAbu Musa
NamaIsa
Nama (arabic)عيسي بن مينا بن وردان بن عبد الصمد بن عمر بن عبد الله الزرقى
Nisbahaz-Zarqa
Kelahirannya
Tahun lahir (H)120
Agama, Identitas, Kebangsaan
Agama Islam
Etnis (Suku bangsa)
KebangsaanArab
Kewarganegaraan
KewarganegaraanKekhalifahan Umayyah
KewarganegaraanKekhalifahan Abbasiyah
Bantuan kotak info


Isa bin Mina bin Wirdan bin Abdushshamad bin Umar bin Abdullah az-Zarqa (Arab: عيسي بن مينا بن وردان بن عبد الصمد بن عمر بن عبد الله الزرقى‎), atau lebih dikenal sebagai Qalun[1] (lahir pada tahun 120 H dan wafat pada tahun 220 H) adalah seorang ulama dibidang Qira'at al-Qur'an dan salah satu rawi dari qiraat tujuh. Ia mendapatkan gelar Qalun yang dalam bahasa romawi berarti baik karena ia sangat baik dalam membaca qira'at al-Qur'an.

Kehidupannya[sunting | sunting sumber]

Kakek dari kakeknya, adalah Abdullah bin Saba ar-Rum, yang hidup pada masa Umar bin Khattab. Ia lahir pada masa pemerintahan Hisyam bin Abdul-Malik, dan diriwayatkan ia merupakan anak tiri dari Nafi' al-Madani. Ia mempelajari ilmu qira'at dari Nafi' al-Madani pada tahun 150 H pada masa pemerintahan Al-Mansur selama 20 tahun. Ia meriwayatkan kepada banyak muridnya, Imam Ibnu al-Jazari menjelaskan murid-muridnya satu persatu di kitab Thabaqat al-Qurra`. Ia wafat pada masa pemerintahan Ma'mun Ar-Rasyid.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ تعلّم القراءة برواية قالون عن نافع

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Az-Zirikli, Khairuddin (1976). الاعلام : قاموس تراجم لاشهر الرجال والنساء من العرب والمستعربين والمستشرقين [Al-A'lam: Kamus Biografi Tokoh Laki-laki dan Perempua dari orang Arab, keturunan dan Orientalis] (dalam bahasa Arabic). Cairo: دار العلم للملايين. OCLC 235961652.