Pyotr Krasnov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
General Krasnow (cropped).jpg
Tanda tangan Ataman Pyotr Krasnov

Pyotr Nikolayevich Krasnov (bahasa Rusia: Пётр Николаевич Краснов; lahir di Sankt-Peterburg, 22 September 1869 – meninggal 17 Januari 1947 pada umur 77 tahun), kadang-kadang disebut dalam bahasa Inggris sebagai Peter Krasnov, adalah seorang sejarawan dan perwira tinggi Rusia berpangkat Letnan Jenderal yang diperoleh saat Revolusi Rusia tahun 1917 dan merupakan salah seorang pemimpin Gerakan Putih kontra revolusi.

Tentara Rusia[sunting | sunting sumber]

Petro Krasnov lahir tahun 1869 di Sankt-Peterburg, anak Letnan Jenderal Nikolay Krasnov dan cucu Jenderal Ivan Krasnov. Tahun 1888, Krasnov lulus dari Sekolah Militer Pavlovsk dan kemudian bertugas di resimen Ataman. Dalam Perang Dunia I ia memimpin satu brigade dan divisi Kazaki dari Korps Kavaleri Ke-3 antara Agustus hingga Oktober 1917. Saat terjadi Revolusi Oktober, Alexander Kerensky menunjuk Krasnov sebagai komandan pasukan yang dikirim ke Petrograd dari depan untuk memadamkan revolusi Bolshevik. Tapi, Krasnov kalah dan ditahan. Ia dibebaskan oleh otoritas Soviet dengan syarat bahwa ia tidak akan melanjutkan perjuangannya melawan revolusi. Ia menyetujuinya, tapi kemudian mengingkari janjinya itu.

Perang saudara Rusia[sunting | sunting sumber]

Krasnov melarikan diri ke wilayah Don wilayah dan pada Mei 1918, di Novocherkassk, ia terpilih sebagai Ataman dari Kazaki Don. Dengan dukungan dari Jerman, ia memperlengkapi pasukannya, yang akan mengusir Soviet keluar dari wilayah Don pada Mei-Juni 1918. Hingga pertengahan Juni, Pasukan Don memiliki kekuatan 40.000 orang, 56 buah senjata, dan 179 unit senjata mesin. Pada semester kedua 1918, Krasnov maju ke Povorino-Kamyshin-Tsaritsyn, dengan tunjuan melanjutkan ke Moskow, tapi pasukannya dikalahkan. Setelah Jerman kalah dalam Perang Dunia I, ia mulai mencari sekutu dalam persekutuan Entente. Pada Januari 1919, Krasnov terpaksa mengakui kewenangan Jendral Denikin setelah Gerakan Putih, meskipun Krasnov membenci Denikin.

Pengasingan di Perancis dan Jerman[sunting | sunting sumber]

Pyotr Krasnov.jpg

Tanggal 19 Februari 1919, Krasnov melarikan diri ke Eropa Barat setelah kalah dalam pemilihan Ataman Don.[1] Awalnya ia ke Jerman, lalu pindah ke Perancis tahun 1923, tempat ia melanjutkan kegiatan-kegiatan anti-Soviet-nya. Di Perancis Krasnov menjadi salah seorang pendiri Persaudaraan Orang Rusia yang Sesungguhnya, sebuah organisasi anti-komunis dengan jaringan bawah tanah di Rusia.[2]

Di pengasingan, Krasnov menulis memoar dan beberapa novel. Trilogi terkenalnya От двуглавого орла к красному знамени (Dari Elang ke Bendera Merah), selain plot utama dengan sang pahlawan, Jenderal Sablin, memiliki beberapa subplot yang mencakup banyak tempat, peristiwa, dan tokoh. Novel ini menghadirkan gambaran luas Revolusi dan Perang Sipil di seluruh Rusia. Peristiwa-peristiwa terungkap melalui takdir dari banyak karakter, yang pada gilirannya memberikan interpretasi mereka sendiri atas peristiwa itu. Bahkan para revolusioner memiliki kesempatan untuk mengekspresikan pandangan mereka, meskipun, secara umum, eksposisi politik mereka tampaknya menjadi bagian terlemah novel ini. Dengan demikian, Ideologi buku ini tersaji secara polifonik. Krasnov sebagai penulis, meskipun ia cenderung untuk menyelaraskan dirinya dengan karakter konservatifnya, tidak memberikan pendapat pribadinya sendiri. Semua tema utama, seperti penguasa versus anarki, penghormatan martabat manusia versus kekerasan, karya kreatif versus kehancuran, serta kekejaman dan teror, tersaji secara polifonik.[3]

Novel-novel Krasnov telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Serbia, dan bahasa Eropa lainnya.

Repatriasi dan kematian[sunting | sunting sumber]

Tanggal 28 Mei 1945, Pyotr Krasnov diserahkan oleh Inggris kepada Uni Soviet dalam Operasi Keelhaul. Ia dijatuhi hukuman mati oleh Kolegium Militer Mahkamah Agung Uni Soviet, bersama-sama dengan Jenderal Andrei Shkuro, Timofey Domanov, dan Helmuth von Pannwitz. Tanggal 17 Januari 1947 ia dihukum gantung.

Karya tulis[sunting | sunting sumber]

  • From Double Eagle To Red Flag [От двуглавого орла к красному знамени]. New York, Duffield and Company, 1926. 2 vols.
  • The Unforgiven. New York, Duffield and Company, 1928. 444 hlm.
  • The Amazon of the Desert [Амазонка пустыни]. Terj. oleh Olga Vitali dan Vera Brooke. New York, Duffield, 1929. 272 hlm.
  • Napoleon And The Cossacks. 1931.
  • Largo: A Novel. New York, Duffield and Green, 1932. 599 hlm.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ainsworth, John (1998). "Sidney Reilly's Reports from South Russia, December 1918-March 1919". Europe-Asia Studies (dalam bahasa Inggris) 50 (8): 1447–1470. 
  2. ^ Volkov, Sergey (1999). Трагедия русского офицерства [Tragedi Perwira Rusia] (dalam bahasa Rusia). p. 382. 
  3. ^ Foster, Ludmila A. (April 1972). "The Revolution and the Civil War in Russian Emigre Novels". Russian Review (dalam bahasa Inggris) 31 (2): 153–162.